Bisnis Bumbu Dapur, Cabai Bubuk Untungnya Pedes Gila!

Pedasnya Peluang Bisnis Cabai Bubuk di Nusantara! Berani Coba?Bisnis bumbu dapur? Hmm nampaknya cukup menarik sekali ya ! Sering kali kita menemui cabai yang terlalu lama disimpan namun berakhir hanya dibuang karena mengalami pembusukan. Nah dari pada busuk karena tidak laku terjual, ada alternatif bahwa cabai dikeringkan dan dubah menjadi cabai bubuk. Jangan salah, peluang bisnis bumbu dapur yang satu ini untungnya juga cukup menggiurkan. Pemasaran bubuk cabai memang sangat pesat dengan permintaan yang tinggi, mulai dari pesanan rumah – rumah, pasar, warung makan dan restoran. Para pengusaha kuliner menjadi salah satu target pasar yang cukup cerdas. Alasan tersebut sangat didukung karena semakin banyaknya para pengusaha kuliner yang kian hari kian bertambah banyak.

Mengingat sampai sekarang ini harga cabai belum bisa konstan, pada saat panen berlimpah harga cabai turun dan pada saat hasil panen sedikit harga cabai naik, karena beberapa faktor yang mempengaruhi hasil panen cabai seperti, musim, hama, dan lain lain. Hal ini menyebabkan kurangnya minat pembeli pada saat harga cabai naik. Di sisi lain ada alternative bagi pecinta pedas ketika cabai sedang mahal yaitu cabai bubuk, tentu harga cabai bubuk lebih murah dibandingkan dengan cabai basah.

Mau Bisnis Bumbu Dapur? Yuk Intip Resep Pembuatanya

Anda tertarik untuk menekuni bisnis bumbu dapur ini? Jangan lewarkan bagaimana cara mengolah cabai ini menjadi cabai bubuk. Berikut adalah bahan-bahan dan proses pembuatannya.

Bahan – bahan : 

  • Cabai Basah
  • Garam

Proses Pembuatan Cabai Bubuk : 

Proses pembuatan cabai dengan metode pemanggangan dengan menggunakan oven, berikut caranya  :

  1. Pilih cabai yang akan digunakan untuk pembuatan cabai bubuk. Pilih cabai sesuai selera anda, pastikan cabai yang akan anda gunakan untuk pembuatan cabai bubuk dalam keaadan segar.
  1. Perkirakan berapa banyak cabai bubuk yang akan kalian buat.
  2. Buang tangkai cabai, dan potong cabai – cabai tersebut secara horizontal. Jangan buang biji cabai.
  3. Posisikan cabai di loyang kue yang tidak diminyaki jangan sampai bersentuhan ataupun jarak terlalu dekat dengan cabai lain, supaya pengeringan bisa benar – benar maksimal.
  4. Masukkan loyang yang sudah berisi cabai – cabai tersebut ke dalam oven, panggang dengan suhu panas maksimal 75° Lakukan pemanggangan selama 6 jam.
  5. Setelah cabai – cabai keluar dari oven, masukkan cabai – cabai yang sudah kering tadi ke dalam mesin penghacur atau blender, tambahkan garam sedikit supaya ada perpaduan rasa. Untuk penghancuran sesuai dengan selera masing – masing, waktu penghancuran lebih lama akan menghasilkan bubuk yang halus.
  6. Langkah terakhir, masukkan cabai bubuk ke wadah. Tutup rapat – rapat supaya cabai bubuk bisa lebih awet.

Kunci supaya cabai bubuk bisa awet terletak pada wadah atau kemasan, jika anda mempunyai masalah tentang kemasan silakan cek dikemas.com.

Pertumbuhan jamur di cabai bubuk ada 2 kemungkinan yang pertama karena proses pembuatan cabai bubuk kurang maksimal, yang kedua karena kemasan yang tidak sempurna, sehingga angin bisa masuk ke dalam kemasan.

Analisa Usaha Berbisnis Bumbu Dapur

1. Memulai Bisnis Bumbu Dapur

Memulai usaha yang satu ini tidaklah terlalu sulit. Proses pembuatan bubuk cabai ini cukup mudah. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah untuk ditemukan dipasaran. Bahkan modal usaha yang dibutuhkan relatif cukup terjangkau. Harga bahan baku yang digunakan juga terjangkau menjadikan usaha ini mudah untuk ditekuni. Dengan berbagai mcam kemudahan tersebut menjadikan kemudahan dalam menjalankan bisnis ini meskipun dijalankan dengan skala kecil.

2. Prospek Bisnis Bumbu Dapur

Bisnis bumbu dapur ini salah satu usaha yang memiliki prospek cerah karena dinilai dapat memberikan keuntungan yang lumayan cukup besar. Ide bisnis ini merupakan pilihan yang cemerlang. Mengapa begitu? cabai merupakan bumbu dapur yang terus saja tidak pernah sepi penikmat. Permintaan yang terus meningkat dari tahun ketahun menjadikanya usaha tersebut tidak pernah ada matinya. Meskipun zaman telah berkembang namun kenyataanya usaha bumbu dapur cabai ini tidak pernah tergeser.

3. Peluang Bisnis Bumbu Dapur

Peluang usaha bumbu dapur ini dinilai cukup bagus dan memiliki prospek yang cukup cerah. Usaha bumbu dapur yang satu ini menjadi pilihan karena cabai merupakan bahan terpenting yang wajib ada pada makanan. Banyaknya permintaan masyarkat akan bahan dapur yang satu ini menjadikan peluangnya cukup luas.

4. Konsumen Bisnis Bumbu Dapur

Sensasi bubuk cabai ini mampu memikat banyak para masyarakat kita. Sehingga untuk mencari konsumen bumbu dapur ini tidaklah sulit. Bahkan yang lebih hebatnya lagi pangsa pasarnya sangat luas karena dapat menembus dari kalangan ibu rumah tangga dengan skala kecil sampai kalangan bisnis skala besar.

5. Pelaku Bisnis Bumbu Dapur

Usaha bumbu dapur ini sangat mudah untuk dijalankan siapa saja dan kapan saja. Usaha ini dinilai menjanjikan karena bahan dapur cabai ini sangat dibutuhkan untuk campuran makanan. Meskipun pelaku usaha bumbu dapur ini cukup banyak namun kenyataanya tetap saja dapat bersaing dengan pelaku usaha lainnya. Dengan berbagai kemudahan dalam menjalankan bisnis tersebut namun mampou memberikan keuntungan yang menjanjikan tentu hal tersebut membuat prospeknya sangat cemerlang.

6. Bahan Baku Bisnis Bumbu Dapur

Untuk membuat bumbu dapur bubuk cabai ini sangatlah mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti cabai, garam atau tambahan bumbu lainnya sangat mudah untuk didapatkan dipasaran dengan harga yang terjangkau. Sehingga menjadikan kemudahan tersendiri dalam mengolah bumbu dapur ini.

7. Peralatan Bisnis Bumbu Dapur

Dalam menjalankan bisnis yang satu ini banyak kemudahan yang bisa diperoleh salah satunya dengan berbagai banyak kemudahan. Seperti menggunakan peralatan yang tidak terlalu banyak dan rumit. Hanya perlu menyiapkan oven, loyang, wadah baskom dan blender tentunya tidak menyulitkan karena tentunya alat-alat tersebut sudah tersedia di dapur kita.

8. Strategi Promosi Bisnis Bumbu Dapur

Untuk memasarkan atau melakukan promosi produk bumbu dapur ini untuk mengenalkan kepada konsumen tentunya bukan hal yang sulit. Pangsa pasarnya yang luas dan peminatnya yang banyak memudahkan anda dalam mempromosikannya. Anda dapat memulainya dengan 2 cara yaitu secara offline dengan menitipkan pada toko-toko atau warung-warung terdekat, menawarkannya pada ibu rumah tangga, warung makan, restoran. Sedangkan secara online anda bisa menawarkan dan memasarkan melalui instagram, whatsapp, youtube, facebook atau sosial media lainnya.

9. Kekurangan Bisnis Bumbu Dapur

Dalam menekuni suatu usaha tentunya akan ada hambatan, kekurangan serta resiko masing-masing. Kekurangan dalam berbisnis bumbu dapur ini adalah dengan banyaknya pesaing para pelaku usaha bubuk cabai ini menjadikan tantangan tersendiri bagi anda. Maka hal yang harus anda lakukan adalah dengan memberikan inovasi baru dan buat keunggulan produk anda dari pada produk lainnya agar anda menang dengan persaingan tersebut. Carapaling mudah dengan menawarkan keunggulan cita rasa yang berbeda dan unik serta memberikan keunggulan dari segi kemasan dengan membuat kemasan terlihat lebih menarik untuk menyempurnakan dan mempercantik tampilan bubuk cabai anda.

10. Kelebihan Bisnis Bumbu Dapur

Tentunya banyak kemudahan dan kelebihan dari bisnis bumbu dapur bubuk cabai ini. Selain bahan baku, peralatan yang digunakan cukup mudah ditemui, modal usaha yang dibutuhkan juga sangat terjangkau. Seiring dengan permintaan pasar yang terus meningkat menjadikan usaha ini tentunya sangat menjanjikan dan mmeiliki prospek dan peluang yang sangat cerah kedepannya.

Demikian tadi beberapa analisa usaha bumbu masak ini. Semoga membantu anda untuk memberikan gambaran dan inspirasi anda untuk menekuni usaha yang satu ini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Good Luck !

 

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba