Bincang Bisnis, Inspirasi Bisnis

Hindari 7 Hal Ini Kalau Kamu Mau Sukses Berbisnis

hindari-7-hal-ini-kalau-kamu-mau-sukses-berbisnis

sumber gambar: Unsplash.com/Brooke Cagle

Sukses berbisnis adalah dambaan setiap orang, baik yang sedang memulai atau yang memang sudah menggeluti bidang ini. Tapi, mungkin belum banyak yang tahu perihal apa saja yang sebaiknya dihindari jika ingin sukses berbisnis. Sejatinya, tidak hanya ketika berbisnis saja, tapi bisa diterapkan di segala aspek kehidupan. Karena karakter-karakter positif inilah yang nantinya akan mengarahkan pada hasil yang positif juga.

Lalu, kira-kira ada apa saja ya hal yang harus kamu hindari jika mau sukses berbisnis? Berikut ini ulasannya, silakan dicermati baik-baik ya!

Sukses berbisnis adalah dambaan setiap orang, baik yang sedang memulai atau yang memang sudah menggeluti bidang ini. Tapi, mungkin belum banyak yang tahu perihal apa saja yang sebaiknya dihindari jika ingin sukses berbisnis. Sejatinya, tidak hanya ketika berbisnis saja, tapi bisa diterapkan di segala aspek kehidupan. Karena karakter-karakter positif inilah yang nantinya akan mengarahkan pada hasil yang positif juga.

Lalu, kira-kira ada apa saja ya hal yang harus kamu hindari jika mau sukses berbisnis? Berikut ini ulasannya, silakan dicermati baik-baik ya!

1. Tidak fokus, sering tergoda untuk menjajal bisnis lain

mudah-tergoda

sumber gambar: Unsplash.com/Kaleidico

Seringkali yang menjadi permasalahan adalah munculnya ide-ide yang brilian kemudian pelaku bisnis lantas tergoda untuk menjajal itu. Padahal, seharusnya itu bisa disimpan sebagai ide untuk direalisasikan nanti. Yang paling penting saat ini adalah apa yang benar-benar sedang dijalani, lalu dimantapkan, dimatangkan. Jangan ditinggalkan begitu saja karena melihat ada peluang. Sebaik-baiknya peluang, dia tidak akan berhasil kalau tidak fokus. Jika bisnis yang tadinya sedang dijalankan saja terbengkalai, bagaimana bisa menjalankan bisnis langsung lebih dari satu? Yang penting di sini adalah komitmen mengerjakan sampai akhir. Kalau kamu bisa fokus dengan satu bisnis tanpa tergoda merangkap, kamu bisa mencapai hasil optimal.

2. Suka membandingan pencapaian dengan bisnis orang lain

membandingkan-dengan-orang-lain

sumber gambar: Unsplash.com/Kyle Broad

Masalah terbesar manusia adalah hobi sekali membanding-bandingkan dengan orang lain. Dalam kasus ini adalah membandingkan pencapaiannya dengan pebisnis lain. Padahal, tidak seharusnya memiliki mindset buruk seperti itu. Bukannya termotivasi, bisa-bisa kamu malah merasa minder. Barangkali bisnis yang orang lain jalankan terlihat lebih maju dan sukses. Kamu jika berniat untuk mencari inspirasi, pastikan kamu punya mental yang tangguh. Melihat kesusksesan orang lain harus dijadikan pembelajaran bahwa kalau dia bisa sesukses itu, kamu juga pasti bisa seperti itu.

3. Mudah merasa jenuh, tidak bisa konsisten

mudah-bosan-dalam-bisnis

sumber gambar: Unsplash.com/Tim Gouw

Kebosanan bisa menyerang siapa saja, termasuk para pelaku usaha. Sebenarnya ada banyak cara untuk mencegah hal ini, misalnya dengan selalu menjadikan setiap hari adalah pembelajaran baru yang sayang untuk dilewatkan. Bosan bukan hal yang haram kok, setiap orang pasti merasakan bosan. Yang menjadi masalah adalah ketika kamu berhenti dan memilih meninggalkan. Padahal bosan itu hanya perasaan sesaat. Kalau kamu memilih menyerah karena merasa bosan adalah akhir dari perjalanan, maka kamu salah besar.

Lalu bagaimana cara mengatasi bosan? Kamu bisa istirahat sejenak, memanfaatkan waktu itu untuk refreshing. Kalau sudah selesai dengan refreshing, biasanya kamu dapat pemahaman baru yang bisa menjadi sumber inspirasi untuk inovasi bisnis yang sedang kamu laksanakan.

4. Tidak berani mengambil resiko, terlalu menikmati zona nyaman

tidak-berani-mengambil-resiko

sumber gambar: Unsplash.com/Kobu Agency

Apabila kamu menjalankan bisnis karena teinspirasi orang lain namun menjiplak begitu saja, kamu sudah salah langkah. Ketika kamu melakukan itu karena khawatir bila berinovasi tidak akan sesukses aslinya, artinya kamu tidak berani ambil resiko. Padahal, salah satu faktor penting yang harus dimiliki pebisnis sukses adalah dengan berani mengambil resiko. Dengan demikian, kamu jadi tahu caranya bersaing dengan sehat. Cobalah lampaui zona nyamanmu jika kamu benar-benar ingin menjadi pengusaha sukses.

5. Sangat takut dengan kegagalan sehingga tidak maju-maju

takut-kegagalan

sumber gambar: Unsplash.com/JESHOOTS.COM

Kegagalan itu hal yang lumrah terjadi. Kamu justru harus mengalami pengalaman menyakitkan ini minimal satu kali dalam hidup. Pasalnya, justru kegagalan itu yang membuat seseorang menjadi lebih tangguh. Apabila seseorang terbiasa dengan kemudahan dan segala yang serba lancar, kreativitasnya tidak akan terasah. Jadi, kalau kamu sempat mengalami kegagalan dan tetap meneruskan perjalanan, artinya kamu hebat dan kamu sudah mengambil langkah yang tepat!

6. Mudah merasa putus asa

mudah-putus-asa

sumber gambar: Unsplash.com/Bethany Legg

Putus asa merupakan hal haram jika kamu ingin sukses berbisnis. Merasa sedih jika dalam perjalanan mencapai tujuan penuh liku sangat tidak masalah. Yang menjadi masalah adalah ketika kamu dihadapkan sesuatu yang tidak sesuai rencanamu lalu kamu putus asa, merasa semuanya sudah berakhir, kamu salah besar! Putus asa hanya dimiliki oleh orang-orang tidak sukses. Kamu harus optimis setiap kali menjalankan apapun. Tidak hanya bisnis, tapi dalam kehidupan sehari-hari pun kamu harus menjadi pribadi yang pantang menyerah.

7. Tidak mau membuka wawasan sehingga pengetahuan akan bisnis jadi minim

tidak-mau-membuka-wawasan

sumber gambar: Unsplash.com/Helloquence

Ketika hendak menjalankan bisnis, kamu harus memperluas wawasanmu. Perbanyak baca literatur, mengakses video inspirasi bisnis, atau sharing dengan pelaku bisnis sukses maupun temanmu sendiri yang memang bisa diajak berdiskusi. Dengan demikian, kamu tidak hanya sekadar menjalankan bisnis tapi juga meningkatkan pengetahuanmu. Pebisnis harus punya otak brilian supaya yang dijalankannya sukses.

Nah, itu tadi 7 hal-hal yang harus kamu hindari kalau ingin menjadi pengusaha sukses. Kalau kamu merasa masih ada satu atau bahkan lebih hal haram di atas pada dirimu, sebaiknya buru-buru berbenah ya! Sebenarnya tidak susah kok, asalkan ada niat dan kemauan besar dari dalam diri, semua niatmu untuk jadi sosok pebisnis/pengusaha sukses pasti bisa terwujud. Ayo, tetap optimis ya! Kami tunggu tanggapan kamu mengenai hal yang wajib dihindari jika ingin sukses. Kalau ada tambahan, tinggalkan di kolom komentar ya supaya kita bisa berdiskusi bareng-bareng.