Peluang Bisnis

Tertarik Jadi Pengusaha Sukses? Cobain Bisnis Kolam Pemancingan Ikan

tertarik-jadi-pengusaha-sukses-cobain-bisnis-kolam-pemancingan-ikan

Bisnis kolam pemancingan bisa kamu cobain lho buat kamu yang tertarik menjadi pengusaha sukses. Bisnis yang satu ini dianggap cukup menjanjikan. Sebenarnya apapun yang dikerjakan, bila ditekuni dengan baik dan benar serta bisa melihat peluang bisnis, tentu akan menuai hasil yang besar. Setidaknya, begitulah kiat bisnis yang dilakoni jika ingin jadi pengusaha sukses.

Misalnya saja jika ingin menjadi pengusaha sukses bisnis kolam pemancingan ikan. Maka anda harus mengetahui pasar yang akan dituju. Sekarang ini Bisnis kolam pemancingan ikan telah menjadi tren bagi semua kalangan, bukan saja untuk para penghoby memancing, tapi sekarang telah merambat untuk semua orang.

Kenapa seperti itu? Iya karena memancing dikolam siapa saja bisa melakukannya.  Dengan memancing di kolam pemancingan, setiap orang akan dapat dengan mudah memancing ikan tanpa trik dan keahlian khusus, karena biasanya para pemilik kolam akan menyediakan ikannya dalam keadaan lapar sehingga mudah untuk dipancing. Jadi semua orang bisa memancing dengan tidak harus bersusah payah dan kepanasan untuk mendapatkan ikan.

Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Cobain Bisnis Kolam Pemancingan Ikan

1. Peluang Bisnis

Jika kita bisa melihat peluang bisnis, bisnis kolam pemancingan bisa menjadi bisnis yang menggiurkan dan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan. Selain karena memancing siapa saja bisa melakukannya, tentunya yang memiliki hobi memancing pun lumayan cukup banyak.

2. Prospek

Bisnis ini dianggap prospeknya sangat cerah dan terbuka luas untuk siapa pun yang ingin terjun mengelola. Hal ini dikarena bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang tidak akan mati ditelan perkembangan zaman. Ini dibuktikan sejak zaman dahulu bisnis ini sampai sekarang tak pernah sepi penggunjung. Semakin banyaknya.

3. Memulai Bisnis

Lantas apa yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis ini? Memulai bisnis ini tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Diantaranya adalah menyiapkan lahan untuk membuat kolam pemancingan, menyiapkan berbagai bibit ikan, kolam tambahan membuat sarana prasarana dan menyiapkan fasilitas alat pancing dan lain-lain.

4. Pengolahan Bisnis

Pengelolaan bisnis kolam pemancingan ini relatif cukup mudah dan persaingannya tidak terlalu ramai. Kolam pemancingan banyak sekali penggemarnya mulai dari penggemar mancing, keluarga yang butuh rekreasi, anak-anak muda, orang yang senang hobi memancing dan banyak lagi kalangan lain yang meminatinya.

5. Pelaku Bisnis

Siapa yang menjadi pelaku bisnis ini? Tentunya semua orang bisa melakukanya. Siapapun bisa untuk menekuni bisnis yang satu ini. Ini dikarenakan mudahnya menjalani dan mengolah bisnis kolam pemancingan ikan. Asalkan ada modal usaha apapun bisa dilakukan.

6. Pelanggan

Tak perlu diragukan lagi pelanggan akan bisnis yang satu ini lumayan cukup banyak. Banyaknya yang menyukai hobi memancing ini menjadikan usaha yang satu ini banyak penggemarnya. Bahkan bukan hanya yang menyukai hobi memancing saja. Biasanya mereka sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga untuk memancing dan kemudian ikan yang diperoleh dimasak dan disantap dilokasi langsung.

7. Pemilihan Lokasi

Memilih lokasi yang strategis yang mudah untuk diakses oleh kendaraan dan mudah untuk dicari menjadi keunggulan tersendiri. Siapkan lahan yang luas untuk membuat kolam utama dan kolam tamabahan. Jika kamu tidak memiliki cukup lahan maka kamu bisa bekerjasama dengan pemilik lahan dengan sistem sewa.

8. Inovasi Yang Kreatif

Jika biasanya para pebisnis kolam pemancingan ini hanya menyediakan kolam pemancingan dan tidak menyediakan fasilitas lainnya. Tidak ada salahnya jikalau kamu lebih kreatif untuk meningkatkan penjualan. Seperti apa caranya? Sediakan fasilitas rumah makan yang mengolah ikan dari hasil pancingan. Tentunya dengan adanya inovasi ini menjadi daya tarik dan nilai tambah tersendiri pada bisnismu. Pelanggan yang datang pun tentunya menjadi cukup banyak karena tidak hanya meliputi pemuda ataupun bapak-bapak. Namun dengan adanya fasilitas tersebut tentunya akan menarik minat para keluarga untuk menikmati ikan segar dari hasil pancingan langsung.

9. Strategi Promosi

Mengenalkan tempat bisnis baru memanglah tidak mudah. Pastinya pada awal-awal akan sedikit kesulitan. Namun bersabarlah dan tekun dalam memulai bisnis tersebut. Teruslah belajar dan terus belajar, salah satunya dengan terus meningkatkan sistem promosi. Jika pada awal mulanya kamu mencoba dengan menyebarkan brosur ataupun memasang pamflet. Sekarang ini kamu bisa mencoba pemasarannya melalui media sosial dengan terus gencar melakukan promosi. Kamu bisa merambah berbagai medsos seperti iklan di facebook, instagaram, melakukan penwaran di whatsapp, line atau juga bisa melakukan promosi di youtube. Untuk menarik perhatian pelanggan kamu bisa memberikan promo besar-besaran dengan memberikan diskon potongan harga atau voucher.

10. Tarif Biaya Pemancingan

Tarif pembayaran di kolam pemancingan dihitung dari berat ikan yang diperoleh saat memancing. Misal: Tombro per kilogram Rp 23.000, Nila Rp 21.000 dan Lele Rp 16.000 per kilogram.

11. Hambatan Yang Dihadapi

Tidak ada bisnis yang terbebas dari hambatan dan tantangan. Semua pebisnis pasti pernah mengalami kesulitan-kesulitan dalam menjalankannya. Tinggal bagaimana kamu menghadapi dan kreatif dalam menghadapi segala masalah yang menjadi hambatan tersebut. Resiko yang akan kamu hadapi ketika menekuni bisnis yang satu ini adalah terkendala masalah musim yang menjadikan ikan mudah terserang penyakit dan mati maka tidak ada salahnya memberikan fasilitas rumah makan untuk membuat pelanggan tetap datang untuk meski pemancingan sedang sepi, masa dimana akan sepi pengunjung dan banyaknya pesaing untuk itu perlu adanya inovasi dan mengadakan strategi promosi secara berkala.

Kiat Sukses Bisnis Kolam Pemancingan

Untuk kiat sukses berbisnis kolam pemancingan ikan maka yang harus disiapkan adalah kita harus memliki tempat usaha yang cukup luas. Bisa dengan  bekerjasama dengan pemilik lahan dan menerapkan sistem sewa. Kalau bisa lokasi mudah dijangkau dan berada di tempat strategis untuk memudahkan konsumen melihat dan mendatangi tempat kita.

Bisa saja kamu membeli kolam jadi ataupun kalau tidak kita bisa membuat kolam terlebih dahulu. Setelah ada beberapa kolam maka kita bisa mengisi bibit ikan antara lain ikan mas, bawal, gurame, patin ataupun nila.

Jika kita ingin cepat memulai maka masukkan saja ikan yang besar sehingga dapat menarik minat konsumen. Untuk kelangsungan usaha maka kita memerlukan karyawan antara lain untuk penjaga dan bila kita menyatukan usaha tersebut dengan rumah makan maka tentunya kita perlu koki dan pelayan. Karena tidak mungkin kita menjalankan dan mengerjakan bisnis itu sendiri tanpa bantuan orang lain.

Sebelum Memulai Bisnis Kolam Pemancingan Berikut Ada Tipsnya

Sebelum kamu memulai bisnis alangkah lebih baiknya kamu memperhatikan dulu persiapan apa saja yang kamu butuhkan dan apa saja yang perlu kamu persiapkan.

  1. Menyiapkan lokasi yang strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat, menyiapkan lahan yang luas untuk sarana dan prasarana kolam pemacingan, memilih lokasi yang cukup ramai dan mudah untuk diingat, penataan sarana dan prasarana harus sesuai dan benar agar pengunjung merasa nyaman dan betah.
  2. Membuat kolam pemancingan harus diawali dengan membersihkan lahan, menyiapkan beberapa kolam utama dan tambahan untuk proses pembibitan hingga pemisahan ikan.
  3. Menyediakan fasilitas dan alat-alat pemancingan.
  4. Melakukan pembersihan kolam secara berkala agar ikan sehat dan air selalu bersih dan tidak bau. Menjaga kelembaban suhu air
  5. Rutin melakukan pengontrolan terhadap bibit ikan dan air. Pemberian pakan dan juga pembasmian penyakit, jamur dan hama yang dapat membuat ikan terserang oleh berbagai penyakit.
  6. Menyiapkan biaya insvestasi setiap bulan, rincian biayanya, analisa keuntungan dan lain-lain.

Semoga hal tersebut dapat membantu kamu dalam mempersiapkan bisnis yang satu ini. Semoga sukses!

Sumber Gambar: https://www.pegipegi.com/travel/7-pantai-menawan-buat-mancing-seru-saat-liburan-di-bali/