Mau Berbisnis Kuliner Khas Daerah? Perhatikan Strategi Memulai Bisnis

Mau Berbisnis Kuliner Khas Daerah? Perhatikan Strategi Memulai Bisnis

Buat yang mau berbisnis kuliner khas daerah, penting banget sebelum memulainya agar memperhatikan beberapa strategi memulai bisnis. Segala jenis bisnis tentu membutuhkan sebuah strategi. Sebab pentingnya sebuah strategi bertujuan agar bisnis yang dijalankan tidak salah sasaran dan tidak salah dalam menentukan arah tujuan bisnis.

Tak terkecuali dengan bisnis kuliner khas daerah. Peluang bisnis kuliner khas daerah memang menjanjikan keuntungan yang cukup lumayan. Bisnis kuliner tentunya menjadi banyak pilihan para pelaku usaha karena menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan kesuksesan. Tentu kesuksesan yang diraih dari berbisnis kuliner tidak terlepas dari berbagai startegi memulai bisnis.

Ini sebabnya sebelum menjalankan bisnis kuliner ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Termasuk mempersiapkan berbagai startegi untuk memasarkan dan strategi untuk menghadapi sebuah kendala-kendala yang mungkin dihadapi.

Alasan Berbisnis Kuliner Khas Daerah

Bisnis kuliner khas daerah merupakan salah satu contoh peluang bisnis yang sangat menjanjikan keuntungan besar bagi pelaku bisnisnya. Ciri khas dari aneka macam masakan daerah yang unik membuat para pelanggan mencari keberadaan makanan khas daerah tersebut walaupun lokasinya cukup jauh.

Contoh makanan khas daerah yang banyak kita jumpai dan paling populer di Indonesia tentunya seperti masakan padang dengan rumah makan Amperanya, gudeg dari Jogja, bika ambon dari Medan, bakpia Semarang dan makanan khas daerah lainnya.

Keaneragaman Kuliner Nusantara

Keanekaragaman nusantara membuat semakin banyak jenis makanan khas daerah yang bisa kita jumpai. Disinilah letak kekuatan yang sangat besar bagi peluang bisnis makanan khas daerah.

Selain itu, peluang bisnis kuliner khas daerah bisnis sampingan maupun bisnis utama sangatlah besar mengingat makanan adalah kebutuhan pokok untuk hidup bagi setiap umat manusia sehingga mereka akan menjadi konsumen atau pelanggan tetap dalam bisnis makanan ini. Dengan begitu bisnis makanan khas daerah ini juga memiliki peluang untuk bisa berkembang dan sukses.

Faktor lain mengapa bisnis makanan khas daerah menjadi pilihan tepat untuk dijadikan sebagai bisnis sampingan adalah masyarakat mempunyai animo yang sangat besar untuk mencicipi berbagai macam kuliner dari daerah lainnya. Hal inilah yang harus dimanfaatkan oleh para pemula maupun pelaku bisnis yaitu melirik peluang bisnis sampingan kuliner khas daerah.

Makanan Ringan Menjadi Salah Satu Pilihan

Jika Anda berkunjung ke suatu tempat, maka yang tidak bisa Anda lupakan adalah membeli oleh-oleh khas dari tempat yang Anda kunjungi tersebut. Melihat kondisi yang seperti ini maka Anda bisa memanfaatkannya dengan berinisiatif membuka bisnis makanan khas daerah sebagai oleh-oleh.

Akan tetapi, kualitas produk yang Anda jual harus tahan lama karena oleh-oleh tersebut akan dibawa konsumen dalam perjalanan jauh. Dengan demikian, makanan ringan khas daerah juga bisa menjadi salah satu pilihan yang cukup baik untuk dijadikan sebagai bisnis sampingan Anda karena memiliki peluang bisnis yang lumayan besar.

Strategi Memulai Bisnis Kuliner Khas Daerah

Sebelum memulai suatu bisnis perhatikan beberapa strategi terlebih dahulu. Berikut ini adalah tips sukses bagaimana memulai bisnis kuliner khas daerah :

1. Menentukan lokasi yang tepat

Hal pertama sebelum memulai bisnis yang perlu untuk dipertimbangkan adalah pemilihan lokasi yang tepat dimana kuliner khas daerah yang akan kamu jual bisa menarik konsumen dalam jumlah yang besar. Pilihlah lokasi yang terdapat banyak komunitas atau orang-orang asli dari daerah asal yang makanan khasnya kamu jual. Dari situ juga akan ada kemungkinan mereka mengajak orang lain dari daerah asal yang berbeda untuk mencicipi makanan khas daerah mereka.

2. Membuat nama brand khas daerah

Kuliner khas daerah identik dengan ciri khas daerah tersebut. Untuk itu penting sekali untuk membuat brand yang khas sesuai dengan ciri daerah. Hal ini bertujuan agar bisnis kuliner yang dijalankan memiliki identitas yang nantinya akan membantu mengembangkan usaha. Semakin nama brand kamu populer maka kesempatan dalam meraih kesuksesan akan semakin terbuka luas.

Untuk membuat nama brand bisnismu pastikan untuk menyisipkan nama ciri khas daerah kuliner tersebut berasal. Misalnya, Pecel Pincuk Khas Madiun, Nasi Gandul Asli pati, Sate Thican Bogor dan lain sebagainya.

3. Memiliki cita rasa khas daerah

Memilih menekuni bisnis kuliner khas daerah maka hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah cita rasa yang khas. Jangan sampai brand yang dipromosikan khas suatu daerah namun rasa yang ditawarkan sangat jauh dari cita rasa daerah asalnya. Tentu akan mengecewakan pelanggan jika tidak adanya kesesuaian rasa.

Strategi yang bisa kamu lakukan sebelum memulai bisnis kuliner khas daerah dengan mempelajari resepnya. Pelajari proses pembuatannya sampai mendetail dan menemukan rasa yang pas dan sesuai.

4. Pelayanan terbaik

Salah satu strategi yang harus kamu perhatikan adalah pelayanan. Pelayanan yang ramah menjadi salah satu keunggulan suatu tempat kuliner. Pelayanan yang  benar dan tepat tentu akan membuat pelanggan merasa nyaman dan dihargai. Dengan begitu pelanggan tidak akan sungkan untuk kembali lagi.

Maka penting sekali dalam memberikan pelayanan prima atau pelayanan terbaik. Pernahkan kamu melihat pelayanan yang begitu baik dan sempurna dibeberapa restoran atau tempat makan khas disuatu daerah? Nah bukankah dengan pelayanan ramah yang mereka berikan mendapatkan respon positif dari pelanggan?

5. Pentingnya kebersihan lokasi bisnis

Point penting yang diperhatikan dalam menjalankan bisnis kuliner adalah kebersihan. Menjaga kebersihan lokasi usaha menjadi hal yang sangat penting. Tentu tidak mau bukan jika lokasi usaha kulinermu kotor ataupun bau? Pastinya akan menurunkan minat pelanggan dan membuat pelanggan enggan untuk mampir. Kebersihan lokasi bisnis tidak bisa disepelekan, maka pastikan bukan hanya lokasi bisnis namun juga lingkungan sekitar lokasi bersih dan jauh dari penampungan sampah dan lingkungan kumuh.

6. Membuat konsep kuliner yang unik

Persaingan yang semakin ketat menuntut para pengusaha kuliner untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan bisnisnya. Meskipun bisnis kuliner khas daerah memiliki cita rasa khas daerahnya tidak ada salahnya jika kamu memberikan sentuhan rasa unik didalamnya untuk membuat ciri khas.

Bukan hanya menu kuliner yang dimodifikasi, namun modifikasi juga dari berbagai segi. Seperti cara pemsaran yang kreatif, makanan yang unik dan kemasan yang tentunya lebih menarik. Tak perlu khawatir bagaimana membuat kemasan menjadi lebih menarik. Dikemas.com menyediakan berbagai jenis kemasan dengan desain unik dan menarik untuk menyempurnakan kemasanmu.

Demikian adalah sedikit ulasan mengenai strategi memulai bisnis yang bisa kamu terapkan untuk menjalankan bisnis kuliner khas daerah. Semoga informasi bisnis diatas dapat memberikan manfaat besar bagi para pembaca dan pemula bisnis.

Simak juga beberapa strategi pemasaran untuk pemua dan inspirasi bisnis dari para pengusaha sukses berikut ini. Sedikitnya ada 50 lebih pegusaha cafe, restoran, rumah makan, tips dan trik membangun bisnis dari nol. Untuk mengetahui lebih lengkapnya Anda bisa mengunjungi video dari bisniskuliner.id atau bisa KLIK DISINI.

 

Salam sukses!

 

 

Sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/-ba8qc8W21fc/UnvpX4w6zuI/AAAAAAAAACA/HfIaQc5BZv8/s1600/Sate.jpg

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba