Ide Usaha Makanan Khas Dieng Kentang Panggang Keju, Yuk Cobain!

ide-usaha-makanan-khas-dieng-kentang-panggang-keju-yuk-cobain
https://resepmasakandapurindonesia.blogspot.com/2016/02/tak-disangka-resep-kentang-panggang.html

Ide usaha makanan khas Dieng yang satu ini merupakan salah satu makanan yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Kentang panggang keju ini menjadi favorit warga sekitar terutama anak-anak muda karena pengolahanya yang unik tak seperti biasanya. Ide usaha ini muncul karena daerah tersebut sayur ini tumbuh subur dan merupakan sentra penghasil kentang terbesar. Jika kita perhatikan di kawasan wisata Dieng banyak sekali penjual yang menjajakan jenis makanan berbahan dasar kentang ini. Mulai keripik kentang, kentang rebus, kentang goreng, dan lain sebagainya.

Seorang pemuda asal Dieng memberikan inovasi baru dalam mengolah makanan kentang menjadi  kentang panggang keju. Rasanya yang enak, legit dan manis menjadikan makanan ini banyak disukai. Bahkan yang lebih hebatnya lagi penikmat makanan yang satu ini tidak pernah surut mulai saat gerai dibuka hingga tutup.Tak heran apabila persediaan kentang selalu habis dan dalam satu hari omzetnya bisa mencapai 1 juta. Ramainya penikmat akan makanan ini membuktikan bahwa kentang panggang keju ini benar-benar mampu  mengambil hati para masyarakat.

Kentang sendiri merupakan salah satu tanaman jenis sayuran umbi-umbian yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Kentang ini diolah menjadi berbagai jenis makanan dengan mengambil dagingnya. Biasanya kentang ini digunakan sebagai bahan campuran pembuatan sup atau biasa digunakan untuk bahan dasar pembuatan roti atau donat. Kentang merupakan salah satu sumber karbohidarat pengganti nasi yang dikreasikan menjadi berbagai makanan pembuka maupun utama. Bukan hanya rasanya yang manis dan lezat, kentang memiliki banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Ide Usaha Makanan Khas Dieng Kentang Panggang Keju Punya Manfaat Untuk Kesehatan

Makanan yang satu tidak hanya enak, namun juga kaya akan manfaat. Berbagai kandungan yang ada dalam kentang dipercaya baik untuk kesehatan, diantaranya :

  1. Antioksidan

Kentang kaya akan senyawa flavonoid, karetonoid dan asam felonik. Senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Selain itu kentang juga dipercaya menyembuhkan penyakit kanker hati dan usus besar.

  1. Membantu Mengendalikan Gula Darah

Kentang menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Kandungan gula yang rendah didalamnya menjadikan makanan ini sangat aman dikonsumsi untuk mengendalikan gula darah dalam tubuh

  1. Sehat Untuk Sistem Pencernaan

Kandungan pati resisten dalam kentang ini mampu membantu memperbaiki system pencernaan. Berbagai masalah pencernaan seperti peradangan usus, inveksi usus dan kanker usus besar dapat ditekan dengan rajin mengkonsumsi makanan yang satu ini.

  1. Bebas Gluten

Kentang juga dilansir bebas gluten, yang mana merupakan zat yang ada dalam biji-bijian misalnya gandum. Gluten menjadi masalah karena dapat menyebabkan berbagai penyakit celiac.

  1. Menjaga Tekanan Darah Normal

Kandungan kalium dan mineral yang ada pada kentang sangat baik untuk tubuh. Salah satunya adalah menstabilkan tekanan darah. Kandungan kalium dan magnesium ini juga berperan untuk mengendalikan tekanan darah normal.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf dan Fungsi Otak

Vitamin B6 yang terkandung dalam kentang ini sangat baik untuk kesehatan saraf yang mana mampu membantu menciptakan kimia otak. Hal ini dikaitkan jika kandungan dalam kentang ini baik untuk mengurangi stres dan depresi.

  1. Memelihara Kesehatan Jantung

Berbagai vitamin B6 dan vitamin C mampu menangkis radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Kandungan karotenoid yang ada dalam kentang ini mampu memelihara kesehatan jantung. Sehingga kentang di percaya .untuk mengobati penyakit stroke dan jantung.

Beberapa vitamin dan kandungan nutrisi yang ada pada kentang ini mampu memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Maka dari itu makanan kentang panggang keju ini ini patut dijadikan peluang usaha, bukan hanya karna rasanya yang enak namun juga sehat dan aman untuk dikonsumsi untuk semua kalangan.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk ikut mencoba ide usaha makanan khas Dieng yang satu ini? Jika anda tertarik ada beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai kentang panggang keju ini. Diantaranya adalah cara membuatya. Berikut resep pembuatan kentang panggang keju.

Resep Pembuatan Kentang Panggang Keju

Bahan – bahan :

  • Kentang 4 buah
  • Mentega secukupnya
  • Garam 2sdt
  • Lada secukupnya
  • Keju secukupnya
  • Daging giling secukupnya
  • Mayonaise
  • Saus
  • Slada
  • Wortel

Cara Pembuatan :

  1. Pertama-tama panasakan oven 400 derajat. Semantara itu cuci kentang hingga bersih dan potong menjadi 2 atau iris-iris sesuai selera.
  2. Kedua lapisi keduan sisi kentang dengan mentega, taburi garam dan lada.
  3. Langkah ketiga panggang kentang yang telah dilumuri mentega, garam, lada dan keju selama 35 menit. Tunggu hingga kentangmenjadi berubah warna kecoklatan.
  4. Selanjutnya putar Loyang dan panaskan sisi kentang yang lain dan tunggu sekitar 15 menit.
  5. Kemudian angkat dan sebelum matang seluruhnya berikan campuran keju dan daging daiatasnya dan lanjutkan memanggang hingga 4-5 menit.
  6. Kemudian setelah waktu dirasa cukup, angkat dan dingikan sebentar. Tambahkan kentang dengan tambahkan beberapa sayuran yang telah dipotong halus dan kemudian tambahkan saus, mayonnaise diatasnya.
  7. Kentang panggang keju siap dihidangkan.

Mudah sekali bukan cara membuatnya? Bukan hanya mudah cara membuatnya saja, ide usaha makanan ini juga mudah untuk dijalankan. Dengan mudahnya bahan baku dan ktersediaanya yang melimpah menjadikan usaha ini salah satu usaha yang mudah dijalankan. Modal usaha yang dibutuhkan yang terbilang rendah namun mampu menghasilkan keuntungan yang fantastis menjadikan usaha ini salah satu usaha yang menjanjikan.

Ide usaha makanan kentang panggang keju ini merupakan makanan yang dapat dikatakan inovasi baru dalam dunia kuliner. Tentu bukanlah hal mudah untuk mengenalkan makanan jenis baru kepada masyarakat. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan berbagai pendekatan untuk mengenalkan sesuatu yang baru agar dapat diterima oleh lidah konsumen. Namun jika kita lebih kreatif dan inovatif serta mampu menyesuaikan dengan selera konsumen maka tidak mungkin akan membawa keberhasilan. Hal yang terpenting anda harus mampu melihat peluang-peluang yang ada, yang pada akhirnya akan membawa pada kesuksesan. Itulah mengapa ide usaha makanan kentang panggang keju ini merupakan salah satu usaha yang wajib anda coba. Berikut ini ada beberapa kiat-kiat yang bisa anda terapkan sebelum memulai usaha.

Kiat Memulai Usaha Makanan

Berikut ada beberapa cara yang harus anda lakukan sebelum memulai sebuah usaha. Dijamin anda akan sukses dalam menggeluti sebuah bidang usaha.

  1. Meminta dukungan keluarga dekat dan mulai mendiskusikan apa saja yang anda perlukan untuk menajalankan usaha.
  2. Belajar administrasi dan strategi marketing untuk usaha anda.
  3. Optimis dan jangan pernah takut gagal sebelum anda memulai usaha, karena setiap usaha pasti ada resikonya.
  4. Tentukan tujuan bisnis anda dan kiat-kiat apa saja yang akan anda kembangkan kedepannya.
  5. Hitung kebutuhan modal secara terperinci.
  6. Pilih waktu untuk memulai usaha tersebut.
  7. Tentukan inovasi-inovasi anda dan jangan takut untuk mengembangkan kreatifitas anda pada usaha yang anda tekuni.
  8. Lakukan promosi yang tepat baik secara online maupun offline.

 

 

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba