Bisnis Mahasiswa Sesuai Dengan Bakat dan Bidang Studinya

peluang bisnis mahasiswaBanyaknya bidang studi yang bisa dipelajari para mahasiswa ternyata tak hanya menjadi bekal mereka untuk mencari lapangan kerja setelah selesai kuliah, namun juga menjadi salah satu modal untuk menciptakan peluang bisnis sampingan di sela-sela kesibukan mereka menuntut ilmu di bangku perkuliahan.

Keahlian yang mereka miliki serta ilmu pengetahuan yang dipelajarinya di bangku kuliah, menjadi sebuah nilai tambah yang bisa dimanfaatkan seorang mahasiswa untuk merintis bisnis sampingan mahasiswa dengan modal kecil. Contohnya saja seperti seorang mahasiswa jurusan Teknologi Informatika atau Ilmu Komputer yang bisa memilih bisnis pembuatan website sebagai usaha sampingan yang cukup menjanjikan.

Target Pasar Yang Dibidik

Perkembangan pasar di dunia maya yang kian hari semakin pesat, mau tidak mau mendorong para pelaku bisnis konvensional untuk mulai beralih ke pasar online. Fenomena ini ternyata cukup menguntungkan para pembuat website atau lapak toko online, karena sekarang ini banyak pelaku bisnis yang membutuhkan jasa pembuatan website untuk mempromosikan peluang bisnis, organisasi, sekolah, hingga lembaga pemerintahan baik di tingkat kabupaten, kota, maupun provinsi.

Peluang ini tentunya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh kalangan mahasiswa khususnya yang memiliki bakat atau keahlian di bidang komputer dan jaringan. Dengan modal keahlian yang dimilikinya, mereka bisa mendapatkan tambahan penghasilan setiap bulannya dari bisnis sampingan mahasiswa yang dijalankan.

Memulai Bisnis Mahasiswa Dengan Membuat Website

bisnis mahasiswa dengan membuat websiteMaraknya pertumbuhan bisnis di kalangan mahasiswa, secara tidak langsung turut meningkatkan motivasi anak-anak muda di Indonesia untuk mulai berperan serta meramaikan persaingan pasar di dunia usaha. Biasanya, kebanyakan dari mereka memilih menjalankan bisnis sambil kuliah karena mereka ingin belajar mandiri dan bisa mencari uang tambahan tanpa harus menunggu suntikan dana dari kedua orangtuanya.

Nah, bagi Anda mahasiswa yang memiliki bakat khusus mengenai bidang komputer dan jaringan. Tidak ada salahnya bila Anda memanfaatkan keahlian tersebut untuk mendatangkan untung besar dengan membuka layanan jasa pembuatan website. Berikut kami informasikan beberapa langkah yang perlu diperhatikan para mahasiswa untuk merintis bisnis jasa pembuatan website.

  1. Sebagai pembuat website, modal utama Anda hanyalah akses internet dan seperangkat komputer/ laptop dengan spesifikasi cukup tinggi untuk mendukung kecepatan dan efektivitas kerja Anda dalam membuat website.
  2. Kedua, tingkatkan keahlian dan pengetahuan Anda dalam mengoptimasi sebuah website. Setiap klien atau konsumen tentunya memiliki permintaan atau kriteria website yang berbeda-beda, untuk itu penting bagi Anda untuk mengetahui trend atau model website yang sedang banyak dicari calon konsumen.
  3. Tingkatkan kemampuan Anda dibidang SEO. Sebagai pelaku bisnis di internet, tentunya Anda tak bisa lepas dari urusan SEO. Hal ini penting, karena pengetahuan di bidang SEO menjadi salah satu keunggulan yang Anda butuhkan untuk meningkatkan traffic kunjungan di alamat website yang Anda buat.
  4. Pintar-pintarlah untuk mencari penjual domain, hosting, dan themes toko online yang terpercaya. Sekarang ini banyak penyedia domain, hosting, dan themes website yang bermunculan di dunia maya, namun tentunya tidak semuanya memiliki kredibilitas yang bagus. Untuk itu, sebaiknya lakukan survey pasar untuk mendapatkan data penyedia domain, hosting, dan themes yang terpercaya.
  5. Tawarkan sistem kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Sampai saat ini ada dua sistem penawaran yang bisa Anda tawarkan, yang pertama yaitu sistem putus dan yang kedua adalah sistem kontrak. Untuk sistem putus Anda hanya mengerjakan website pelanggan sampai jadi kemudian untuk pengelolaan dikerjakan sendiri oleh klien atau pelanggan Anda. Sedangkan untuk sistem kontrak, Anda memiliki tanggung jawab dari mulai pembuatan, pengelolaan, hingga menjaga keamanan website selama satu tahun.

