11 Makanan Singapura Ini Bisa Jadi Ide Bisnis Kuliner Buat Kamu

Makanan Singapura merupakan salah satu kuliner yang tidak bisa dilewatkan buat para pecinta kuliner. Makanan dari Singapura ini memiliki indikasi beragamnya jenis budaya di Malaysia. Hal ini karena kuliner di sana sangat dipengaruhi oleh Melayu asli. Keberagaman tersebut yang menjadikan makanan Singapura memiliki banyak rasa. Ada yang manis, gurih, pedas, dan ada pula yang rasanya rame.

Memang ketika berkunjung ke suatu daerah akan kurang lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Tak terkecuali ke Singapura, akan lebih asik ketika menjajal kuliner yang ada disana. Selain bisa untuk wisata kuliner menyantap makanan khas suatu daerah, menikmati makanan khas juga bisa menjadi salah satu referensi untuk mencari ide bisnis kuliner. Nah dibawah ini ada beberapa jenis makanan dari Singapura yang direkomendasikan untuk dipilih.

Makanan Singapura Yang Rekomended Buat Dijadiin Ide Bisnis

Makanan yang tak kalah enak dan lezat di negara Asia salah satunya adalah kuliner Singapura. Rasa makanan Singapura ini masih cukup bisa diterima oleh lidah orang Indonesia karena masih termasuk negara di Asia. Bahkan beberapa makanan dari sana dipengaruhi oleh beberapa daerah Melayu.

Laksa Padang

Makanan yang satu ini mirip dengan makanan khas Sumatera Utara. Terinspirasi dari makanan Tionghoa, laksa khas Singapura ini memadukan isian mie, kerang, udang, tahu, perkedel ikan, kacang yang dicampur dengan kuah santan warna merah. Selain itu juga ada beberapa tambahan sayuran di dalamnya, dan disajikan dengan perasan jeruk untuk menambah kesegaran.

Rasa dalam semangkuk laksa Singapura ini sangat menarik. Degan kuah kaldu laksa memberikan rasa yang pas dan perpaduan yang cocok antara santan dengan rempah. Sup mie khas Singapura ini dijamin bakalan memuaskan selera makan.

Chili Crab

Makanan yang satu ini adalah salah satu makanan khas Singapura yang jadi favorit. Makanan ini dimakan bersama dengan roti mantou. Bahan dari makanan ini adalah kepiting lumpur yang dimasak bersama dengan tomat kental, telur dan saus cabai. Rasanya sangat khas pedas namun memberikan sensasi kenikmatan tersendiri.

Fried Carrot Cake

Makanan Singapura kali ini adalah roti yang terbuat dari wortel. Bahan utamanya adalah lobak putih, yang mana memiliki 2 varian. Fried carrot cake hitam dengan saus hitam caramel. Kemudian yang satunya adalah fried carrot cake putih dengan telur yang digoreng garing hingga warnanya berubah coklat kekuningan.

Kaya Toast

Selain beberapa makanan berat Singapura juga memiliki makanan ringan roti. Kaya toast adalah roti bakar atau panggang yang diisi dengan irisan mentega dingin dan olesan kaya. Selai tradisional dari kelapa dan telur yang dipadukan dengan roti sangat melimpah. Cara menarik untuk menikmati kaya toast ini adalah dengan secangkir teh atau kopi. Biasa juga dipadukan dengan telur rebus setengah matang dan diberi kecap dan taburan lada putih.

Nasi Ayam Hainan

Tidak hanya di China saja yang memiliki nasi Hainan, ternyata di Singapura juga ada nasi ayam hainan. Memang nasi hainan ini ada beberapa versi di beberapa negara. Salah satunya adalah di Singapura ini, meski sama-sama nasi hainan namun Singapura memiliki ciri khas sendiri. Di negara ini nasi hainan disajikan bersama daging ayam yang dipotong kecil, dengan perpaduan nasi wangi, sambal pedas dan pasta jahe.

Kari Kepala Ikan

Buat kamu para pecinta makanan India pasti bakalan suka dengan makanan yang satu ini. Singapura juga punya makanan khas yang mirip dengan India, yakni kari kepala ikan.

Bahan makanan yang satu ini adalah kepala ikan kakap merah. Dengan tambahan sayuran di dalamnya menambah kesegaran. Kemudian dimasak dengan kuah kari merah pedas. Seperti di Indonesia makanan ini disajikan dengan nasi. Namun uniknya bisa dimakan dengan menggunakan pendamping roti.

Hokkien Prawn Mee

Makanan khas Singapura yang wajib kamu cobain adalah hokkien prawn mee. Bahan dasarnya adalah mie kuning dan bihun putih. Kemudian dicelupkan dalam kaldu, direbus bersama dengan seafood dan digoreng kering dengan sedikit kuah. Bumbu rempah ini berupa bawang putih dan telur, udang, cumi, tauge, dan kecap asin. Biasanya dinikmati bersama dengan tambahan sambal dan limau.

Rojak Singapura

Tak hanya di Indonesia yang memiliki rujak. Di Singapura pun memiliki rujak. Campuran buah dan sayur perpaduan yang sangat cocok. Antara timun, nanas, lobak, tauge, kangkung, mangga, jambu air, tahu panggang dan stik adonan gorengan. Kemudian di siram dalam dengan saus hitam dari terasi fermentasi, jeruk nipis, gula dan sambal. Dengan taburan kacang cincang dan bunga jahe wangi untuk sensasi pedas.

Popiah

Merupakan makanan Singapura yang mirip dengan makanan di Indonesia yakni lumpia. Makanan ini adalah salah satu makanan favorit di Singapura. Berisikan aneka sayuran seperti buncis, tauge, wortel, daging cincang dsb. Jajanan ini cukup populer di negara asalnya. Biasanya dihidangkan dengan saus.

Roti Prata

Salah satu makanan yang sangat hits di Singapura adalah roti prata. Roti ini memiliki tekstur bersisik yang digoreng dengan banyak varian yakni saus kari pedas, keju, pisang, coklat dan jamur. Mirip dengan roti di India yang berbentuk pipih. Roti ini berbahan dasar tepung dan lemak atau minyak. Kemudian di sajikan dengan kuah pedas kari dsb.

Nasi Lemak

Hampir mirip dengan nasi uduk yang ada di Indonesia. Nasi yang satu ini dimasak dengan daun pandan dan santan. Maka dihasilkan rasa yang sangat khas yakni gurih. Biasanya disajikan dengan ayam, teri goreng, kacang tanah, telur, sambal dan timun sebagai penyegarnya.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba