Pemasaran

Ini 5 Cara Promosi Toko Online Biar Tetap Laku di Tahun 2018!

Ini 5 Cara Promosi Toko Online Biar Tetap Laku di Tahun 2018!Sekarang ini pertumbuhan bisnis toko online di tanah air setiap harinya terus saja bertambah. Dan tentunya semakin banyak usaha yang mulai dipasarkan lewat online semakin besar juga persaingan penjual di dunia maya.

Biar lapak dagangmu tetap laku di tahun 2018 meski persaingan pasar online semakin nyata, sedikitnya ada 5 cara promosi toko online yang bisa kamu terapkan dari sekarang.

Bagaimana cara promosi toko online di tahun 2018?

Satu, buat kamu yang belum punya banyak modal, jangan khawatir kamu masih tetap membuka toko online dengan sistem preorder. 

Seperti kita tahu, sekarang ini sistem preorder banyak dijalankan pelaku bisnis toko online agar bisa tetap produksi dan mempromosikan toko onlinenya meski modal yang mereka miliki relatif terbatas. Dengan sistem preorder, kamu bisa mendapatkan pembayaran dari konsumen di awal untuk kulakan bahan baku dan untuk mengoptimalkan strategi promosi toko online yang kamu punya.

Dua, meski konsumen hanya butuh sekali klik untuk belanja online. Tapi bukan berarti semua produk bakalan laris terjual di dunia maya.

Pastikan kamu menjual produk yang benar-benar dibutuhkan dan dicari pasar. Bila perlu lakukan survey pasar untuk mengetahui minat pasar saat ini, ini penting agar kamu tak hanya sekedar ikut-ikutan trend pasar tanpa alasan jelas mengapa kamu menjual produk tersebut.

Tiga, kalau kamu menjual produk yang sudah pasaran, coba akali dengan membuat tampilannya lebih bernilai.

Kendati produk yang kamu jual sebenarnya sudah ada banyak di pasaran, tapi agar terlihat beda buatlah tampilan produkmu lebih bernilai di depan calon konsumen. Misalnya dengan mengganti bungkusnya dengan kemasan produk yang menarik, atau bisa juga membubuhkan label brand pada produk tersebut. Meski terlihat sederhana, tapi bisa meningkatkan nilai jual produk di mata konsumen.

Empat, tak hanya cukup posting foto produk dan mencoba berbagai cara promosi toko online di sosial media, sekarang pelapak online juga perlu gabung di komunitas untuk upgrade skill.

Biar tahu trik dan tips cara promosi toko online terkini, kamu jangan hanya jadi pelapak yang aktif jualan saja. Sesekali sempatkan diri untuk bergabung di komunitas penjual online agar kamu juga bisa dapat tambahan ilmu tentang prospek bisnis toko online di tahun depan.  Misalnya seperti gabung di grup kelas online, atau bisa juga mengikuti beberapa acara seminar atau bazar toko online yang diadakan di kotamu. Dari situ kamu tidak hanya bisa mendapatkan pengalaman baru, tapi juga bisa memperluas jaringan pemasaran.

Lima, tak hanya cukup beriklan di sosial media, kamu juga bisa coba cara promosi toko online lewat website e-commerce biar lapakmu muncul di mesin pencarian Google.

Kalau saat ini kamu belum punya website toko online dengan kunjungan yang tinggi, jangan langsung putus asa karena kamu bisa memanfaatkan website e-commerce untuk mempromosikan lapak toko onlinemu. Apalagi sekarang ini sudah banyak website berbasis e-commerce yang berkonsep mall online, jadi dalam satu website ada banyak lapak penjual online yang bisa kamu jumpai. Salah satunya saja seperti BisnisUKMK.com, kamu bisa dengan mudah mempromosikan toko online melalui Direktori Agen dan Direktori UKM. Dengan terdaftar sebagai Direktori Agen dan Direktori UKM yang ada di BisnisUKM.com, kamu bisa memasukkan kata kunci yang sesuai dengan produkmu agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian.

Nah, apa kamu sudah siap menghadapi persaingan toko online di tahun depan? Saatnya kamu mencoba kelima cara promosi toko online yang sudah kita bahas, dan pastikan lapakmu bakalan tetap ramai meski persaingannya semakin ketat. Selamat mencoba!

SHARE YUK!