Inspirasi Bisnis, Peluang usaha

Ingin Bisnis Tak Punya Pengalaman? Berikut 5 Tips Bisnis untuk Pemula!

bisnis-fashion-coverSeringkali orang bertanya “peluang bisnis apa yang paling menguntungkan?”, atau “peluang bisnis apa yang paling sesuai untuk pemula?”. Sebenarnya berbicara mengenai peluang bisnis, sangat banyak dan sangat luas, tinggal disesuaikan dengan passion dan ketertarikan kita dimana.

Berbicara mengenai pertanyaan masyarakat yang sering kali bertanya bisnis apa yang peluangnya besar dan menguntungkan, ada satu jawaban yang mungkin bisa menjadi solusi, Bisnis fashion!.

Mengapa bisnis fashion?.

Bisnis fashion adalah salah satu bisnis yang evergreen, atau akan selalu dibutuhkan dan diminati masyarakat. Sekarang, besok, tahun depan, sepuluh tahun lagi, atau sampai kapanpun manusia akan selalu membutuhkan pakaian.

Nah buat kamu yang tertarik dengan bisnis fashion namun masih belum punya pengalaman berbisnis, berikut 5 tips yang dapat membantu kamu dalam merintis bisnis fashionmu!

  1. Mengikuti Trend yang Sedang Hits

bisnis-fashion

Salah satu kunci berhasilnya sebuah bisnis fashion adalah bagaimana bisnis tersebut mampu mengikuti perkembangan trend fashion yang terus berubah setiap saat. Dalam hal ini kamu harus selalu update mengenai trend fashion yang tengah digemari oleh masyarakat.

Kamu juga harus bisa menyesuaikan trend fashion dengan budaya yang dimiliki konsumen yang kamu tuju. Misalnya trend fashion yang tengah digandrungi di Amerika belum tentu akan sesuai dan akan diminati di negara lain, karena adanya perbedaan budaya. Jadi pastikan kamu sudah menyaring dan menyesuaikan trend dengan kondisi dan situasi pasar.

  1. Pasang Harga yang Bersaing

harga-yang-tepatTips kedua yang bisa kamu catat adalah memberikan harga secara tepat. Sebelum menentukan harga yang ingin kamu tawarkan, pastikan harga tersebut sesuai dengan kualitas dari barang tersebut. Jangan sampai barang dengan kualitas rendah kamu tawarkan dengan harga kualitas tinggi. Tentu siapapun tidak ada yang mau membeli.

Selain menyesuaikan harga dengan kondisi barang, kamu juga harus menyesuaikan harga yang ditawarkan dengan kondisi kantong para konsumenyang menjadi targetmu. Jangan sampai kamu menjual barang-barang branded dengan harga tinggi ke konsumen dengan pendapatan menengah kebawah. Sama-sama tidak ada yang akan membeli.

  1. Berikan Diskon dan Promo Menarik!

Setelah barang, harga dan target pasar sudah sesuai, kamu bisa memberikan diskon dan promo untuk menarik para konsumen untuk membeli, misalnya buy 2 get 1. Perlu diketahui bahwa adanya sebuah diskon atau sebuah promo bukan hanya untuk menarik perhatian para konsumen untuk membeli, namun juga sebuah apresiasi kepada konsumen atas kesetiaannya kepada produk fashion kita. Adanya promo dan diskon ini juga akan menambah rasa loyal para konsumen, sehingga mereka makin setia dan tidak akan beralih dari produk kita.

  1. Pengemasan dengan Tepat

pengemasan-fashion-yang-tepatBanyak diantara para pengusaha fashion yang kurang begitu memperhatikan cara pengemasan produk fashion secara tepat dan benar. Tak jarang pengemasan yang salah justru merusak produk. Tentu hal ini merugikan konsumen dan membuat mereka kecewa. Jangan sampai hal ini terjadi!

Jika kamu masih bingung untuk mendapatkan kemasan yang pas untuk produk fashionmu, kamu bisa mendapatkannya di diKemas.com yang menyediakan berbagai macam jenis kemasan berkualitas dengan harga yang bersahabat!.

  1. Marketing dengan Benar!

marketing-produkTips terakhir yang bisa kamu catat adalah melakukan proses marketing produk secara benar dan tepat. Jika kamu sudah melakukan tips nomor 1 sampai nomor 4 namun masih salah dalam melakukan marketing, maka hal tersebut akan tetap sia-sia. Marketing yang tepat adalah marketing yang mampu menyampaikan informasi tentang produk yang kita jual secara maksimal.

Bagaimana caranya?. Yaitu dengan mengikuti bagaimana cara masyarakat saat ini memperoleh informasi. Misalnya budaya masyarakat saat ini yang sangat dekat dengan social media, maka kamu bisa memanfaatkan social media tersebut untuk mempromosikan produk kamu secara maksimal.

Demikian tadi 5 tips yang bisa kamu gunakan untuk membantu kamu yang ingin memulai bisnis fashion. Semoga bermanfaat dansalam sukses!

SHARE YUK!