Ciptakan Ide Bisnis Baru Dari Kreasi Jajanan Pasar

Ciptakan ide bisnis baru dari kreasi jajanan pasar menjadi pilihan Iwan Widoyoko (31). Berawal dari kegemarannya akan jajanan pasar di berbagai daerah. Ia terinspirasi untuk menciptakan ide bisnis baru yang belum pernah ada sebelumnya. Ia mulai memodifikasi jajanan di daerah sendiri dengan jajanan dari luar negeri, hingga terciptalah kreasi unik mochi isi es krim yang saat ini Ia pasarkan dengan brand Momochi.

“Pada awalnya dulu, Ia ingin membuat oleh – oleh khas Bogor. Terbesitlah ke arah mochi asal Sukabumi yang sering dijajakan di daerah Puncak Bogor. “Karena terlalu biasa, saya mencari ide baru dan mencampurnya dengan jajanan khas Jepang, dimana di sana mochi Jepang sudah dikreasikan dengan berbagai bentuk dan isian,” begitu kata Iwan.

Asal Kemunculan Ide Bisnis Baru “Momochi” Mochi Eskrim

Ciptakan Ide Bisnis Baru Dari Kreasi Jajanan Pasar

Inovasi Baru Mochi

Saat itu tahun 2011, menu makanan baru yang bermunculan menjadi sesuatu yang selalu dinanti dan ditunggu oleh masyarakat Indonesia. Dengan awalnya mengadopsi jajanan mochi isi eksrim asal Jepang, Iwan bersama sang istri tercinta mulai mencoba membuatnya di rumah. Dengan beberapa kali percobaan “trial and error” selama kurang lebih dua bulan, akhirnya ditemukan resep mochi es krim yang sesuai.

Tekstur Mochi

“Dari mulai tekstur kekenyalannya karena berbeda dengan tekstur mochi Sukabumi yang ditaruh di suhu ruangan dengan mochi es krim yang ditaruh di suhu dingin – 15°C, sehingga cara buatnya pun berbeda. Setelah mencoba dan membuat mochi es krim, kami coba memasarkannya langsung di Mall, dimana saat itu lokasinya di Cibubur Junction,” kenangnya.

Target Pasar

Dengan mengusung merek Momochi yang berarti Mo adalah mangkuk dan Mochi adalah bersih, awalnya Iwan membidik konsumen dengan range market menengah sehingga bisa dikatakan Ia mencoba mengangkat jajanan pasar menjadi lebih eksklusif.

“Alhamdulillah gayung bersambut, dari situ berdatangan beberapa mitra yang ingin ikut memasarkan Momochi. Dan kami mulai mengembangkan bisnis kue mochi es krim ini dengan sistem Franchise,” tambah Iwan.

Melebarkan Bisnis

Selama hampir memasuki tahun kelima menjalankan bisnisnya, Iwan mengaku kendala terbesar yang Ia hadapi adalah ketika proses pengiriman mochi berlangsung. Mengingat pengiriman mochi menggunakan jasa cargo, sering kali terjadi keterlambatan penerimaan sehingga produk sampai ke tangan mitra dalam keadaan rusak.

“Belajar dari permasalahan tersebut, kami memberikan option kepada mitra untuk mengambil paket adonan mentah, selanjutnya mitra kami ajarkan cara membuat adonan mochi,” jelas pengusaha sukses tersebut.

Pengusaha mochi es krim

Tenaga Kerja

Dibantu tujuh orang tenaga kerjanya, sekarang ini Iwan mampu memproduksi 300 buah mochi es krim ukuran besar, 300 buah mochi es krim ukuran kecil, dan 80 paket tepung adonan mochi es krim yang dikirimkan ke setiap mitra bisnis Momochi.

“Alhamdulillah, kami dapat menghidupi beberapa karyawan, meningkatkan taraf hidup pribadi, keluarga,dan pegawai. Yang membuat sebuah makanan bisa menjadi “happening” yaitu dengan menaikkan nilai jajanan pasar di kalangan menengah, dengan konsep dan packaging yang lebih bagus sehingga jajanan pasar dapat dinikmati dan disukai oleh semua kalangan,” tuturnya.

Jangkauan Pasar

Meski sampai saat ini jangkauan pasar Momochi baru terbatas di seluruh Indonesia, namun kedepan Iwan berencana expand ke luar negeri karena sudah ada beberapa tawaran yang datang untuk mengembangkan franchise Momochi di Malaysia dan Singapura.

“Dari awal merintis bisnis kami sudah membangun sistem kemitraan, yang kemudian dikembangkan dengan kemitraan franchise menggunakan booth dan membidik market di Mall. Selanjutnya kami ingin terus membangun kemitraan dengan sistem bisnis franchise ke arah kafe dan mini resto,” ujar Iwan ketika ditanya rencana pengembangan usahanya.

Tips Bisnis

Di akhir wawancara kami, Iwan berpesan untuk pembaca sekalian, bagi rekan – rekan yang ingin terjun di dunia usaha yang terpenting jangan ragu dalam memulai bisnis. “Jangan jadikan modal menjadi hambatan untuk melangkah. Ketika punya ide, segera aplikasikan, salurkan idemu ke keluarga terdekat, teman, dengan harapan mereka bisa menjadi pintu rezekimu untuk menjalankan bisnis,” pesannya.

Proses pembuatan mochi es krim

Tertarik Berbisnis Kuliner Juga?

Untuk mendapatkan inspirasi lainnya kamu bisa cek informasi bisnis di bisnisukm.com, berbagai inspirasi bisnis, peluang bisnis, pemasaran, video bisnis, bisnis online bisa kamu temukan dan jadikan inspirasi merintis bisnis. Salah satu kisah pengusaha sukses kerajinan yang bisa kamu jadikan inspirasi nih.

Pantengin juga video liputan inspirasi bisnis dari berbagai pengusaha sukses cafe, rumah makan, restaurant yang membagikan kisah dan pengalamannya merintis bisnis dari nol. Ada sedikitnya 100 lebih video liputan yang bisa dijadikan bahan untuk belajar bisnis. Jangan sampai ketinggalan liputan – liputan terbaru dari bisniskuliner.id. Ada berbagai macam video seperti bagaimana memulai usaha, modal usaha, lokasi usaha, resep, produsksi,keuangan, manajemen SDM dan pengembangan usaha.

Tim Liputan BisnisUKM

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba