Ide Bisnis Kreatif Kreasi Bunga Plastik, Semakin Menarik Kuy!

ide-bisnis-kreatif-kreasi-bunga-plastik-semakin-menarik-kuy

Ide bisnis kreatif kreasi bunga plastik kini semakin menarik untuk dikcoba. Betapa tidak minat konsumen akan bunga sebagai hiasan di dalam ruangan memang cenderung meningkat. Para konsumen menginginkan ruangan mereka terlihat asri dan indah dengan memberikan hiasan rangkaian bunga pada setiap ruangan. Besarnya minat yang datang dari para konsumen pecinta bunga, mampu memberikan ide bagi para pelaku usaha untuk menciptakan peluang usaha bunga imitasi yang terbuat dari plastik.

Kemunculan Ide Bisnis Kreatif Bunga Plastik

Kreasi bunga plastik ini muncul ketika para konsumen mulai mengeluhkan biaya yang harus mereka keluarkan untuk membeli bunga asli yang hanya tahan untuk beberapa hari saja. Keindahan yang diberikan bunga asli memang tidak bisa tahan lama, maksimal hanya bisa bertahan sampai 1 minggu saja. Sejak itu, kini banyak muncul para penjual bunga yang menciptakan bunga plastik. Biasanya bahan yang sering digunakan adalah plastik, pita, plastik sedotan, hingga kertas.

Kualitas kreasi bunga plastik yang kini dipasarkan, memiliki bentuk yang sangat mirip dengan bunga aslinya. Sehingga bunga plastik diminati pula oleh para konsumen. Selain itu bentuknya yang mirip dengan aslinya, bunga plastik juga bisa bertahan lebih lama daripada bunga asli. Dan yang lebih menarik lagi, bunga plastik bisa dibersihkan jika mulai kotor. Hanya dengan merendamnya dengan deterjen, maka warnanya akan kembali cerah seperti baru lagi.

Kreasi bunga plastik juga bisa dirangkai, layaknya seperti rangkaian bunga asli. Dengan merangkai bunga plastik yang disertai dengan pot cantik, memberikan nilai jual yang lebih mahal dibanding bunga plastik yang tidak dirangkai. Jadi dengan kreasi bunga plastik kita dapat membuka dua peluang usaha sekaligus, usaha menjual bunga plastik eceran serta menjual rangkain bunga plastik yang cantik.

Kreasi bunga plastik dapat dijadikan sebagai salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan. Kini peluang sukses dengan bisnis rumahan pun sangat terbuka lebar. Rangkaian bunga tidak hanya sekedar untuk menghiasi rumah namun sekarang ini digunakan untuk berbagai acara tertentu. Seperti karangan untuk perayaan ulang tahun, engagement dan pernikahan. Dengan adanya peluang tersebut tentu kamu harus memanfaatkan kesempatan yang ada. Kamu bisa merangkainya sesuai selera yang kamu inginkan dengan mudah. Berikut kami berikan salah satu contoh cara merangkai bunga plastik yang paling sederhana.

Ide Bisnis Kreatif Kreasi Bunga Plastik, Bagaimana Proses Merangkai Bunga?

ide-bisnis-kreatif-bunga-plastik

Untuk membuat rangakaian bunga plastik ini susah-susah gampang. Pada dasarnya tidak begitu sulit namun hanya butuh ketelatenan saat merangkainya. Bagaimana cara merangkainya? Yuk simak caranya :

Menyesuaikan dengan ukuran vas

Usahakan untuk membuat rangkaian bunga agar tidak terlalu kecil dibandingkan dengan vasnya. Buat rangkaian bunga lebih tinggi dari pada vasnya. Ini bertujuan agar bunga lebih terlihat dan lebih mencuri perhatian dibandingkan dengan vasnya.

Pengisian vas dengan bunga

Pertama isi bagian sisi vas dengan dedaunan dan kemudian disusul dengan rangkaian bunga dengan jumlah ganjil. Metode ini bisa kamu gunakan apabila kamu ingin merangkai bunga dengan cara yang sederhana.

Namun apabila kamu ingin rangkaian bunga yang padat, maka pastikan untuk menentukan jenis bunga yang akan dirangkai. Kemudian mengelompokkan berdasarkan jenisnya dan kemudian sesuaikan berdasarkan warna dan tekstur bunga agar bunga indah dilihat dan tidak terkesan acak-acak.

Usahakan pula untuk merangkainya dengan campuran beberapa bunga secara berdampingan namun tetap tidak berlebihan. Ini untuk membuat kesan bunga lebih mendominasi dengan beberapa macam bunga yang sejenis.

Menyesuaikan tinggi dan rendahnya bunga

Ketika kamu menyusun bunga usahakan untuk tidak merangkainya sama tinggi rendahnya. Rangkaian bunga yang benar adalah dengan tetap mengatur tangkai bunga dengan tatanan menyesuaikan tinggi rendahnya. Ada yang lebih rendah ada yang lebih tinggi namun tetap memperhatikan kesesuaian.

Teknik Merangkai Bunga Plastik

Untuk merangkai bunga yang indah nan cantik tidak bisa asal-asalan mengkombinasikan apalagi asal tempel. Ada beberapa teknik yang bisa kamu pelajari untuk dipraktikkan.

  1. Pertama-tama tentukan konsep yang akan digunakan. Ini bertujuan untuk menentukan pemilihan bunga dan jenisnya.
  2. Kedua menentukan kombinasi bunga yang akan digunakan. Jenis, tekstur dan warna agar tetap senada dan kombinasi tetap sesuai.
  3. Menyesuaikan bunga yang akan dirangkai dengan tema yang akan digunakan. Ini bertujuan untuk membuat konsep tema yang diusung sanada dengan rangkaian bunga.
  4. Pemilihan vas haruslah sesuai dengan jenis bunga dan tema yang akan diusung. Jangan sampai vas bentuknya lebih besar atau bahkan tidak sesuai dengan tema dan kombinasi bunga yang digunakan.
  5. Selanjutnya adalah teknik pemotongan harus disesuaikan dengan rangkaian bunga yang akan digunakan. Potong tangkai bunga sesuai dengan tinggi rendahnya dalam rangkaian. Selain itu usahakan untuk memotongnya secara rapi dan teratur.
  6. Kemudian penataan bunga dalam vas. Teknik penataan bunga ini harus disesuaikan dengan tinggi rendahnya. Usahakan untuk meletakan bunga paling tinggi dibagian tengah. Kemudian diikuti dengan bunga-bunga yang tangkainya rendah dibagian pinggir-pingir vas. Agar penataan bunga rapi dan tidak rusak maka perlu diikat dengan pita ataupun kawat. Bisa juga dengan memberikan gabus sebagai tumpuan agar bungga mudah untuk dirangkai dalam vas.

Mau Coba Ide Bisnis Kreatif Kreasi Bunga Plastik? Pahami Analisa SWOTnya

Bisnis yang satu ini tentunya cocok buat ditekuni kamu yang suka dengan kreasi merangkai bunga. Tentunya bagi kamu yang memiliki jiwa kreatif bukan hal sulit jika harus merangkai dengan berbagai macam jenis dan teknik. Kamu tertarik mencoba bisnis kreatif berikut? Boleh banget tuh ide kreatif tersebut kamu jadikan peluang usaha yang dapat mendatangkan pundi-pudi rupiah. Namun sebelum kamu memulai bisnis yang satu ini perhatikan analisa SWOTnya terlebih dahulu.

Strenght (Kekuatan)

Kekuatan dengan berbisnis merangkai bunga plastik ini dinilai lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan bunga asli. Banyak masyarakat yang mengeluhkan harga bunga asli yang cukup mahal dan tidak tahan lama menjadikan mereka beralih memilih bunga plastik. Peminat akan kreasi bunga plastik ini terus saja meningkat. Tak heran jika peminatnya banyak karena banyak kaum hawa yang menyukai keindahan bunga-bunga cantik tersebut.

Weakness (Kelemahan)

Kelemahan dalam berbisnis kreasi bunga plastik ini adalah teknik dan cara merangkai bunga. Teknik yang digunakan untuk menyusun bunga-bunga tersebut sedikit agak sulit dan memerlukan ketelitian. Dengan teknik yang tidak mudah tersebut kamu harus benar-benar memahami dan menguasai proses merangkai. Kamu pun dituntut untuk lebih teliti dalam merangkai bunga, memilih kombinasi bunga dan warna bunga.

Opportunity (Peluang)

Peluang usaha merangkai bunga plastik ini cukup bagus melihat dengan banyaknya kaum hawa yang menyukai keindahan dan memiliki ketertarikan dengan bunga untuk hiasan rumah maupun yang lainnya. Tentu usaha ini sangat memiliki prospek yang cerah. Permintaan akan rangkaian bunga yang terus meningkat makan target pasarnya semakin luas.

Treath (Ancaman)

Setiap usaha sudah pasti memiliki ancaman yang akan dihadapi. Tak terkecuali bisnis merangkai bunga plastik ini. Anacaman yang dihadapi dari berbisnis yang satu ini adalah persaingan pasar. Persaingan pasar yang semakin ketat menjadikan tantangan yang harus dihadapi dan dicari solusinya.

Sumber gambar : https://www.lazada.co.id
                https://shopee.co.id

16 thoughts on “Ide Bisnis Kreatif Kreasi Bunga Plastik, Semakin Menarik Kuy!”

  1. Saya sangat mendukung para pembisnis di indonesia pada khususx karena dengan cara seperti itu akan mengurangi tingkat pengangguran yang ada di indonesia,,,bisakah saya minta info untuk mempelajari cara membuat daun dan bunga imitasi sekalian mesinnya kalo ada??? beli dimana dan berapa danax,,,??? Terimakasih,dengan harapan saya bisa jadi pembisnis hhehhee…

    Reply
  2. bagus sekaliiii utk ngisi wkt luang n nambh isi kantong yg lg tipis. aq jg dah buat bunga lili. tapi bkn dr plastik bkas. plstiknya br….

    Reply
  3. mohon infonya : saya butuh dahan, batang dan ranting dari bahan plastik…..untuk kerjaan tower camuflage…..

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba