UMKM Bangkit Dengan Digitalisasi, Begini Cara Manfaatkan Marketplace

Kini saatnya para pelaku UMKM untuk melek digital. Memanfaatkan marketplace sebagai media promosi untuk meningkatkan penjualan adalah solusi di tengah situasi ekonomi yang sedang tidak baik.

Performa platform digital terus meningkat beberapa tahun terakhir. Prospek penggunaan media digital bisa membuat keuntungan peluang usaha juga ikut naik.

Namun sayangnya hanya beberapa persen saja para UMKM yang melek digital dan bisa memanfaatkanya. Sehingga tak sedikit UMKM mengalami penurunan penjualan terutama di masa pandemi.

Lalu di mana masalahnya? Masalahnya terletak pada pemasaran yang kurang efektif dan tidak memanfaatkan digitalisasi dengan baik.

Pemerintah kini terus mendorong dan membantu para UMKM dari segi modal, hingga menyediakan stan pameran maupun pelatihan digitalisasi. Harapanya para pelaku UMKM bisa bangkit di tengah pandemi. Memaksimalkan penggunaan sosial media sebagai pemasaran salah satu program yang kini terus dicanangkan pemerintah.

Pelaku UMKM kini harus terus didorong agar bisa masuk dalam ranah digital. Sebab di masa pandemi ini perilaku masyarakat berubah dan mengutamakan social distancing. Sehingga lebih memilih mengindari kontak fisik ketika melakukan pemesanan. Jadi kalau mau usaha tetap bersaing para pelaku UMKM mau tidak mau harus mengikuti era digital dengan menggunakan media online.

Platform Marketplace

Marketplace adalah salah satu platform digital marketing yang digunakan para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya agar dikenal lebih luas. Lebih tepatnya tempat berkumpulnya para UMKM diseluruh Indonesia. Media ini sebagai perantara antara penjual dengan pembeli di media online.

Sistemnya marketplace ini bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi online. Dianggap efektif dan aman karena transaksi melalui pihak ketiga. Marketplace ini berfungsi menyediakan tempat berjualan yang difasilitasi pembayaran. Bisa juga disebut sebagai departemen store online. Kabar baiknya untuk bisa bergabung dan jualan di marketplace kamu tidak perlu membayar alias gratis.

Nah beberapa platform marketplace ini sangat mendukung UMKM lokal agar terus bangkit. Sekaligus fokus untuk membantu perekonomian pulih kembali ditengah pandemi. Berbagai cara yang dilakukan marketplace agar para UMKM terus berjalan. Berikut ini marketplace yang bisa dijadikan sebagai lapak untuk jualan para UMKM.

Buka Lapak

Banyak UMKM yang terkena dampak selama pandemi berlangsung. Bahkan sudah hampir setahun UMKM Indonesia terpuruk dan mengalami penurunan penjualan. Kini sudah sepantasnya untuk mulai bisa beradaptasi. Memanfaatkan marketplace adalah sebuah solusi terbaik. Salah satu platform marketplace yang mendukung dan membantu UMKM adalah bukalapak.

Bukalapak adalah sebuah platform yang dijadikan sebagai rumah bagi para pelaku UMKM. Dengan platform ini para UMKM bisa menawarkan dagangannya. Bahkan daya saingnya sama dengan produk luar negeri. Sejumlah program dijalankan Bukalapak untuk mendapatkan akses terhadap modal, optimasi teknologi, dan memanfaatkan insfratuktur.

Berbagai inovasi dilakukan untuk mendukung penuh UMKM dengan mencanangkan, free super seller terendah, kontes pelapak indonesia, digitaslisasi warung, warung naik kelas dan lain sebagainya. Dengan kemudahan fitur tersebut akan membantu meningkatkan penjualan. Begini cara daftar bukalapak:

Cara Daftar Bukalapak

  1. Pertama buka halaman buka lapak https://www.bukalapak.com/ setelah itu daftarkan diri kamu.
  2. Kedua pastikan jika kamu memiliki email untuk registrasi pendaftaran bukalapak.
  3. Kemudian klik kolom daftar pada bagian kanan atas utama. Kemudian kamu akan dibawa ke halaman baru
  4. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap, atau kamu juga bisa mendaftar dengan akun facebook atau google. Maka kamu akan terdaftar otomatis.
  5. Masukkan nomor telepon yang aktif dan email yang benar. Jika nantinya sudah benar maka akan diverifikasi dari nomor maupun email.
  6. Pilih nama toko yang unik, menarik dan mudah diingat.
  7. Selanjutnya ketikkan password , buat yang mudah namun tidak mudah ditebak. Biasanya dianjurkan mengguankan perpaduan huruf, angka dan simbol.
  8. Kemudian baca syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika kamu setuju maka klik “setuju”
  9. Klik daftar pada kolom submit, lalu tunggu konfirmasi dari email. Lalu buka email kamu dan klik link yang dikirimkan untuk konfirmasi.
  10. Akun bukalapak siap digunakan. lalu jangan lupa lengkapi profil toko kamu.
  11. Saatnya memulai berjualan dan mengunggah foto produk asli.

Shopee

This image has an empty alt attribute; its file name is BISNIS-UKM-56-720x432.jpg

Marketplace shopee ini mendukung program pemerintah dalam membantu para pelaku UMKM dalam bertumbuh. Sehingga hingga kini setidaknya dilapak tersebut didominasi oleh UMKM mikro, kecil dan menengah. Nah begini cara mendaftar menjadi member shopee :

Cara Daftar Shopee

  1. Instal aplikasi Shopee kemudian buka aplikasi tersebut.
  2. Lalu klik tombol registrasi, Setelah itu masukkan nomor handpone yang masih aktif.
  3. Jika sudah maka akan ada sms masuk sebagai verifikasi ke handpone. Jika sebelumnya sudah pernah mendaftar dengan nomor yang sama maka verifikasi akan berjalan otomatis.
  4. Masukkan nama akun shopee, bisa nama kamu atau nama usahamu yang mudah diingat.
  5. Tambahkan password yang mudah diingat dna tidak mudah ditebak.
  6. Kemudian tekan daftar maka secara otomatis akun akan aktif dan sudah bisa digunakan.

Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu marketplace yang hadir sejak tahun 2009 silam. Termasuk platform untuk jualan yang namanya sudah besar dan terpercaya oleh UMKM lokal. Tokopedia ini juga turut mendukung program pemerintah yang mengeberkan digitalisasi bagi para UMKM. Dukungan yang terus digencarkan agar para pelaku UMKM beralih ke digitalisasi dalam proses penjualan. Dengan begitu perlahan UMKM bisa bangkit ditengah pandemi.

Disamping itu kehadiran marketplace sebagai platform untuk jualan membantu agar UMKM dapat berkompetisi dengan pusat perbelanjaan modern. Mampu menjadi penggerak perekonomian daerah. Produk lokal dapat bersaing dengan produk luar negeri. Begini cara mendaftarkan diri berjualan di Tokopedia :

Cara Daftar Tokopedia

  1. Buka aplikasi tokopedia tokopedia.com, lalu ketik buka toko dalam kolom pencarian.
  2. Lalu klik buka toko gratis, kemudian kamu akan diarahkan ke halaman buka toko. Klik buka toko gratis.
  3. Ketikkan nama tokomu, pastikan sebelumnya kamu sudah menyiapkan nama toko karena nama toko tidak bisa diubah.
  4. Isi nama toko , domain toko. Nah domain ini nanti akan berfungsi sebagai link toko kamu di tokopedia.
  5. Isi survey singkat agar tokopedia bisa memberikan pengalaman terbaik dan memberikan dukungan.
  6. Masukkan alamat toko yang lengkap. Lalu klik simpan, maka tokomu sudah jadi.
  7. Toko kamu sudah siap digunakan, selanjutnya kamu bisa upload gambar produk yang akan kamu jual beserta deskripsi lengkap.

Strategi Marketing Marketplace

Memilih Judul Menarik Sesuai Keyword

Cara meningkatkan penjualan di marketplace adalah dengan memilih judul menarik sesuai keyword. Pastikan jika judul produk menggunakan nama yang menarik dan mencolok.

Pertama analisa kata kunci atau keyword yang paling banyak dicari dimesin pencarian. Pada umumnya pelanggan akan mencari produk pada kolom apa yang mereka butuhkan. Nah pada kolom inilah calon pembeli atau pelanggan memasukkan kata kunci. Dan muncullah banyak produk sesuai yang dicari.

Memilih Gambar Yang Jelas

Ketika mengupload gambar produk gunakan kualitas yang paling baik untuk membuat pelanggan dan calon pelanggan tertarik. Gambar dengan kualitas terbaik dan tidak pecah akan menarik dilihat.

Seperti yang kuta ketahui bersama orang – orang akan berhenti scroll ketika meliat gambar yang bagus dengan kualitas gambar yang baik pula. Maka pastikan jika gambar produk yang kamu miliki kualitasnya bagus.

Deskripsi Produk Detail

Deskripsi keadaan produk wajib disampaikan untuk menjaga kepercayaan pelanggan atau calon pelanggan. Tentunya mereka sangat membutuhkannya karena sebelum membeli suatu produk sudah pasti mereka akan detail mencari deskripsi produk seperti apa.

Maka agar pelanggan tidak merasa tertipu dengan barang yang kamu jual maka pastikan mengisi detail produk. Selain itu hal ini diantisipasi agar para pelanggan dan calon pelanggan tidak banyak bertanya karena informasi sudah tertera.

Usahakan Selalu Fast Respon

Penting haknya untuk menjawab pertanyaan pelanggan dan calon pelanggan dengan segera ketika mereka menanyakan ketersediaan barang ataupun yang lainnya. Jika kamu slowrest maka yang terjadi mereka akan beralih ke seller lainnya.

Apabila ada pertanyaan masuk sesegera mungkin untuk selalu menjawab. Berikan pelayanan yang terbaik dengan selalu sabar, teliti dan ramah dalam melayani. Jangan lupa pula untuk membubuhkan hastag untuk memudahkan pencarian terhadap produk yang kamu jual.

Menggunakan Fitur Promo

Menggunakan fitur promo menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan. Beberapa fitur promo yang selama ini dinilai cukup ampuh dan pastinya gratis. Namun ada beberapa fitur yang dikenakan biaya dari banyaknya jumlah produk yang diklik oleh para pelanggan dan calon pelanggan.

Review Positif Konsumen

Pentingnya review positif dari konsumen ini demi kelangsungan bisnismu mengingat review positif ini mampu meningkatkan kepercayaan calon pembeli lain.

Selain itu dengan adanya review positif maka akan meningkatkan repeat order pula. Pelanggan yang merasa puas dengan kualitas dan harga produk yang kamu jual maka berkemungkinan akan order kembali.

Tentukan Harga Normal

Seperti yang kita ketahui jika di marketplace lokal sudah pasti banyak kompetitor baik pedagang besar maupun produsen, bahkan tak sedikit pula dropshiper. 

Banyaknya produsen maka sudah pasti jika persaingan harga tidak mungkin terelakkan. Pastikan jika harga yang kamu awarkan tidak lebih mahal dari para kompetitor. Namun jika kamu penjual baru yang memiliki sedikit modal tentu dengan membanting harga akan membuatmu rugi.

Untuk lebih amannya maka carilah solusi paling aman dan ditengah. Jangan terlalu mahal jangan juga terlalu murah, cukup kamu jual sepeti harga dipasaran. Kecuali jika kamu mampu mendapatkan supplier yang lebih murah mugkin kamu bisa memainkan harga.

Sekian pembahasan kita tentang bagaimana marketplace memabnatu meningkatkan penjualan. Jika ada yang mau kalian tanyakan tentang marketplace bisa diskusi dikolom komentar.

Leave a Comment