Ide Usaha Jajanan Asli Jawa Timur “Ote – Ote Porong “

Hello sahabat bisnis UKM? Apa kabar hari ini? Ayo yang mau cari ide usaha merapat kesini. Kali ini bisnis UKM bakalan bahas salah satu ide usaha jajanan dari Jawa Timur nih. Ada yang tahu ngak nih jajanan khas Porong, Jawa Timur? Sebenarnya ada banyak jajanan khas Porong ini. Tapi kita kali ini bakalan bahasa salah satu jajanan dari tepung terigu yang digoreng dengan isian.

Nah kalo dengar kata Porong, Sidoarjo semua orang akan langsung terbayang dasyatnya semburan lumpur lapindo yang sedang terjadi di Porong, Sidoarjo ya pastinya. Tak terasa kini genap sudah 14 tahun tragedi lumpur lapindo yang terjadi di Jawa Timur ini.

Dari tahun 2006 sampai sekarang semburan ini memang masih ada dan kita doakan bersama semoga segera cepat berhenti. Hmm tapi kali ini bisnis UKM bukan mau bahas tentang lumpurnya loh ya. Kita bakalan bahas tentang jajanan asli Porong, Jawa Timur ini.

Ide Usaha Jajanan Ote – Ote Porong

ide-usaha-jajanan-asli-jawa-timur-ote-ote-porong

Ote – Ote Jajanan Khas Porong

Tahukah kamu jajanan yang paling terkenal khas porong adalah ote – ote. Ada dari kalian yang tidak tahu ote – ote? Atau malah baru mendengarnya sekarang? Buat kalian yang belum tahu jajanan ote – ote ini kita bakalan bahas lengkap mengenai jajanan khas Porong ini.

Buat kamu yang masih asing dengan ote – ote ini sebenarnya mirip dengan bakwan atau bala – bala dalam khazanah goreng – gorengan pinggir jalan yang biasa dijumpai di Ibukota. Nah biasanya ote – ote yang kita ketahui sekarang kebanyakan bakwan sayur dengan topping udang ya. Nah beda kalo yang di Porong. Isiannya lebih khas dan memiliki cita rasa yang unik.

Ciri Khas Ote – ote Porong

Kamu yang belum pernah cobain jajanan ini di Porong bakalan ngak akan nyangka kalo ternyata rasa dan isi adonannya jauh berbeda dengan ote – ote biasanya. Apa yang menyebabkan perbedaanya tersebut? Ini karena jajanan khas Porong sangat berbeda teruta bagian adonannya dan juga isinya.

Ote – ote ini terbuat dari sepotong tiram segar yang dibalut irisan jamur kuping, cacahan daging, rumput laut dan kucai lalu dibalur adonan tepung terigu dengan ketebalan tertentu baru disusun ke dalam sendok sayur yang besar untuk digoreng kering. Selain itu ote – ote Porong bentuknya lebih ‘raksasa’ dibanding ote – ote pada biasanya.

Sudah Ada Sejak 1969

Nama ote – ote Porong sudah terkenal sejak lama, usaha yang dirintis mulai tahun 1969 sudah memiliki cabang dimana – mana. Dulu tokonya tepat didepan pasar porong lama di jalan raya jalur Surabaya – Pandaan, namun bagaimana nasibnya kini di Porong. Ya smoga jajanan ini tetap eksis meskipun diterpa dasyatnya lumpur lapindo.

Harga ote – ote Porong ini cukup mahal karena hal ini ditunjang dengan rasa dan isinya yang sangat komplit. Untuk Ote – ote biasa atau bakwan harganya Rp. 500 – Rp. 700 per biji. Berbeda dengan ote – ote Porong ini harganya berkisar antara Rp 7.000 – Rp 8.000 per biji.

Resep Pembuatan Ote – Ote Porong

Bahan :

  • Daging cincang halus 150 g
  • Jamur tiram, cincang 5 keping
  • Ketumbar bubuk 1 sdt
  • saos raja rasa 2 sdm
  • kecap inggris 1 sdm
  • merica bubuk 1 sdt
  • kecap manis 3 sdm
  • bawang merah 4 siung
  • baput 3 siung
  • kemiri 3 butir
  • kaldu bubuk secukupnya
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Kulit :

  • kacang kedelai rendam semalam kupas kulit 125 g
  • telur 1 btr
  • air matang 250 ml
  • terigu 100 g
  • tepung beras 100 g
  • ragi isntant 1/2 sdt
  • bawang putih bubuk atau bisa juga baput 2 siung
  • merica 1 sdt
  • ketumbar bubuk 1/2 sdt
  • bawang prei iris halus 3 btg
  • Garam secukupnya
  • kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuat Bahan Isian : :

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri. Kemudian tumis hingga harum
  2. Lalu tambahkan ketumbar dan masukkan ayam dan jamur, tumis sampai berubah warna, masukkan kecap inggris, saos raja rasa, kecap manis, merica, kaldu ayam. Aduk – aduk hingga bumbu dan bahan tercampur rata.
  3. Selanjutnya koreksi rasa, masak hingga ayam empuk dan air meresap.

Cara Membuat Bahan Kulit :

  1. Cuci bersih kedelai yang sudah di rendam semalaman dan sudah dibersihkan kulit arinya.
  2. Blender bersama 2 butir telur dan sedikit air. Kemudian blender hingga halus.
  3. Campurkan kedelai yang sudah diblender dengan tepung terigu dan tepung beras. Kemudian aduk rata dan tambahkan air.
  4. Lalu tambahkan merica kaldu bubuk, ketumbar, bawang putih bubuk, aduk semua bumbu sampai merata.
  5. Tambahkan ragi instant, aduk sampai rata, diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  6. Sebelum digoreng campurkan bawang prei yang telah diiris halus.
  7. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak. Lalu kemudian panaskan cetakan ote – ote. Kemudian jika sudah panas. Mulai masukkan adonan ote – ote dalam cetakan.
  8. Masukkan sedikit bahan kulit, isi dengan bahan isian. Lalu tambah lagi dengan kulit. Goreng sampai warna berubah kecoklatan, goreng dengan api sedang agar matang secara merata.
  9. Setelah itu jika dirasa sudah matang angkat dan tiriskan.
  10. Ote – ote siap dihidangkan.

Gampang banget dong ya cara membuatnya. Kamu tertarik membuat juga dan jadiiin ini sebagai ide usaha jajanan? Boleh banget. Yuk, mulai sekarang coba bikin. Dan hadirkan jajanan ote – ote khas Porong ini dikotamu.

Tertarik Juga Dengan Ide Usaha Jajanan Ini?

Idenya menarik kan, ada berbagai jenis ide jajanan dari sabang sampai merauke. Kalo kamu mau dapet ide usaha jajanan lainnya juga kamu bisa pantau terus websitenya bisnisukm.com. Nah kamu bisa temukan berbagai informasi bisnis lengkap mulai dari peluang usaha, inspirasi usaha, pemasaran, video bisnis, bisnis online.

Buat kamu yang mau usaha tapi masih binggung mau usaha apa dan mager buat mikir strategi, memulai usaha, memilih lokasi dan semua tentang langkah memulai usaha. Kamu juga bisa bergabung dengan agen franchise kami di menu kanan atas fanchise dan reseller.

Ga perlu mikirin bahan – bahannya, strategi, sistemnya dan lain sebaginya. Kamu hanya perlu mengeluarkan modal sejumlah yang telah ditentukan kamu sudah dapat berbagai fasilitas dari pemilik waralaba dan kamu pun bisa langsung memulainya karena biasanya sistemnya sudah ditentukan dari pemilik dan kamu hanya perlu berjalan sesuai dengan panduan.

Untuk mendapatkan inspirasi lainnya kamu juga bisa cek dan gabung di bisniskuliner.id. lebih dari 50 pebisnis kuliner muslim berbagi berbagai macam tips terkait usahanya. Kamu juga bakalan dapet 100 lebih video juga. Mulai dari memulai usaha, lokasi usaha, modal usaha, resep, produksi, manajemen keuangan, strategi pemasaran, manajemen SDM dan pengembangan usaha.

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar : 
https://www.tripadvisor.co.id/Restaurant_Review-g297715-d7049081-Reviews-Porong_Wei-Surabaya_East_Java_Java.html

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba