Ide Usaha Fudgy Brownies, Untungnya Lumer Seperti Rasanya!

Ide usaha fudgy brownies bisa jadi peluang potensial untuk dikembangkan dari rumah nih. Tapi, apa kamu sudah tahu perbedaan fudgy brownies dengan roti brownies lain? Fudgy brownies adalah perpaduan antara tekstur luar yang renyah, dan isian yang lembut dan basah. Jadi ketika kamu membelah fudgy brownies, akan terlihat tekstur dalamnya yang lebih lumer daripada varian brownies lainnya. Kuncinya adalah penggunaan tepung yang lebih sedikit.

Beberapa waktu belakangan dessert ini memang sedang populer di kalangan muda. Tidak saja tampilannya yang menarik, varian toppingnya pun beragam: mulai dari almond, permen milo, hingga potongan biskuit. Fudgy brownies juga bisa digunakan untuk meningkatkan mood (suasana hati).

Nah usaha fudgy brownies bisa kamu eksekusi sebagai usaha sampingan maupun jadi bisnis utama. Tapi sebelum memulai, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan hingga analisis modal agar kamu punya cukup persiapan yang matang ya.

Kelebihan Usaha Fudgy Brownies

a. Pembuatan Mudah

Tidak ada langkah khusus untuk membuat fudgy brownies.  Kalau kamu terbiasa membuat kue atau roti kering, tentu adonan brownies adalah hal yang mudah. Yang perlu kamu waspadai adalah proses pengadukan hingga takarannya. Jika tidak, adonan fudgy brownies bisa berubah menjadi adonan cake. Karena itu telitilah ketika membaca panduan dasar pembuatan ya.

b. Modal Tidak Besar

Kamu tidak memerlukan modal yang besar untuk memulai. Satu loyang fudgy brownies biasanya dihargai 35 hingga 50 ribu. Jadi modal yang kamu keluarkan kira-kira setengahnya. Kamu bisa menekan biaya pengeluaran dengan bermain di bahan maupun ukuran. Jadi tidak perlu risau ketika memulai ya.

c. Fudgy Brownies Punya Rasa yang Mudah Disukai

Siapa yang tidak suka cokelat? Pasti jumlahnya tidak sebanyak mereka yang menyukai rasa manis ini. Dengan beragam topping rasa, pasti banyak calon konsumen yang tertarik untuk memesan. Kalau kamu juga mau mengakomodasi mereka yang tidak terlalu suka manis, bisa menyiasatinya dengan mengganti cokelat manis dengan dark chocolate. Atau bisa juga mengganti isian cokelat dengan bahan lain seperti matcha.

Kekurangan Usaha Fudgy Brownies

Mungkin akan sulit untuk melakukan pengiriman ke luar negeri karena cokelat akan mudah lumer di perjalanan. Kamu bisa memaksimalkan promosi di sekitarmu ya.

Ide Usaha Fudgy Brownies, Untungnya Lumer Seperti Rasanya!
melskitchencafe.com

Analisis Modal Bisnis Fudgy Brownies

Bahan                    Jumlah            Harga
 Cokelat Batang           225 gram          Rp.  6.000
 Mentega                  12 sdm            Rp.  6.000
 Gula                     250 gr            Rp.  5.000
 Telur                    2 butir           Rp.  3.000
 Ekstrak vanili           2 sdt             Rp.  1.000
 Tepung terigu            95 gr             Rp.  1.000  
 Cokelat bubuk            30 gr             Rp.  1.000
 Garam                    1 sdt             Rp.  1.000
 Total (biaya 1 loyang)                     Rp. 24.000
 Total (biaya 5 loyang x 25 hari)           Rp.3.000.000
 
Modal tetap (Alat)
 Pengaduk Kayu         1                 Rp. 15.000
 Baskom stainless      1                 Rp. 25.000
 Oven                  1                 Rp.100.000
 Total biaya                             Rp.140.000 
 
Total Biaya Operasional
 Bahan Baku (25 hari) + Modal Awal
 Rp.3.000.000 + Rp.140.000               = Rp.3.140.000
 
Estimasi Pendapatan Awal
 Rp.40.000 (harga jual 1 loyang)x 5 bungkus x 25 hari                                              = Rp.5.000.000
 
Penghitungan Laba Satu Bulan
 Estimasi Pendapatan - Biaya Operasional
 Rp.Rp.5.000.000- Rp.3.140.000           = Rp.1.860.000

Cara membuat Fudgy Brownies:

  1. Panaskan oven suhu 280 derajat celisius. Siapkan loyang ukuran 20 sentimeter, alasi dengan kertas roti.
  2. Potong cokelat batangan agar besar. Lelehkan setengahnya dengahn microwave, selama kurang lebih dua puluh detik. Atau bisa juga menggunakan air panas. Simpan sisa cokelat yang belum dilelehkan.
  3. Campur mentega dan gula ke dalam mangkuk. Aduk menggunakan tangan atau alat. Tambahkan telur dan ekstrak vanili. Kocok 1-2 menit sampai adonan dirasa halus, mengembang, dan bewarna pucat.
  4. Masukkan cokelat leleh yang suhunya sudah tidak terlalu panas. Ini untuk menghindari agar telur tidak menjadi matang.
  5. Ayak tepung ke dalam adonan, tambahkan cokelat bubuk dan garam.
  6. Aduk hingga adonan tercampur rata. Jangan terlalu lama, karena dapat mengubah tekstur menjadi seperti cake. Kalau seluruh bahan sudah tercampur, segera hentikan.
  7. Tambahkan potongan cokelat, aduk lagi. Setelah tu pindah adonan ke dalam loyang.
  8. Panggang brownies selama 20-30 menit sampai bertekstur lumer yang kamu inginkan.
  9. Tunggu hingga dingin, baru setelah itu keluarkan dari loyang.

Tips Membuat Fudgy Brownies:

  1. Gunakan spatula agar adonan halus dan rata.
  2. Kalau ingin brownies yang dihasilkan bagus dan enak, gunakan cokelat batangan dengan hint rasa manis berkualitas baik ya.
  3. Agar lebih menarik, tambahkan beberapa varian topping ya.

Apa Yang Perlu Dilakukan Untuk memulai Bisnis Fudgy Brownies?

a. Menentukan Segmentasi Pasar

Kamu harus punya pandangan siapa kira-kira yang akan membeli produkmu. Dari situ baru kamu bisa menentukan harga, lokasi (jika kamu ingin menyewa toko), topping, dan juga bentuk promosi. Bagaimana caranya menentukan siapa pelangganmu? Tidak ada cara lain selain melakukan riset. Kamu bisa melihat usaha-usaha yang sama, siapa kira-kira pengikutnya, dan lain sebagainya.

Pastikan untuk menerapkan tester sebelum melempar fudgy browniesmu kepada publik. Kamu bisa meminta komentar dari orang-ornag terdekatmu, mintalah review jujur agar kamu bisa melakukan perbaikan.

b. Menentukan Model Bisnis

Ada beberapa pilihan model bisnis nih yang bisa kamu lakukan. Opsi di bawah ini hanya digunakan kalau kamu tidak berencana untuk mendirikan toko sendiri. Bisa dilakukan salah satu atau semuanya ya. Yuk kita kupas satu-satu.

1. Konsinyasi

Titipkan produkmu ke swalayan/supermarket atau ritel modern. Jangan lupa untuk membuat kemasan yang ciamik, cantumkan juga informasi dan deskripsi produk secara jelas. Atau kamu bisa menitipkannya ke sekolah ataupun kampus, buat ukuran yang lebih ramah kantong pelajar ya.

2. Pesan-Antar

Kenapa tidak memanfaatkan jasa pesan-antar? Dengan mendaftar, tokomu akan masuk di aplikasi pengguna. Dengan begitu kamu juga tidak perlu repot-repot untuk melakukan pengantaran.

3. Market Place

Market place bisa kamu gunakan juga. Tidak perlu melakukan pengiriman ke luar wilayah, kamu tingggal menambahkan deskripsi bahwa tokomu hanya melayani penjualan di lokasi-lokasi tertentu.

c. Branding Bisnis Fudgy Brownies

Apa yang diperlukan agar merek browniesmu diiminati? Jawaban yang pertama adalah kualitas rasa. Baru setelah itu kamu bisa menentukan ingin menggunakan kemasan semacam apa. Pastikan kamu juga melakukan pelayanan dengan baik ya, dengan begitu banyak konsumen yang akan senang.

d. Strategi Pemasaran Bisnis Fudgy Brownies

1. Promosi dan Diskon

Sebagai usaha baru, pancing pelangan menggunakan promosi dan diskon. Setelah itu, ukur antusiasme hingga efektifitas dari promo yang kamu buat. Jangan lupa untuk memberikan jangka waktu yang pasti. Minta para konsumen untuk melakukan testimoni ya.

2. Visualisasi Gambar

Di era ini, penting untuk menggunakan visualisasi yang baik. Karena gambar yang menggugah akan meningkatkan keinginan beli dari calon konsumen. Jangan lupa belajar soal pencahayaan dan editing ya. Gunakan filter secukupnya, tidak perlu berlebihan agar tidak terkesan norak.

3. Gencarkan Media Sosial

Media sosial punya fitur analytics terutama untuk akun bisnis. Denga begitu kamu akan mudah melakukan pemantauan dari perkembangan bisnismu.

e. Evaluasi Bisnis Fudgy Brownies

Kalau tahap-tahap di atas sudah kamu lakukan, dan bisnismu sudah berjalan sekitar dua minggu hingga satu bulan, saatnya melakukan evaluasi. Biasakan untuk melakukan evaluasi dengan kritis dna objektif. Fokus saja pada apa yang perlu kamu perbaiki. Yuk tentukan hal-hal yang perlu kamu evauasi:

1. Jumlah Pemesanan Produk

Apakah ada peningkatan permintaan? Jika ada, maka bagus. Namun misal grafik pemrintaan turun atau bahkan tidak ada peningkatan, mungkin kamu harus memikirkan strategi lain ya.

2. Buat Laporan Keuangan

Laporan keuangan akan membantumu melihat berapa laba pasti yang kamu dapatkan. Selain itu kamu juga bisa memastikan apakah pengeluaran dan pemasukanmu seusai. Ingat, pisahkan keuangan pribadi dengan keuangan perusahaan ya.

3. Inovasi

Jika penjualan dan pemasukanmu stabil, saatnya untuk menambah menu dengan melakukan inovasi. Inovasi akan jadi hal yang membedakanmu dengan kompetitor.

Nah di atas sudah dipaparkan potensi bisnis satu ini ya, semoga artikel ini melecutmu sampai tertarik. Kalau tulisan ini kamu rasa bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya dengan teman-teman sekitar. Sekarang, apa kamu sudah mulai tertarik untuk mengisi peluang usaha fudgy brownies ini?

Ikuti terus informasi menarik seputar usaha kuliner lainnya hanya diĀ BisnisUKM.com

Leave a Comment