Inspirasi Bisnis

Intip Peluang Usaha Mie Kering Khas Makassar, Hadirkan DiKotamu!

intip-peluang-usaha-mie-kering-khas-makassar-hadirkan-dikotamu

Peluang usaha mie kering khas Makassar yang satu ini prospeknya cerah dan masih sangat terbuka luas lho. Mengapa begitu? karena mie ini banyak sekali penggemarnya dan pada dasarnya hanya bisa ditemui di Makassar. Itulah sebabnya jika kamu pandai kamu akan melihat peluang yang bagus ini untuk dijadikan bisnis yang menarik tentunya. Karena tidak banyak yang mengetahui makanan yang satu ini pastinya pesainganya lebih sedikit dan mudah untuk mengembangkannya.

Bagi sebagian masyarakat mungkin banyak yang tidak mengetahui makanan yang satu ini, bahkan mungkin baru mendengar kali ini. Kuliner mie kering khas Makassar ini merupakan sajian baru yang terbilang cukup unik karena disajikan berbeda dibandingkan mie kuah pada biasanya. Makanan ini merupakan sajian mie kering yang digoreng dengan minyak panas dan disajikan dengan dicampur kuah kental maizena dengan rempah dan daging berserta sayur. Emm, menarik sekali ya, tentu membayangkanya sudah nikmat sekali.

Dizaman yang semakin berkembang kini kehadiran mie kuah mulai tumbuh beragam dan macamnya. Berbagai jenis mie mulai dari kering, goreng, basah ataupun kuah menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Siapa sih yang tidak suka mie? masyarakat Indonesia ini tentunya sangat menyukai makanan berbahan dasar gandum tersebut. Maka tidak heran lagi jika pengusaha mie selalu ramai pembeli. Bagaimana mulai tertarik dengan bisnis yang satu ini? Simak dulu resep pembuatanya berikut ini.

Tertarik Peluang Usaha Mie Kering Khas Makassar? Ini Dia Resep Pembuatan Mie Kering

Bahan-bahan :

  • Mie Telur 400 gram
  • Telur ayam 1 buah
  • Tepung maizena 2 sdm
  • Bawang bombay
  • Daun bawang 2 batang
  • Daun seledri 2 batang
  • Sawi 100 gram
  • Ayam filet 200 gram
  • Udang 100 gram
  • Bakso 5 buah
  • Minyak goreng
  • Air matang 2 lt
  • Bawang putih secukupnya
  • Merica 1/2 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Paprika bubuk 3/4 sdt
  • Jeruk nipis 1 biji
  • Bawang merah goreng secukupnya
  • Saus cabai secukupnya

Proses Pembuatan Mie  :

  1. Pertama-tama siapkan panci dan seduh mie diatas wadah sampai mendidih, setelah mie sudah masak tiriskan
  2. Langkah selanjutnya dengan menggoreng mie tersebut dengan minyak panas hingga kering. Setelah itu angkat dan tiriskan.

Proses Pembuatan Kuah Mie :

  1. Pertama, siapkan air dan masukkan dalam panci didihkan
  2. Disisi lain cuci bersih ayam filet dan masukkan dalam rebusan air yang telah mendidih.
  3. Setelah ayam matang, angkat dan potong-potong daging ayam dalam bentuk dadu. Sementara kuah kaldu disimpan dan digunakan untuk menjadi kuah nantinya.
  4. Kemudian tumis bumbu bawang putih, paprika bubuk, merica, garam dan bawang bombay hingga harum dan masukkan udang hingga warna berubah kemerahan dan kemudian tambahkan potongan ayam.
  5. Selanjutnya tambahkan kuah kaldu dan masukkan potongan bakso, sawi, daun bawang dan seledri kemudian masak hingga mendidih.
  6. Masak hingga layu dan kemudian tambahkan tepung maizena dan aduk-aduk hingga meletup-letup dan kuah mengental.
  7. Kuah siap dihidangkan
  8. Siapkan mie yang telah digoreng dalam sebuah mangkuk dan kemudian guyur dengan kuah kental berisi potongan daging dan sayur tersebut. Berikan taburan bawang merah, saus cabai dan potongan jeruk nipis.
  9. Mie kering siap dihidangkan.

Hmm mudah sekali bukan cara membuatnya? Kamu bisa mencobanya dirumah dengan bahan-bahan yang mudah sekali ditemukan disupermarket tentunya. Jangan sia-siakan jika kamu sudah berhasil mencobanya jangan lupa untuk mengembangkannya pula untuk dijadikan peluang bisnis.

intip-peluang-usaha-mie-kering-khas-makassar-hadirkan-dikotamu

Analisa Peluang Usaha Mie Kering Khas Makassar

Kekuatan (Strenght)

Kekuatan dari bisnis mie kering khas Makassar ini tentunya, bisnis ini bebas untuk ditekuni oleh siapa saja, proses pembuatan makanan yang mudah, bahan baku yang mudah untuk didapatkan, harga bahan baku yang masih terjangkau, banyaknya penggemar makanan mie dan belum banyaknya pelaku usaha yang menekuni kuliner yang satu ini menjadikan peluangnya besar dan masih terbuka luas.

Kelemahan (Weakness)

Berbisnis makanan paling besar resiko terbesarnya pada bahan bakunya. Apabila bahan baku tidak habis maka lama kelamaan akan busuk dan pada akhirnya akan membuang banyak bahan makanan.

Peluang  (Opportunity)

Banyaknya penikmat makanan mie menjadikan makanan ini pastinya juga tidak akan kalah dalam persaingan bisnis. Apalagi sajiannya yang unik dan berbeda dengan mie kuah lainya menjadi daya tarik tersendiri akan mie kering ini.

Ancaman (Treath)

Berbisnis makanan tentunya tidak akan terhindar dari berbagai macam ancaman. Salah satu ancaman bisnis ini adalah masalah cita rasa. Mie kering khas makasssar ini tentunya sudah memiliki cita rasa yang khas. Nah pastikan bahwa kamu harus bisa untuk mempertahankan cita rasa khasnya dengan tetap menyesuaikan dengan lidah masyarakat daerahmu.

Tertarik Peluang Usaha Mie Kering Khas Makassar? Siapkan Hal Berikut

Persiapan Awal Usaha

Memulai sebuah usaha tentunya harus menyiapkan berbagai hal. Salah satunya dengan mempersiapkan berbagai rancangan secara terperinci seperti,

  • Target pasar makanan kuliner ini tentunya sangat luas karena meliputi anak-anak, remaja hingga orang tua.
  • Strategi promosi yang dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan memilih pemasaran secara online dengan promosi melalui media sosial. Sedangkan secara offline kamu bisa memasarkannya melalui media mulut ke mulut ataupun menyebarkan brosur atau pamflet.
  • Memilih lokasi usaha yang strategis menjadi salah satu penunjang keberhasilan suatu usaha. Meski marketing bagus namun apabila pemilihan lokasi kurang tepat juga akan mempengaruhi penggunjung. Maka pilih tempat yang mudah diakses, medan yang mudah,  mudah diingat, ramai dan berada dekat dengan jalan, lokasi sekitar bersih dan tidak kumuh.
  • Pemilihan lahan yang luas menjadi salah satu nilai lebih. Untuk meminimalisir kelebihan penggunjung dan banyaknya antrian maka usahakan untuk menyediakan lahan yang luas dan meja kursi yang banyak. Menyediakan  tempat parkir untuk kenyamanan pelanggan.

Rincian Modal

Menyiapkan rincian modal usaha yang dibutuhkan, modal yang dikeluarkan secara berkala, keuntungan setiap bulan dan menghitung kebutuhan pengeluaran setiap bulannya.

Strategi Pemasaran

Agar terus dapat berkambang dan dapat memenangkan persaingan maka teruslah untuk menyusun strategi pemasaran. Memikirkan strategi apa yang akan digunakan untuk mengembangkan usaha tersebut.

  • Hadirkan produk yang berkualitas dan inovatif. Mencari tahu siapa pesaing bisnismu yang menjajakan makanan yang sama.
  • Kemasan yang digunakan untuk wadah mie harus lebih menarik dan berbeda dengan pesaing lainnya.
  • Berikan promo kupon diskon untuk menarik para pelanggan.
  • Memanfaatkan media sosial sebaik mungkin dengan menawarkan pada semua akun instagram, facebook, whatsapp, line ataupun youtube.
  • Bergabung dengan layanan gofood agar jangkuannya semakin luas dan dikenal masyarakat.
  • Selalu mengambil kesempatan apabila ada yang menawarkan menjadi sponsor maka terima kesempatan tersebut.

Pelayanan Terbaik

Salah satu yang akan membuat nyaman para konsumen dan membuat mereka menjadi pelangggan setia dengan pelayanan yang baik dan benar. Layani pelanggan dengan ramah, sopan dan cepat. Selain itu upayakan untuk mendengarkan kritik dan saran untuk meningkatkan pelayanan. Dengan begitu usahamun pasti akan semakin berkembang dan tumbuh semakin baik dengan adanya perbaikan dalam melayani konsumen.

 

 

Sumber Gambar : https://www.wajibbaca.com/2019/04/cara-membuat-mie-titi-simple.html, https://www.grab.com/id/food-blog/kriuk-mie-keringnya-bikin-nagih-ini-4-hal-tentang-mie-titi-yang-bikin-ngiler/