HIPMI PT UNTAN Dorong Mahasiswa Jadi Pengusaha Muda!

Ketua HIPMI PT UNTANHimpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Universitas Tanjungpura (HIPMI PT UNTAN) Pontianak merupakan organisasi resmi di bawah HIPMI PT Kalbar. HIPMI PT UNTAN berdiri sejak 2013 silam dan kini sudah memasuki tahun terakhir di periode pertama (satu periode selama tiga tahun).

Bulan Agustus nanti akan diadakan pemilihan ketua baru. Ketua HIPMI PT UNTAN, Febryan Dharma Putra menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan oleh HIPMI PT UNTAN salah satunya adalah BBM atau Bincang Bisnis Mahasiswa, yang mana anggota berkunjung ke beberapa UKM yang sudah naik kelas dan usahanya sudah cukup besar di Pontianak.

Baca Juga Artikel Ini :

HIPMI Kalbar Giat Tambah Jumlah Pengusaha Muda di Kalbar

Bisnis Mahasiswa Sesuai Dengan Bakat dan Bidang Studinya

Anggota HIPMI PT tidak harus mempunyai usaha terlebih dahulu, namun terbuka bagi semua mahasiswa UNTAN yang ingin memulai usaha. Pengurus inti terdiri dari 5 orang, ketua, wakil, sekretaris, dan bagian kesekretariatan. Sedangkan anggota aktif berjumlah 30 orang yang berasal dari semua fakultas di UNTAN.

Kolaborasi dengan Inkubator Bisnis UNTAN

“BBM adalah program kerja unggulan yang rutin kami adakan sebulan sekali,” ujar Febry.

Selain itu, juga saling berbagi ilmu di grup Whatsup. Untuk pelatihan juga pernah mengundang pengusaha senior untuk mengajarkan anggota HIPMI PT UNTAN. Sedangkan pengurus HIPMI PT UNTAN juga pernah mengajarkan para anggota untuk membuat business plan yang menarik investor.

Beberapa mahasiswa yang dulu belum punya usaha, sejak bergabung di HIPMI PT UNTAN sudah mulai mempunyai bisnis kecil-kecilan. “Minimal mindset mereka sudah mindset pengusaha,” kata Febry.

Selama ini, Febry mengatakan, kendala para mahasiswa dalam berwirausaha adalah kurangnya fokus dan sulitnya menyeimbangkan waktu antara kuliah dan mengurus bisnis. Ke depan, HIPMI PT UNTAN akan lebih sering mengadakan pelatihan yang bersifat lifeskill seperti pelatihan mendesain agar kelak keterampilan tersebut dapat dijadikan salah satu modal usaha bagi anggota.

HIPMI PT UNTAN juga berkolaborasi dengan Inkubator Bisnis UNTAN, yang berada di bawah Fakultas Ekonomi UNTAN, Pontianak. Di HIPMI PT UNTAN mereka diajari teori entrepreneurship, dan setelah memiliki produk maka akan dipajang di Inkubator Bisnis UNTAN. Sebaliknya, jika pihak Inkubator Bisnis UNTAN mengadakan kegiatan entrepreneurship, akan berkolaborasi dengan HIPMI PT UNTAN.

Pentingnya proposal business plan

Febryan menegaskan, proposal bisnis sangat penting bagi para pengusaha pemula untuk meraih suntikan dana awal dari para investor. Saat Jambore HIPMI se ASEAN di Kampus Telkom, Bandung beberapa waktu lalu, proposal business plan yang diajukan oleh Febryan Dharma Putra lolos mewakili Kalbar dan mendapat pendanaan dari para pengurus HIPMI Pusat.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?
Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.
Klik Disini

Febry mengajukan proposal mengenai Gerobak Kite, yakni usaha gerobak unik yang sudah lama ditekuninya. Selain Febry juga terdapat dua perwakilan Kalbar yaitu Heni Salwati dengan proposal bisnis fashionnya yang diberi nama D’ fashionethnic serta Andi Denny Andrew priadi dengan produk kerajinan dari bonggol jagung.

Melalui Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Universitas Tanjungpura (HIPMI PT UNTAN), diharapkan kalangan anak muda di Pontianak bisa mulai terdorong untuk segera action di bidang usaha dan menjadi entrepreneur sukses di usia yang relatif masih muda.

Tim Liputan BisnisUKM

(/Vivi)

Kontributor BisnisUKM.com wilayah Kalimantan Barat

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba