Ide Usaha Ramadan Menguntungkan Yang Bisa Kamu Cobain

Ramadan sebentar lagi, buat kamu yang lagi cari ide usaha ramadan wajib pantengin artikel yang satu ini nih. Bulan ramadan dikenal sebagai bulan yang penuh keberkahan. Tak heran jika pada bulan tersebut banyak yang mencari peruntungan dengan menjalankan usaha. Kebanyakan usaha yang paling banyak dijalankan adalah usaha makanan dan minuman. Jenis makanan dan minuman menjadi pilihan karena selain modal yang dibutuhkan sedikit. Cara membuatnya juga cukup mudah dan bisa dijalankan dengan skala kecil.

Dari sekian banyak usaha makanan dan minuman yang biasa dijalankan di bulan ramadan, kamu bisa memilih produk yang unik dan berbeda. Meski unik kamu harus memastikan produkmu memiliki pangsa pasar yang terbuka lebar. Intinya kamu harus memastikan banyak orang yang akan membeli produkmu. Pada bulan ramadan orang akan mencari makanan dan minuman yang segar untuk berbuka. Maka usaha minuman menjadi usaha yang tepat untuk kamu jalankan.

Sekarang usaha yang unik dan antimainstream banyak diminati oleh konsumen. Jika kamu mencari peruntungan usaha dibulan ramadan yang maksimal maka jual produk yang belum banyak orang tahu namun berpotensi disukai. Minuman dan makanan antimainstream bisa menjadi pilihan yang bagus untuk usahamu selama bulan ramadan. Berikut ini kami rangkum beberapa ide usaha yang bisa kamu jadikan referensi jualan selama bulan ramadan.

Ide Usaha Ramadan

Makanan

Kicak

Makanan ini merupakan makanan khas dari Jogja, jadi sudah pasti tahu dong identik dengan rasa manis yang dominan. Jajanan ini cukup ngangenin dan biasa ditemukan saat bulan ramadan. Bahannya terbuat dari ketan putih tanak dihaluskan seperti gemblong. Kemudian dicampur dengan parutan kelapa potongan buah nangka. Biasanya lebih ekstetik lagi dengan disajikan dalam wadah daun pisang.

Bubur Kampiun

Sajian berbuka puasa kali ini cukup istimewa dan mewah karena sajiannya yang benar-benar lengkap. Bubur ini namanya bubur kampiun yang berasal dari Minangkabau. Perpaduan sajian ini dari ketan putih dikukus, bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak, bubur kacang hijau, dan bubur candil. Nikmat sekali kelihatannya bukan? biasanya banyak yang menganti beberapa bahan seperti lupis untuk menganti nasi ketan, bubur delima untuk menganti candil.

Bubur Candil

Makanan ini termasuk sederhana yang bisa didapatkan dengan harga murah tapi mengenyangkan buat buka puasa. Bubur sagu ini isinya bola-bola tepung ketan dan air gula merah. Rasanya manis dan gurih karena diberikan santan juga. Kamu bisa coba usaha ini dengan modalnya juga nggak besar. Menarik sekali tentunya ya?

Ketan Bintul

Ketan bintul ini makanan khas dari Banten, yang mana ketan bentuk segi empat yang rasanya sangat gurih. Kemudian diatasnya ditaburi serundeng kelapa dan tambahan irisan daging dan kuah semur. Jangan ditanya soal rasa karena sudah pasti enak, gurih dan lezat. Makanya makanan ini cukup digemari masyarakat.

Klepon

Makanan yang nggak lekang oleh waktu ini asik banget dimakan saat buka puasa. Sensasi manis dan gurih, bentuknya yang bulat imut dengan isian gula merah meleleh, pokoknya masih jadi primadona orang ngabuburit deh. Cocok banget didampingi segelas teh. Banyak banget kok yang suka sama makanan tradisional yang satu ini dan bisa banget kamu jadikan peluang usaha selama bulan ramadan.

Pisang Nugget

Kalau biasanya gorengan pisang hanya dibikin dari adonan tepung halus dan buah pisang saja, saat ini pisang juga bisa diolah menjadi gorengan kekinian yaitu pisang nugget. Paduan rasa manis dan gurih serta kekhasannya pada kerenyahan saat digigit akan memanjakan lidah. Apa lagi ketika kamu menambahkan varian toping pada gorengan kekinian pisang nugget yang kamu jual. Bisa dengan menambahkan varian toping oreo, almond, keju, cokelat, dan lain –lain.

Bola-Bola Ubi

Kalau biasanya ubi erat kaitannya dengan makanan tradisional, ternyata ubi bisa diolah menjadi gorengan kekinian yaitu bola-bola ubi. Selain rasa manisnya yang pas, bola-bola ubi bentuk dan teksturnya juga menarik untuk dinikmati para pecinta kuliner.

Risoles Mayo

Kalau gorengan kekinian yang satu ini sangat cocok untuk dinikmati ketika bersantai. Risoles merupakan gorengan yang pada umumnya isiannya berupa sayuran dan telur kemudian didampingi dengan cabe rawit. Tapi risoles untuk lidah anak muda akan lebih cocok ketika isiannya diganti dengan sosis dan mayones yang lembut di mulut.

Bangka Kopyor

Makanan unik yang bisa dihadirkan pada saat bulan ramadan. Yakni bubur buah nangka yang dipadukan dengan kelapa kopyor. Menu ini identik dengan bulan ramadan karena biasanya ada hanya pada saat ramadan saja. Cara membuatnya yang mudah jadi bisa kamu cobain bikin. Bahan bakunya sangat mudah seperti tepung terigu, buah kelapa kopyor, pisang, nangka, santan, nata de coco dan roti tawar.

Buah Potong

Buah potong menjadi salah satu makanan yang tak kalah menarik untuk dinikmati saat berbuka puasa. Kesegaran dari aneka macam buah mampu menyegarkan tenggorokan. Ditambah warna warni dari potongan buah segar sangat menarik hati. Nah salah satu makanan yang bisa kamu coba saat bulan ramadan adalah menjual aneka buah potong. Kamu bisa mengemasnya dalam wadah cup dengan mix buah atau satu macam saja sesuai selera.

Minuman

Alpukat Kocok

Minuman ini tergolong minuman ringan yang mengenyangkan untuk berbuka puasa. Kamu yang binggung mau jualan apa yang paling laris dan pasti banyak penggemarnya? Cobain deh jualan alpukat kocok, kesegaran es batu yang dipadukan dengan buah alpukat yang kaya akan gizi dan manisnya susu merupakan perpaduan yang sangat cocok. Selain mengenyangkan es alpukat kocok ini juga menyegarkan ketika dinikmati.

Angsle

Angsle ini merupakan salah satu menu makanan ringan yang cocok dan hangat disantap saat pagi atau malam hari. Minuman ini bercita rasa manis legit dan gurih, terdiri dari beberapa bahan isi yang disiram dengan kuah santan, enak sekali bila dimakan saat masih panas.

Hidangan angsle biasanya berisi sobekan roti tawar, ketan, mutiara merah muda, kacang hijau, petulo (putu mayang), pacar cina dan terakhir seduhan kuah santan yang manis dan juga hangat. Biasanya kuah santan yang di hidangkan juga ditambah dengan jahe agar lebih hangat. 

Es Teler

Siapa yang sanggup menolak es teler? Waa kebangetan yaa, perpaduan aneka buah alpukat, kelapa muda, nangka, durian, kolang kaling, mangga, rumput laut dengan dicampur es dan juga susu kental manis. Perpaduan es segar yang sangat sempurna. Tidak hanya menyegarkan dahaga namun juga mengenyangkan.

Es Susu Kacang Hijau

Kalau bubur kacang hijau kan dari namanya saja sudah mainstrem, sekarang cobain es susu kacang hijau. Dari julukannya ada udah kelihatan lezat dan bikin penasaran mau cobain. Nah cara bikinya pun gampang banget, pertama rebus kacang hijau dengan daun pandan sampai benar-benar empuk. Kemudian masukkan air gula merah ke dalamnya lalu sajikan dengan santan dan es batu. Setelah itu, tuangkan susu kental manis ke atasnya.

Es Burju

Minuman yang satu ini hampir sama dengan es susu kacang hijau. Yakni berbahan dasar kacang hijau yang direbus. Dengan tambahan ketan merah dan juga dari kuah aneka rasa. Jika biasanya burju dipadukan dengan santan. Berbeda dengan sajian es burju kali ini.

Kamu bisa menambahkan semangkuk burju dengan tambahan susu murni yang dipadukan dengan kuah aneka rasa. Seperti rasa redvelvet, oreo, matcha, coklat dan lain sebagainya. Dengan tampilan baru ini dirasa lebih menarik karena tampil lebih kekinian. Yang mana kesukaan anak milenial jaman sekarang banget.

Es Cendol Dawet

Siapa sih yang bisa menolak kelezatan minuman cendol dawet yang satu ini? Sekalipun sudah banyak yang jual, bahkan bukan saat bulan ramadan pun, kalau kamu bisa menyuguhkan rasa terbaik, dengan inovasi yang menarik pastinya membuat siapapun yang melihat ngak mau ketinggalan untuk menyantapnya. Rasa yang segar dan manis bias menyegarkan tenggorokan setelah seharian puasa.

Es Lidah Buaya

Pada bulan ramadan orang akan mencari minuman yang segar dan melegakan. Salah satu minuman yang unik dan antimainstream untuk dinikmati adalah es lidah buaya. Minuman ini menjadi salah satu pilihan usaha minuman yang bagus untuk dijalankan. Lidah buaya yang diolah menjadi minuman ini memiliki daya tarik sendiri bagi konsumen.

Membuat es lidah buaya ini relatif mudah dan bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Apalagi jika kamu membuat dalam porsi banyak untuk dijual, akan lebih murah modalnya. Kamu membutuhkan lidah buaya, gula pasir, garam, daun pandan, sirup, dan biji selasih yang mempercantik untuk membuat es lidah buaya.

Itu tadi adalah beberapa ide usaha ramadan baik makanan maupun minuman yang bisa dijadikan referensi. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Leave a Comment