“Indahnya Kata Maaf”

sahabat layang-layang“ Cara yang benar dan terhormat untuk membunuh musuh adalah dengan tidak membunuhnya.

Dengan kebaikan, anda mungkin dapat mengubahnya sehingga ia berhenti menjadi seorang musuh, dan musuh anda pun akan burkurang satu. “

Didalam kita menjalani kehidupan ini, tentu banyak halangan mapun rintangan yang menghadang. Bahkan untuk sebagian orang, untuk mewujudkan cita-citanya, tujuannya, ia pun rela untuk mencelakai, atau menyakiti orang-orang yang ada disekitarnya.

Kebulatan tekad yang kuat, namun tidak disertai oleh kesiapan batin yang cukup, maka hanya akan menghasilkan jiwa-jiwa yang rapuh, kosong, yang hanya melihat dari sudut pandang dirinya saja. Ia korbankan hati nuraninya, demi mimpi yang ia dambakan selama ini.

Tak ayal jika dalam sebuah tim kerja, dalam sebuah perjalanan bisnis sebuah usaha, banyak diantara kita yang merasa tersakiti oleh sikap orang-orang seperti tadi. Tak akan disangkal, bahwa sikap mereka sempat menyita waktu kita untuk berfikir tentangnya. Namun apa yang mampu kita lakukan, bukankah hal itu suda terlanjur dianggap sebagai budaya kerja Negara kita? Amat disayangkan jika waktu dan fikiran kita hanya tersita oleh sikap orang-orang yang selalu senang tertawa diatas derita orang lain.

Maafkan, ikhlaskan, karena bisa jadi hal tersebut merupakan ujian bagi diri kita, didalam membangun mental kita yang baru dan mengembangkan jiwa kita yang haus akan sebuah tantangan.

Anda tidak akan mungkin dapat mencapai puncak kesuksesan, jika anda terus memikul beban kebencian, dendam, dan kepahitan hidup. Hal ini bisa jadi merupakan beban yang berat, dan kemungkinan untuk mengembangkan potensi anda semaksimal mungkin tidak mungkin terlaksana dengan ketiga beban tersebut dipundak anda.

(http://kfk.kompas.com/system/files/imagecache/sfk_preview_600x600/all_4_love.jpg)

3 Komentar

  1. Hidup tanpa dendam justru membuat beban hidup berkurang. Memaafkan orang yang memusuhi kita, walaupun dia tak pernah minta maaf, merupakan perbuatan menyenangkan. Ya, hati jadi senang dan teduh. Tidak percaya? Cobalah. Saya sering melakukannya.

  2. Menarik….
    1 orang Musuh itu terlalu banyak…….1jt kawan masih kurang….
    ini sangat sejalan dengan postingan saya di http://positive-feeling.blogspot.com/2010/03/apa-sih-artinya-memaafkan-itu.html

    salam positif…..

Comments are closed.