Jadah Tempe, Potensi Bisnis Wisata Kaliurang

Jadah Tempe KaliurangKaliurang adalah salah satu ikon tempat wisata yang terletak di utara Kota Yogyakarta tepatnya di lereng Gunung Merapi dengan hawa yang sejuk pegunungan dan pemandangan yang cantik membuatnya banyak di kunjungi wisatawan.

Tempat wisata Kaliurang ini menyuguhkan panorama alam yang cukup indah lengkap dengan udara yang cukup sejuk. Berbagai pilihan wisata di kawasan Kaliurang ini pun cukup lengkap, mulai dari wisata alam, wisata petualangan, wisata bencana hingga wisata sejarah dan edukasi.

Selain menyuguhkan berbagai pilihan wisata, tahukah Anda jika tempat ini juga memiliki satu makanan khas yang menjadi icon dari tempat wisata Kaliurang ini? Makanan khas itu biasa disebut dengan Jadah Tempe oleh masyarakat sekitar Kaliurang.

Makanan khas tersebut sangat terkenal di Yogyakarta dan hanya ada di sekitar tempat wisata Kaliurang. Jadah tempe ini memiliki bentuk yang sederhana karena hanya berupa olahan dari beras ketan yang penyajiannya dilengkapi dengan tahu atau tempe yang dimasak dengan cara dibacem.

Meskipun makanan khas ini tampak cukup sederhana, namun Jadah Tempe ini mempunyai rasa yang nikmat dan khas sehingga membuat orang yang pernah mencicipinya ketagihan untuk mencobanya lagi.

Disamping cita rasanya yang nikmat, jadah tempe juga mempunyai sejarah perjalanan yang sangat panjang khususnya untuk penjual Jadah Tempe yang sangat terkenal di Kaliurang yaitu Jadah Tempe Mbah Carik yang kios jadahnya tak begitu jauh dari kawasan wisata Kaliurang.

Berdasarkan latar belakang dari sejarahnya, pada awal mulanya Jadah Tempe sama sekali bukan makanan yang terkenal seperti sekarang ini. Jadah Tempe ini diperkenalkan pertama kali oleh Mbah Carik atau yang memiliki nama asli Sastro Dinomo sekitar tahun 1950-an tepatnya di desa Kaliurang. Jadah Tempe menjadi terkenal ketika Sri Sultan Hamengkubuwono IX mencoba untuk mencicipinya dan tanpa disangka-sangka Beliau sangat menyukai makanan tersebut.

Tidak hanya itu saja, bahkan Sri Sultan Hamengkubuwono IX sering mengutus pengawalnya untuk membeli Jadah Tempe ke desa Kaliurang. Sejak saat itu hingga sekarang inilah Jadah Tempe menjadi salah satu makanan khas Kota Yogyakarta yang sangat terkenal khususnya di tempat wisata Kaliurang. Harga untuk menikmati Jadah Tempe itupun tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Wisatawan hanya membutuhkan antara Rp 10.000,00 hingga Rp 20.000,00 sudah bisa menikmati kelezatannya.

Karena itulah jadah tempe, potensi bisnis wisata kaliurang di bidang kuliner yang sangat menjanjikan dan peluang bisnisnya pun juga masih terbuka lebar. Terlebih lagi, pada saat liburan sekolah atau Lebaran oleh-oleh khas Kaliurang ini akan banyak diburu oleh wisatawan. Hal ini membuat penjualan Jadah Tempe menjadi meningkat tajam hingga 50 persen. Jika Anda tinggal di sekitar Kaliurang dan tertarik dengan potensi bisnis ini, maka tidak ada salahnya jika Anda mencobanya. Salam sukses!

Sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/-s7gE4xhCtjk/T3a2rIiiASI/AAAAAAAAAZ8/Phxzsrgce34/s1600/DSC_0299aa.jpg

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba