Usaha Keripik Labu Siam, Pasarnya Serenyah Keripiknya!

Usaha keripik labu siam memang terbilang cukup baru. Belum banyak yang tahu jika labu siam ini tidak hanya disayur saja. Namun juga bisa dijadikan camilan keripik renyah yang enak nan lezat. Labu siam memang merupakan buah sayuran, masih satu saudara dengan labu kuning, warna dan cita rasa yang membedakan mereka berdua. Namun keduanya sering dimasak sayur.

Sayur-sayuran memang banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, terkadang karena olahannya sayur mayur hanya kalangan tertentu saja yang menyukainya. Tak sedikit pula yang mengindari sayur karena rasanya yang cenderung plain. Nah tentu berbeda dengan camilan yang kebanyakan orang suka mengkonsumsinya. Maka tak heran sekarang banyak bermunculan inovasi sayuran yang diolah menjadi keripik sebagai solusi bagi yang tak suka sayur. 

Usaha Keripik Labu Siam

Info Usaha

Pengolahan keripik labu siam memang menjadi salah satu solusi bagi mereka yang mau mengkonsumsi sayuran tanpa ribet dan enak. Usaha keripik labu siam memiliki mangsa pasar yang banyak, bahkan bisa dikatakan semua kalangan, perempuan, laki – laki, anak – anak, remaja, dan dewasa. Buah sayur labu siam ini mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.

Labu siam ini merupakan salah satu sayuran yang masuk dalam kategori labu-labuan. Biasanya labu disayur dengan berbagai macam olahan, selain buahnya ternyata daun labu ini juga kerap diolah menjadi sayuran lezat lho. Teksturnya garing, didalam buahnya terdapat kandungan air dan jika diolah menjadi masakan akan terasa manis lembut. Sayuran ini memang sangat mudah ditemui terutama di negara Indonesia. Bahkan hasil panen dari sayuran yang satu ini cukup melimpah karena di negara kita sayuran ini tumbuh subur dan perawatannya sangat mudah.

Camilan Kaya Manfaat

Dengan hasil yang cukup melimpah sayur labu siam ini biasanya hanya diolah sebagai sayuran saja. Bukankah sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan dengan baik? Padahal jika kreatif sayuran ini bisa disulap menjadi camilan enak lho. Manfaat dan kandungan yang terdapat dalam labu siam ini sangat banyak seperti, mangan, potasium, zinc, folat, vitamin, kalsium, serat. Manfaatnya pun cukup banyak terutama untuk tubuh.

Bahkan kandungan didalamnya bermanfaat salah satunya untuk membantu tubuh lebih berenergi, mengurangi lelah, menjaga kesehatan jantung, memberi nutrisi otak, melancarkan pencernaan, mencegah datangnya jerawat, menjaga dan merawat tulang, mencegah kanker, mengurangi sakit kram. Nah itu tadi adalah manfaat untuk kesehatan dari buah labu siam.

Banyak sekali kandungan baik didalam buah labu siam tersebut. Tentu sudah tidak bisa diragukan lagi jika labu siam ini dijadikan keripik. tentu sudah pasti banyak penikmatnya. Tidak hanya enak untuk dinikmati tapi juga kaya akan manfaat ketika dikonsumsi. Selanjutnya kami akan memberikan bagaimana proses pembuatan keripik labu siam.

This image has an empty alt attribute; its file name is Usaha-Keripik-Labu-Siam-Pasarnya-Serenyah-Keripiknya-720x415.jpg

Resep Keripik Labu Siam 

Bahan :

  • 500 gr Tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 2 sdt garam
  • 250 labu siam, kukus dan haluskan
  • 50 gr tepung maizena
  • 2 butir telur, kocok lepas

Proses pembuatan :

  1. Siapkan bahan, campurkan tepung terigu, tepung maizena, baking powder, dan garam. Campurkan bahan terebut sampai merata.
  2. Masukkan labu kedalam adonan awal, aduk hingga rata, kemudian masukkan telur yang sudah dikocok tadi, aduk hingga adonan menggumpal.
  3. Giling adonan dengan mesin penggiling atau tangan, giling adonan sesuai keinginan. Lalu cetak adonan tersebut sesuai keinginan anda masing – masing.
  4. Setelah dicetak, goreng adonan yang sudah dicetak tadi.
  5. Tiriskan hasil gorengan, keripik sudah siap disantap.
  6. Membuat keripik berbahan baku labu siam ini sangat mudah, jika memasak dengan terampil lagi cita rasa keripik pun akan lebih terasa lezat lagi, dengan cita rasa yang lezat. Menjalankan peluang usaha keripik labu siam pun jadi lebih mudah.
  7. Camilan merupakan makanan yang bisa tahan lama jika dimasukkan ke dalam toples atau wadah yang bagus. Kemasan juga menjadi salah satu faktor menarik daya pembeli untuk membeli produk kita, selain untuk menjaga kualitas produk, kemasan cantik juga bisa menaikkan omzet.

Mudah bukan cara membuatnya, semoga resep diatas dapat membantu memberikan solusi bagaimana cara mengolah labu siam menjadi keripik. Lalu langkah apalagi yang dilakukan untuk memulai usaha keripik ini?

Persiapan Memulai Usaha Keripik Labu

Mengali Resep dan Inovasinya

Tentu hal pertama yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha baru adalah menjajal resep. Pastikan kamu sudah tahu cara membuat dan ukuran pasti untuk mendapatkan hasil keripik terbaik. Maka pelajari resep sampai kamu menemukan rasa yang sesuai. Coba untuk meminta bantuan teman, keluarga atau saudara untuk mencicipi hasil olahan keripik tersebut.

Jika dirasa sudah pas maka langkah selanjutnya kamu mulai bereksperimen membuat keunikan dan sesuatu yang berbeda dengan produkmu. Misalnya saja kamu memberikan varian rasa yang berbeda-beda pada bumbu kering untuk taburan. Bisa menggunakan aneka rasa jagung, barbeque, teriyaki, balado, manis, gurih, rujak, pedas dan masih banyak lagi.

Memilih Bahan Berkualitas

Pilihlah bahan baku yang berkualitas dan terbaik. Sebab hal ini juga akan mempengaruhi rasa nantinya. Sehingga penting sekali untuk memilih pemasok atau petani labu siam yang memiliki buah yang berkualitas baik pula. Tidak hanya pada bahan utama saja, namun juga pada bahan pendukung lainnya. Seperti tepung, telur, dan minyak. Apabila bahan yang digunakan adalah bahan-bahan yang berkualitas maka sudah dipastikan rasanya tidak akan mengecewakan. Bahkan camilan tersebut pun akan lebih tahan lama dan tentunya juga aman untuk dikonsumsi oleh konsumen.

Menentukan Harga Jual

Dalam menentukan harga jual tidak boleh asal-asalan, tentu hal ini berpengaruh pada keuntungan yang akan kamu dapatkan. Selain itu pasanglah harga sesuai dengan harga pasar. Jangan menjual dengan harga terlalu murah atau bahkan terlalu mahal. Tentunya jika hal tersebut terjadi maka kamu tidak hanya mengalami kerugianj namun juga mematikan usahamu sendiri.

Tentukan harga jual sesuai dengan bahan yang digunakan misalnya, biaya produksi, alat dan bahan baku habis pakai, dan masih banyak lagi. Agar lebih rinci dan terstruktur ada baiknya kamu catat setiap pengeluaran dari awal memulai usaha. Hal tersebut nantinya digunakan untuk perhitungan anggaran dana dalam menentukan harga jual dan keuntungan yang akan kamu dapatkan setiap bulannya.

Promosi

Selain beberapa hal diatas ada beberapa hal lagi yang sama pentingnya yakni promosi. Promosi mempengaruhi keberhasilan usaha yang kamu jalankan. Semakin kreatif dan aktif dalam melakukan promosi maka produkmu akan mudah dikenal konsumen. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah pemasaran dengan cara door to door, yakni menawarkan dari rumah kerumah tetangga terdekat, atau bisa menggunakan strategi dari mulut ke mulut.

Sebagai pemula pasti tidak mudah untuk menawarkan dagangan. Maka untuk menarik para konsumen adalah dengan cara memberikan diskon potongan harga atau bisa juga memberi promo beli 1 gratis 1. jangan lupa pula maksimalkan penjualan kamu dengan memanfaatkan sosial media. Penggunaan sosial media dirasa sangat efektif untuk memperkenalkan produk secara cepat dan jangkauannya lebih luas. Kamu bisa menggunakan whatsapp, facebook, instagram, pinterest, youtube, telegram atau marketplace.

Demikian beberapa persiapan memulai usaha keripik labu yang bisa kamu pelajari sebelum terjun dalam dunia kuliner ini. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi par apembaca, khususnya bagi para pemula yang sedang akan terjun memulai usaha. Ikutin terus kisah menarik dan ide usaha menarik lainnya hanya di BisnisUKM.com.

Leave a Comment