Keuntungan Bisnis Pembuatan Website

Sebagai salah satu bisnis jasa, peluang usaha pembuatan website ini tidak membutuhkan modal dana yang terlalu besar. Hanya saja, keahlian serta pengetahuan Anda khususnya dibidang komputer dan jaringan, perlu ditingkatkan untuk menciptakan kepuasan para konsumen. Sebab, semakin bagus kualitas website yang Anda hasilkan, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen lainnya.

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan ketika menjalankan peluang bisnis mahasiswa ini adalah usaha ini tidak terbatas waktu ataupun terpengaruh oleh musim-musim tertentu. Karenanya ketika mendapatkan sebuah proyek pembuatan website, sebagai mahasiswa Anda bisa mengerjakan usaha ini disela-sela kesibukan Anda menuntut ilmu di bangku perkuliahan. Jadi, kedua peran ini masih bisa berjalan beriringan tanpa harus mengorbankan salah satu kepentingan Anda.

Kendala Bisnis Mahasiswa

Banyaknya kegiatan yang harus Anda kerjakan di bangku kuliah, terkadang menjadi sebuah kendala perkembangan bisnis Anda. Namun mengingat peluang bisnis mahasiswa ini bersifat fleksibel dan bisa dikerjakan setelah Anda pulang kuliah, maka yang diperlukan disini adalah loyalitas dan semangat Anda untuk tetep berkarya meskipun cukup lelah setelah seharian penuh beraktivitas di lingkungan kampus.

Selain itu, sekarang ini kasus cybercrime mulai mewabah di ranah maya. Untuk itu sebagai pelaku bisnis online, Anda perlu berhati-hati dan terus waspada untuk menghindari resiko cybercrime. Bagi Anda yang berprofesi sebagai jasa pembuatan website, biasanya serangan para hacker menjadi salah satu kejahatan yang perlu diwaspadai. Karenanya selain fokus membuat desain website yang menarik, Anda juga tak boleh mengesampingkan masalah keamanan website tersebut.

Strategi Pemasaran Bisnis Jasa Pembuatan Website

jasa pembuatan websiteMengingat pangsa pasar Anda adalah pelaku bisnis maupun kelompok lainnya yang telah akrab dengan urusan dunia maya, maka dalam memasarkan peluang bisnis ini Anda bisa mempromosikannya langsung melalui berbagai macam fasilitas di internet. Misalnya saja dengan membuat situs resmi untuk menginformasikan bisnis jasa pembuatan website yang Anda jalankan atau bisa juga memanfaatkan berbagai macam social media seperti facebook, twitter, BBM (BlackBerry Messenger), blog, serta platform gratisan contohnya kaskus, toko bagus, berniaga, indonetwork, dino market, tokopedia, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk pemasaran offline, Anda bisa mengawalinya dengan mengirimkan beberapa proposal penawaran ke instansi-instansi resmi seperti dinas pemerintah kabupaten ataupun provinsi, beberapa lembaga pendidikan seperti sekolah, universitas, lembaga kursus/ pelatihan, hingga menawarkannya ke beberapa pelaku bisnis konvensional yang ingin beralih dari pasar tradisional ke pasar digital. Dengan dukungan alat promosi lainnya seperti brosur, leaflet, serta kartu nama yang Anda miliki, tentunya semakin banyak calon konsumen yang penasaran dengan bisnis jasa yang Anda tawarkan.

Kunci Sukses Bisnis Jasa Pembuatan Website

Kualitas website yang Anda buat menjadi modal mutlak untuk mengantarkan bisnis Anda ke gerbang kesuksesan. Semakin bagus kualitas website yang Anda buat, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen.

Selanjutnya, Anda juga bisa membuat beberapa pilihan paket promo untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Contohnya saja dengan menawarkan paket website murah mulai dari harga Rp 500.000,00 untuk pemula, Rp 1juta – Rp 2 juta untuk kelas toko online, dan Rp 5 juta – Rp 10 juta untuk kelas toko online dan website resmi pemerintah yang disitu Anda tak hanya bertanggungjawab membuatkannya saja namun juga fokus untuk mengelola, dan menjaga keamanannya dari pelaku kejahatan atau cybercrime.

Analisa Ekonomi

Asumsi
Bisnis mahasiswa dengan membuka jasa pembuatan website
Harga pembuatan toko online rata-rata Rp 500.000,00 - Rp 1.500.000,00
Per bulan mengerjakan minimal 5 orderan website toko online

Modal awal
Seperangkat komputer dan printer                              Rp 4.000.000,00
Pasang speedy                                                 Rp   370.000,00
Membuat website resmi                                         Rp   450.000,00+
Total modal                                                   Rp 4.820.000,00

Komputer dan printer mengalami penyusutan setelah 5 tahun :
1/60 x Rp 4.000.000,00          = Rp 66.700,00

Biaya operasional per bulan
Asumsi biaya untuk 5 orderan website toko online :
Biaya sewa domain
(@ 95.000,00/ th x 5 orderan) = Rp 475.000,00 : 12 bln   =    Rp    39.600,00
Biaya sewa hosting
(@ 20.000/ bln x 12 bln x 5) = Rp 1.200.000,00 : 12 bln  =    Rp   100.000,00
Biaya pembelian themes toko online
(@ 100.000,00/ themes x 5 orderan)                            Rp   500.000,00
Biaya listrik                                                 Rp   500.000,00
Biaya langganan speedy                                        Rp   300.000,00
Biaya telepon dan promosi                                     Rp   750.000,00
Biaya penyusutan                                              Rp    66.700,00+
Total biaya per bulan                                         Rp 2.256.300,00

Omzet per bulan
Sebulan menyelesaikan 5 website dengan harga @ Rp 1.000.000,00
Total omzet per bulan : @ Rp 1.000.000,00 x 5 website         Rp 5.000.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 5.000.000,00 - Rp 2.256.300,00                  =          Rp 2.743.700,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)               =          < 2 bulan

Dengan menjalankan peluang bisnis mahasiswa sesuai dengan bakat dan bidang studinya, setidaknya Anda bisa meminimalisir kendala usaha yang sewaktu-waktu bisa menghadang dan belajar mendatangkan tambahan penghasilan dari bisnis sampingan di sela-sela kesibukannya di bangku perkuliahan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://acehterkini.com/wp-content/uploads/2013/03/pendidikan-di-indonesia-mahal.4661.jpg
2. http://bekasigaul.com/wp-content/uploads/2012/02/jasa-pembuatan-website.jpg
3. http://www.gositus.com/images/jasa_pembuatan_website.jpg

6 thoughts on “Bisnis Mahasiswa Sesuai Dengan Bakat dan Bidang Studinya”

  1. Bisnis pembuatan website saat ini semakin menjanjikan, seiring dengan kemajuan teknologi informasi, dimana setiap konsumen ingin memasarkan barang dan jasanya secara online, karena pemasaran secara online dapat menjangkau secara luas tidak hanya didalam negeri, tetapi di luar negeri yang harus diperhatikan dalam pembuatan website terutama kata kunci yang banyak dicari konsumen yang pararel dengan produk yang dipasarkan, kemudian optimasi website harus dapat bersaing dengan website lain yang memasarkan produk yang sama.

    Reply
  2. sy alumni majasiswa fakultas ekonomi, smp sekarang jlm kerja..
    pengen buka usaha tp bingung mau buka usaha apa, dan modal terbatas…

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di bisnisUKM.com. Untuk memulai usaha tak perlu jauh-jauh memikirkan ide bisnis yang terlalu susah, Saudara Zeth bisa memulainya dari apa yang menjadi kesukaan Anda. Misalnya Anda hobi olahraga bola, Anda bisa mulai bisnis kecil-kecilan jualan pernak-pernik bola seperti jersey bola, miniatur pemain bola, sepatu bola, dan lain sebagainya. Mulailah dari apa yang menjadi minat dan bakat Anda! Salam sukses.

      Reply
  3. Terimakasih atas informasinya. Saya sebagai Mahasiswa Teknik Informatika menjadi sangat tertarik untuk berbisnis di dunia maya. Hehe….

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba