Sambut Ramadan Dengan Strategi Jualan Untuk Raih Untung Besar!

Strategi jualan saat menjelang ramadan kini harus mulai disusun oleh pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan. Kita tahu bahwa bulan ramadan hanya tinggal menghitung hari lagi, semua orang mulai sibuk menyiapkan kedatangan bulan suci ramadan. Tak terkecuali para pelaku usaha yang kini mulai sibuk juga mempersiapkan berbagai macam strategi yang akan digunakan untuk meningkatkan penjualan selama bulan ramadan.

Seperti yang kita tahu bahwa perilaku konsumen saat ramadan tiba tentu akan berubah drastis menjadi konsumenisme. Baik dalam pembelian makanan maupun fashion. Dengan begitu para pelaku usaha bisa menjadikan hal tersebut sebagai peluang untuk mendapatkan keuntungan dalam meningkatkan omset. Tentunya dengan dibarengi strategi pemasaran yang tepat. Lalu apa strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan tersebut? Berikut ini akan kami bagikan tipsnya.

Strategi Jualan Persiapan Bulan Ramadan

Untuk menghadapi berbagai permintaan konsumen yang mengalir deras saat bulan ramadan tiba, sebagai pelaku usaha harus menyiapkan strategi yang tepat. Ini dia tips jitu memenuhi permintaan saat bulan ramadan.

Pemasaran Produk Tepat

Kebiasaan konsumen pada bulan ramadan yang berubah menjadi lebih konsumenisme bukan berati tidak butuh adanya promosi. Kamu sebagai pelaku usaha harus terus kreatif dan punya strategi yang tepat untuk terus menarik minat para konsumen. Agar penjualan selama bualan ramadan meningkat maka kamu bisa meningkatkan promosi dengan menyusun berbagai strategi.

Kamu bisa melalukan promosi dengan memaksimalkan digitalisasi. Maupun menggunakan media seperti brosur, pamflet, banner dan lain sebagainya. Apalagi sekarang sudah semakin berkembang platform yang bisa digunakan untuk memasarkan seperti video marketing. Yakni membuat iklan dengan video menarik dengan menggunakan tiktok bahkan youtube.

Evaluasi Strategi

Mengubah strategi penjualan bukan suatu hal yang tabu bagi para pelaku usaha. Pergantian strategi ini dilakukan untuk memperbaiki dan membenahi startegi yang kurang tepat selama ini. Apabila startegi tersbeut diterapkan dan tidak membuahkan hasil maka pasti ada yang salah.

Maka jika tahun lalu penjualan pada saat ramdan mengalami penurunan atau bahkan peningkatkan tidak begitu besar maka ada yang perlu dibenahi. Kamu bisa mencari beberapa referensi analisa trend dipasaran melalui media sosial. Selain itu kamu juga bisa melakukan riset atau survey baik secara langsung maupun tidak langsung.

Untuk meningkatkan penjualan kamu bisa memanfaatkan channel marketing seperti penggunaan beberapa marketplace seperti shopee, bukalapak lazada dan tokopedia. Selain itu kamu juga bisa memaksimalkan dengan website.

Target Pasar

Konsumen merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam mendukung suatu usaha. Strategi jualan memiliki peranan yang sangat penting untuk menjangkau target pasar. Untuk bisa meraih target pasar maka kamu harus punya tujuan yang jelas dan tepat.

Jika pada tahun sebelumnya penjualanmu mengalami penurunan bahkan stuck maka buat target yang tidak terlalu tinggi namun masih relevan. Selain itu perlunya menyusun target yang terstruktur juga akan berdampak pada motivasi sales dalam memasarkan produk.

Siapkan Tempat Penyimpanan

Untuk menyambut bulan suci ramadan tentunya para pelaku usaha akan kebanjiran orderan. Permintaan pasar akan meningkat drastis maka untuk mempersiapkan hal tersebut sebagai pelaku usaha harus menyiapkan ruang penyimpanan barang untuk menstok produk.

Menyiapkan Persediaan Produk

Salah satu cara untuk tetap bisa memenuhi permintaan konsumen adalah dengan menyediakan produk. Paling aman persediaan selama ramadan kamu bisa stok produk sekitar 2-3 kali lipat dari biasanya. Semakin seimbangnya antara produksi dan kebutuhan, maka kamu harus bisa memperkirakan jumlah permintaan.

Batas Aman Stok & Waktu Tunggu

Ketika kamu akan menambah jumlah produk maka kamu juga harus memperhatikan batas aman stok dan waktu tunggu. Hal yang perlu diperhatikan adalah 2 faktor tersebut. Sebab ketika mendekati lebaran transportasi cenderung padat.

Banyak orang yang akan mudik ke kampung halaman. Sehingga kebanyakan orang akan meninggalkan pekerjaan dan berkumpul bersama keluarga. Maka dari itu kamu harus memperhatikan agar usaha tetap berjalan seperti biasanya namun tetap memenuhi target.

Paket Bundling Ramadan

Untuk dapat menarik para konsumen salah satu caranya dengan memberikan promo. Kamu bisa memberikan promo potongan harga, atau diskon pada barang yang tidak ada hubungannya dengan bulan ramadan. Sehingga produk lama yang masih banyak stok bisa sama-sama laku terjual. Tentunya dengan memberikan harga khusus potongan harga tersebut.

Kamu bisa menggunakan strategi apa saja seperti beli 1 gratis 1, atau diskon 50%. Untuk membuat konsumen segera mengambil keputusan membeli maka tentukan jangka waktunya. Jangan terlalu lama dalam memberikan diskon. Misalnya promo hanya berlaku 1 minggu, paling lama 1 bulan.

Kamu juga bisa menawarkan produk dengan sistem bundling yakni menggabungkan beberapa produk dengan harga yang lebih murah. Berikan penjelasan jika produk tersebut bundling hanya selama bulan ramadan. Tentunya dengan begitu produkmu akan terjual dengan cepat dan mampu meningkatkan penjualan selama bulan ramadan.

Produk Spesial Ramadan

Biasanya para pelaku usaha memanfaatkan momen ramadan untuk menjual produk yang berbau atau perlengkapan ramadan. Misalnya saja pelaku usaha kue pada saat ramadan mengeluarkan varian baru kue coklat kurma. Atau pelaku usaha fashion mengeluarkan produk gamis, mukena, jilbab.

Kemudian menggunakan strategi limited edition. Dengan memberikan tawaran produk stok terbatas tentunya para kosumen akan cepat mengambil keputusan. Tanpa pikir panjang kebanyakan konsumen akan tertarik membeli produk.

Packaging Produk

Selain menyiapkan beberapa hal diatas, satu hal yang perlu kamu persiapkan adalah kemasan. Memilih kemasan merupakan salah satu hal yang penting. Tentunya untuk menunjang agar produk terlihat lebih menarik dan mewah. Jika sebelumnya kamu sudah menggunakan kemasan yang menarik. Alangkah lebih baiknya jika kamu terus mengupdate kemasan untuk produkmu untuk mengikuti trend dan perkembangan model kemasan.

Kemasan yang menarik tentunya juga akan menjadi salah satu penunjang keberhasilan penjualan. Karena dengan kemasan yang unik dan menarik akan terlihat lebih elegan dan mewah. Sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli. Tips memilih kemasan yang menarik adalah sebagai berikut, misal kamu menjual kue kering.

Memilih bentuk kemasan toples yang unik dan menarik. Kamu bisa menggunakan toples flannel atau toples kaca yang bentuknya unik. Selain itu kamu juga perlu melengkapi produk kue kering dengan kemasan kardus yang cantik. Bila perlu buatlah desain kemasan kardus dengan gambar logo dan tulisan brand produkmu.

Terakhir tambahkan pita dan aksesoris untuk mempercantik tampilan packaging. Bisa pula mengkreasikannya dengan tas atau pita cantik yang dibentuk menyerupai parcel lebaran. Semakin unik kemasan kue kering tersebut, maka semakin tinggi pula daya tarik produk di mata para konsumen.

Jam Layanan

Ketika bulan ramadan tiba maka jam belanja konsumen akan berubah. Hal tersebut karena harus melaksanakan ibadah pada bulan ramadan terlebih dahulu. Maka dari itu apabila kamu biasanya melayani konsumen sampai pukul 16.00 sore.

Sekarang berikan tambahan layanan di waktu yang tepat, khusus pada bulan ramadan. Misalnya sehabis shalat terawih, setelah sahur atau menjelang buka puasa. Dengan begitu selama bulan ramadan kamu tidak akan kehilangan konsumen.

Demikian adalah pembahasan kita tentang beberapa strategi jualan yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan selama bulan ramadan. Semoga bisa membantu menambah referensi dalam penyusunan strategi penjualan selama bulan ramadan.

Leave a Comment