Bincang Bisnis

Ini Contoh Proposal Bisnis Kuliner Yang Bisa Kamu Ajukan Ke Investor!

Hobimu Adalah Peluang Bisnismu

ini-contoh-proposal-bisnis-kuliner-yang-bisa-kamu-ajukan-ke-investor

Contoh proposal bisnis kuliner merupakan jembatan bagi seseorang yang memiliki mimpi besar dalam mengembangkan bisnis kuliner namun terhambat oleh modal. Kalau kamu punya hobi masak dan mahir dalam mengolah berbagai macam makanan dan minuman mungkin kamu bisa mengembangkan hobimu dengan membuka usaha kuliner yang menguntungkan. Siapa tahu dengan membangun bisnis kuliner selain untuk menyalurkan hobi dan bakatmu yang terpendam juga bisa menjadi ladang penghasilan yang mendatangkan rupiah buatmu. Tetapi tentu saja selain hobi dan bakat salah satu utama yang harus kamu miliki dalam membuka usaha adalah modal.

Besar kecilnya modal yang kamu miliki akan sangat menentukan langkahmu dalam membuka tempat usaha tersebut. Dengan modal besar kamu bebas mengekspresikan dirimu dalam menentukan konsep tempat usaha yang kamu inginkan, apakah ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah atau menengah ke atas. Lalu, bagaimana jika kamu punya minat yang besar dalam dunia kuliner, tetapi dana terbatas? Namun bagi kamu yang hanya memiliki dana  modal yang terbatas tidak perlu khawatir, kamu bisnis kok terus melanjutan mimpimu untuk membuka usaha kuliner ini dengan bantuan investor. Asalkan idemu kreatif dan menarik di pandangan mereka pasti kamu bisa mendapatkan dana yang kamu inginkan.

Contoh Proposal Bisnis Kuliner

Proposal bisnis kuliner berikut adalah salah satu contoh proposal bisnis yang bisa kamu ajukan kepada investor.

==================================================================

A. Judul Proposal : Jus Aneka Buah-Buahan

Ringkasan Eksekutif

Jus buah-buahan merupakan produk  minuman segar dan menyehatkan karena memakai bahan dasar buah-buahan di dalamnya. Agar semakin menarik dan nikmat saat diminum ditambahkan susu kental manis. Penjualan produk rencananya akan dijual beberapa kedai minuman yang dekat dengan lokasi sekolah dan perkantoran.

B. Strategi Promosi

Strategi Promosi

Strategi pemasarannya untuk mempromosikan produk ini adalah secara online via media sosial dan offline dengan penyebaran brosur yang ditempelkan di beberapa tempat yang ramai dilewati orang dan dibagikan kepada banyak orang.

Target Pasar

Secara umum, target pasar produk ini  menjangkau semua kalangan kalangan. Target khususnya adalah anak sekolah dan pekerja kantor.

C. Strategi Harga

Produk ini dijual dengan harga yang cukup murah dan terjangkau bagi masyarakat, yaitu berkisar antara Rp. 8.000.

D. Perincian Biaya Usaha

perincian-biaya-usaha-proposal-bisnis

E. Laba

Laba Kotor Per Hari

= Hasil Penjualan – Modal Awal

= Rp. 800. 000 – Rp. 470. 000

= Rp. 330.000

Laba Kotor Per Bulan

= Laba per hari x 30

= Rp. 330.000 x 30

= Rp. 9.900.000

Biaya Operasional

Gaji 2 karyawan Rp. 2.000.000

Biaya transportasi Rp. 200.000

Biaya sewa tempat per bulan Rp. 200.000

Listrik per bulan Rp. 150.000

Total biaya operasional Rp. 2.550.000

Laba Bersih

= Laba kotor – total biaya operasional

= Rp. 9. 900.000 – Rp. 2.550.000

= Rp. 7.350.000

Profit tersebut didapatkan apabila jus terjual dengan harga @ Rp. 8.000 per gelasnya. Keuntungan akan bertambah apabila yang terjual adalah jus yang harganya lebih tinggi yaitu Rp. 9.000 – Rp. 12.000.

Menyalurkan Hobi Memasak Dengan Berbisnis Kuliner

Terbukti, bahwa proposal bisnis kuliner diatas merupakan satu dari sekian bisnis yang keuntungannya cukup menggiurkan. Cuaca panas yang berkepanjangan dan melimpahnya buah-buahan lokal di pasaran menjadi dasar tercetusnya ide dan peluang bisnis kuliner yang satu ini. kamu tidak perlu keahlian khusus untuk bisa mendirikan usaha yang satu ini. Hanya saja perlu menentukan takaran bahan yang pas agar jus terasa segar dan nikmat yang kemudian akan menjadi ciri khas kedai jus buahmu.

Pemilihan lokasi yang strategis juga sangat penting demi kelancaran usaha yang kamu rintis. Jika lokasi usahamu terletak di tempat yang dekat dengan perkantoran dan sekolah maka target pasarmu adalah anak sekolah dan pekerja kantoran di saat istirahat makan siang ataupun sepulang sekolah. Tetapi jika lokasi itu termasuk wilayah yang cukup ramai dilewati banyak orang maka calon pelangganmu sudah dipastikan akan semakin bertambah.

Keuntungan Jika Usahamu Dikenal Banyak Orang

Semakin banyak pengunjung yang datang akan semakin membuat kedaimu dikenal lebih banyak orang sehingga kamu juga akan mendapatkan keuntungan yang lain, yaitu promosi gratis dari mulut ke mulut. Dengan begitu, bukan tidak mungkin usahamu akan semakin maju dan mampu menarik investor untuk menanamkan modalnya pada bisnismu tersebut sehingga kamu bisa membuka cabang di tempat lain atau bahakan di kota lain dengan sistem waralaba, bisa dibayangkan berapa rupiah keuntungan yang akan masuk ke kantongmu. Semakin berkembang usaha yang kamu jalankan maka semakin banyak investor yang bersedia bekerjasama denganmu.

Merencanakan Bisnis Kuliner Dengan Baik Dan Matang

Jika kamu tertarik untuk mengembangkan hobimu dalam bidang kuliner. Rencanakan dengan matang sebelum memulainya. Pikirkanlah makanan atau minuman apa yang hendak kamu jual dan cermati sekelilingmu apakah berapakah pesaing bisnismu yang ada. Sebisa mungkin carilah usaha belum cukup banyak saingannya sebab kamu akan lebih mudah dalam mengenalkan dan mengembangkan bisnismu. Pikirkan bagaimanakah cara agar produkmu menjadi booming di pasaran dengan menjual makanan atau minuman kekinian yang bukan hanya nikmat dinikmati tetapi juga menarik tampilannya.

Jangan mematok harga terlalu tinggi agar semua kalangan bisa menjadi pelangganmu. Bukankah produk kuliner dengan rasa nikmat dan harga terjangkau akan lebih banyak dicari dibandingkan produk serupa dengan yang lebih mahal?

Salurkan Hobimu Dan Bukalah Peluang Bisnis Kuliner Yang Menguntungkan

Kegemaran kita melakukan sesuatu dan menjadikannya sebagai hobi merupakan kepuasan tersendiri bagi siapapun. Terlebih jika dengan melakukan hobi itu kita bukan hanya sekedar  mendapatkan kepuasan tetapi juga penghasilan. namun terlepas dari itu semua apapun hobi yang kita miliki selagi semuanya bernilai positif pasti akan memberi efek positif juga bagi hidup kita. Bagi kamu yang memiliki hobi memasak, cobalah untuk mulai membangun mimpimu dari sekarang. Kembangkan hobimu dan ciptakan makanan, jajanan ataupun minuman yang unik dan kekinian dan mulailah membuka peluang bisnis kuliner dengan hobi kegemaran ini. Dengan berbisnis kuliner maka hobi tersalurkan dan rupiah pun akan datang. Selamat mencoba dan semoga beruntung.

 

sumber gambar: Unsplash.com/Charles 🇵🇭