Ini Dia Digital Marketing Yang Bakal Booming di Tahun 2021

Digital marketing merupakan kegiatan promosi atau memasarkan brand dengan mengandalkan internet. Pemasaran dengan media online kini menjadi pilihan para pelaku usaha karena dinilai lebih efisien, cepat dan dapat menjangkau konsumen dari berbagai daerah. Selain itu perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih juga turut mengubah gaya hidup masyarakat menjadi pengguna aktif media online.

Maka dari itulah digital marketing memiliki peran penting dalam dunia bisnis. Terutama dimasa pandemi seperti sekarang yang mana para UMKM terkena dampak langsung. Sehigga mengalami penurunan penjualan. Sebagai solusi dari permasalah UMKM tersebut pemerintah terus mengalakkan program melek digitalisasi bagi para pelaku usaha UMKM.

Trend Digital Marketing 2021

Strategi pertama yang kini difokuskan para UMKM untuk bangkit dari keterpurukan adalah bagaimana cara mengjangkau dan mendapatkan pelanggan baru. Nah maka dari itu teknik digital marketing menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan penjualan. Berikut beberapa trend digital marketing yang bakalan booming tahun ini :

SEO

SEO adalah Search Engine Optimization yakni cara mengoptimalkan website agar bisa mendapatkan peringkat teratas dalam hasil pencarian mesin google. Optimasi SEO selalu berkembang seiring dengan perkembangan algoritma mesin pencari. Contohnya adalah google, yang mana diharapkan SEO mampu memberikan informasi yang reevan sesuai dengan keadaan sekarang.

Ini dia beberapa perubahan SEO yang mengikuti trend dan menyesuaikan keadaan. Perubahan pola user dalam melakukan beraktivitas di media online, pencarian berdasarkan arti makna kata, pencarian berdasarkan user mengetik kata kunci dan telah mendapatkan jawaban pada halaman tersebut, pencarian berdasarkan informasi penyedia layanan.

Pay Per Click Advertising

Pay per click adalah model marketing digital yang digunakan untuk mengarahkan traffic ke situs website. Sistemnya pengiklan membayar pada saat user melakukan klik iklan yang dipasang oleh pemilik iklan. Hal yang perlu disiapkan ketika memasang iklan adalah peraturan privasi dari untuk memperoleh data pelanggan media platform ads, menjadi opsi default untuk memudahkan iklan.

Email Marketing

Digital marketing selanjutnya adalah menggunakan email marketing. Email marketing adalah strategi pemasaran dengan mengirimkan informasi produk, baik promo, diskon, potongan harga, give away, produk baru dsb melalui pesan email. Strategi marketing ini dinilai masih cukup efektif untuk menarik para calon pembeli.

Ini dia tips untuk memasang email marketing sebagai strategi pemasaran usahamu. Pertama menentukan audience, memisahkan list email pelanggan, memberikan diskon atau ebook untuk memancing orang untuk mendaftar list emailmu, undang orang yang mau mendaftar list emailmu, membuiat konten baik video maupun tulisan yang mudha dipahami dan tentunya user friendly, kamu bisa menambahkan pelanggan untuk diarahkan pada halaman website.

Social Media Marketing

Digital marketing kali ini adalah memanfaatkan platform media sosial untuk memasarkan produk. Tujuannya untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Kamu bisa mempersiapkan beberapa strategi pemasaran media marketing yakni, menerapkan instagram marketing seperti optimasi profil bisnis, update konten produk di feed dan story instgram untuk meningkatkan engegement, memanfaatkan instagram ads dan facebook ads untuk menjangkau pelanggan baru yang lebih luas, menggunakan facebook marketing seperti optimasi fanpage, messenger dan facebook marketplace.

Video Marketing

Google kini lebih memprioritaskan konten yang memiliki video pada mesin pencari. Ini adalah salah satu algoritma google berdasarkan maksud dan tujuan user. Video marketing kini juga lebih diminati oleh para pengguna karena dianggap lebih menarik. Apalagi video marketing yang kini tampil semakin kreatif. Kamu bisa menampilkan iklan dengan durasi yang lebih pendek, animasi, informatif, unik dan menarik. Tentunya yang bisa ditampilkan iklan di youtube maupun tiktok.

Jangan lupa untuk membuat konsep video sesuai tujuan yang akan kamu buat. Edit menggunakan tools apapun itu, misalnya adobe premier, adobe flash dsb. Kemudian buat konten semenarik mungkin. Selanjutnya upload di sosial media dengan menambahkan deskripsi atau caption untuk menarik para pengguna.

Digital marketing yang satu ini adalah fitur untuk melakukan pencarian sesuatu di mesin pencari google menggunakan suara. Fitur tersebut digunakan bertujuan untuk memudahkan dalam melakukan pencarian tanpa mengetik kata kunci.

Cara optimasi SEO Voice search adalah sebagai berikut, pastikan website sudah mobile friendly, gunakan long tail keyword yang terdiri dari 3-4 kata kunci, buat konten yang simpel dan menarik serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami, konten website harus bisa menjawab pertanyaan singkat daa jelas dengan tambahkan FAQ, terakhir daftarkan bisnismu ke Google mybussines agar mudah ditemukan user sesuai lokasinya.

Podcast

Salah satu digital marketing yang kini sedang trend dan paling banyak digunakan saat ini sebagai konten adalah podcast. Podcast kini mulai sering digunakan dan banyak diminati oleh kebanyakan orang. Buat yang belum tahu podcast adalah sebuah audio file digital yang digunakan sebagai sarana informasi atau sharing cerita.

Berikut ini adalah tips marketing dengan podcast untuk memasarkan produkmu, diantaranya adalah membuat konten berdasarkan konsep dan tema yang sesuai dengan bisnis, kamu nisa konsep tema menjadi beberapa sub tema yang saling berkaitan satu sama lain, buat host sesuai karakter bisnismu, bekerjasama dengan narasumber untuk menarik pengguna, kemudian promosikan produk sekreatif mungkin yang jualan tap tidak terkesan jualan.

Paid Social

Strategi digital yang satu ini merupakan cara untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas dan mencari pelanggan baru. Sistemnya adalah memaksimalkan penggunaan sosal media lewat fitur ads. Sebagai contoh adalah instagram ads, facebook ads dan lain sebagainya.

Cara penggunaannya membutuhkan skill dalam membuat konten yang benar-benar terkonsep. Berikut ini adalah tips mengguankan paid social. Mengetahui demografi pelanggan yang tepat, menentukan jenis dan tujuan iklan untuk branding, mendapatkan sebuah interaksi dari pengguna, serta menggiring traffic ke website.

Kemudian remarketing agar pengguna berinteraksi secara aktif sehingga mengambil langkah untuk membeli produk, menyiapkan iklan sesuai format iklan, baik instagram maupun facebook. Terakhir menyiapkan copywriting sesuai dengan produkmu.

Webinar

Webinar adalah web seminar yang mana merupakan acara seminar yang berlangsung secara online. Sejak pandemi penggunaan webinar ini semakin meningkat. Banyak para pelaku bisnis yang menggunakan webinar sebagai cara mempromosikan produknya sebagai slaah satu cara untuk tetap menjaga jarak aman.

Berikut ini adalah cara membangun webinar untuk bisa kamu terapkan. Pertama merencanakan topik dan tujuan webinar, membuat tim persiapan, menentukan format acara, mempersiapjan materi, pilih software yang akan digunakan (misalnya saja zoom maupun google meet), membuat halaman pendaftaran, persiapan dan promosi.

Demikian adalah beberapa trend digital marketing yang bakalan booming dan paling banyak digemari di tahun 2021. Semoga informasinya bermanfaat!

Seiring berkembangnya zaman maka perkembangan digital marketing akan terus update. Maka sebanding dengan pertumbuhan platform atau media online yang semakin maju. Bahkan startegi marketing pun berubah dan menyesuaikan dengan perkembangan. Jika kita sebagai pelaku bisnis tidka melek digitalisasi maka akan ketinggalan.

Untuk sebab itulah wajib bagi para pemula maupun pelaku bisnis yang sudah lama untuk terus belajar dan cerdas dalam melihat perkembangan teknologi apa yang sedang berkembang.

Leave a Comment