Ini Dia Makanan Malaysia Paling Terkenal dan Harus Kamu Coba

Makanan Malaysia adalah perpaduan antara etnis Melayu, Cina, India dan juga beberapa etnis lainnya. Keberagaman kelompok etnis tersebut menjadikan kuliner di Malaysia memiliki gaya kuliner yang berbeda. Selain beberapa etnis tersebut makanan Malaysia dipengaruhi etnis Thailand dan Arab. Meskipun tidak secara keseluruhan masakan khasnya. Dari beberapa makanan Malaysia ini yang terkenal sedikitnya ada belasan makanan yang harus kamu ketahui. Berikut ini ada beberapa makanan Malaysia yang wajib kamu ketahui.

Makanan Malaysia Paling Terkenal

Nasi Daun Pisang

Makanan ini sebenarnya makanan yang berasal dari India. Namun meski begitu makanan ini kini menjadi makanan khas yang wajib di coba ketika berkunjung kesana. Nah uniknya dari makanan ini adalah cara penyajiannya. Pastinya nasi daun pisang ini sudah dengan mudah dapat ditebak jika dihidangkan dengan daun pisang. Cara menikmati makanan ini adalah dengan merentangkan daun pisang dibawahnya dan kemudian baru di hidangkan semua lauk pauk di diatasnya. Kemudian tak lupa ditambahkan bumbu kari untuk menambah cita rasa yang khas. Nah bumbu kari ini yang merupakan ciri khas dari makanan India.

Nasi Kerabu

Nasi yang satu ini adalah salah satu kuliner yang wajib di coba saat pergi ke negeri Jiran Malaysia ini. Makanan ini cukup unik karena memiliki warna kebiruan. Tentu dengan keunikan bentuk dan warna tersebut banyak pada wisatawan yang penasaran dan tertarik untuk mencoba.

Warna biru ini berasal dari kelopak bunga yang diambil sarinya kemudian digunakan sebagai pewarna alami. Makanan ini dihidangkan dengan beberapa lauk pendamping seperti ikan kering, ayam goreng, telur asin, kerupuk ayam bakar dan sayuran.

Ayam Percik

Makanan Malaysia yang satu ini kuliner dengan bahan dasar ayam yang diolah dengan beragam jenis rempah. Ada 2 jenis ayam percik yang dibedakan berdasar tempatnya, yakni kelantan dan trengganu. Ayam percik kelantan menggunakan saus dan bumbu dari campuran santan dan rempah. Sedangkan ayam percik trengganu dibuat dengan bumbu cabai sehingga cita rasa yang dihasilkan lebih pedas dan menggoda.

Makanan ini merupakan kuliner Malaysia yang cukup unik. Cara pengolahannya pun ayam cukup direndam dalam bumbu dan dipanggang hingga hangus. Pada saat dipanggang ayam ini diberi bumbu tambahan dan diberikan dengan cara di percikkan. Ketika sudah selesai dipanggang ayam di balur dengan saus sehingga aroma dan cita rasa tetap terjaga dan meresap hingga kedalam.

Kolo Mee

Mie ayam adalah salah satu makanan dari Indonesia yang dapat dengan mudah kita jumpai. Ternyata di Malaysia juga ada mie yang mirip dengan mie ayam. Makanan ini adalah makanan di zaman kerajaan Cina pada masa lalu. Sama seperti di Indonesia mie ini juga di hidangkan dengan daging ayam atau daging sapi dengan taburan daun bawang.

Ayam Laksa Penang

Singapura memang memiliki laksa khas Singapura. Namun Malaysia pun juga memiliki hidangan yang hampir sama dengan laksa Singapura. Namanya adalah laksa Penang.

Makanan ini bahan utamanya adalah mie putih atau bihun yang disiram dengan kuah kental pedas. Kemudian ditambahkan dengan aneka topping seperti ikan makarel, selada, nanas, timun dan cabai.

Asam laksa penang ini adalah kombinasi dari masakan China dan juga Melayu. Makanan ini memiliki rasa pedas yang tentunya sangat lezat. Sensasi pedas dalam laksa ini menggoda siapapun yang melihat untuk mencicipinya.

Palak Panner

Makanan yang satu ini juga merupakan makanan India. Uniknya makanan ini memiliki kuah berwarna hijau. Dan tahukah kamu warna hijau ini berasal dari apa?

Nah kuah hijau ini berasal dari bayam segar. Selain itu kuahnya ditambahkan dengan keju kambing. Mungkin bagi sebagian orang merasa jika makanan ini cukup aneh namun ketika kamu sudah mencicipinya pasti akan merasakan kenikmatan dan ketagihan.

Kek Lapis Serawak

Hampir mirip lagi dengan kuliner di Indonesia, Malaysia ini juga memiliki kue lapis. Di negara tersebut kue lapis ini bernama kek lapis serawak. Bisanya kue ini disajikan ketika ada perayaan keagamaan. Uniknya kue lapis ini sangat menarik untuk dicicipi pasalnya bentuknya yang lucu dan penuh dengan warna menjadikan kue yang satu ini menarik untuk dicicipi.

Ayam Pongteh

Makanan yang satu ini biasanya bisa kamu temukan di Singapura dan Malaysia. Nah kalau orang Indonesia pasti sudah tidak asing dengan tampilannya yang mirip dengan semur ayam. Ayam pongteh ini dihidangkan dengan potongan kentang dan jamur shintake.

Dengan beberapa bahan tambahan tersebut tentu menjadikan hidangan ini semakin menambah menarik dan menyenangkan. Cita rasa yang di hadirkan dari makanan ini memiliki cita rasa yang khas dari kuahnya yang menggunakan tauco.

Char Kway Teow

Makanan khas Malaysia ini mirip dengan kuliner asal Indonesia. Hampir mirip dengan kwetiau di Indonesia. Char Kway Teow ini adalah mie yang di goreng di wajan bersama beberapa sayuran seperti tauge dan bahan pelengkap lainnya telur, udang, kerang, daun kucai, sosis, bakso ikan.

Bahkan bumbu yang digunakan juga hampir mirip dengan kwetiau yang mana bawang putih, kecap manis, kecap ikan dan sambal. Biasanya pun ditambahkan dengan daging kepiting. Benar-benar menggoda karena kandungan gizi dalam satu porsi lemaknya cukup tinggi.

Nah itu tadi adalah beberapa makanan Malaysia yang paling terkenal dengan kelezatannya. Semoga dapat membantu memberikan referensi dan ide bisnis buat yang sedang cari ide bisnis.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba