Jadi Pengusaha Sukses atau Selamanya Jadi Karyawan? Tentukan Sekarang!

Jadi Pengusaha Sukses atau Selamanya Jadi Karyawan Tentukan Sekarang!Berprofesi sebagai seorang entrepreneur atau jadi pengusaha sukses memang butuh proses yang tidaklah instan, bisa jadi waktunya cukup panjang. Banyak hal-hal baru yang bisa jadi tidak diduga sebelumnya, yang muncul ketika kita terjun langsung kedalam dunia bisnis.

Orang bilang bisnis itu ya Untung, ya Rugi. Bisnis itu penuh resiko, kalau kita nggak pintar, jangan berbisnis, bisa-bisa bukan “Untung” tetapi malah “Buntung”. Hal inilah yang membuat sebagian besar orang pada akhirnya tidak berani mengambil resiko, untuk meraih kesuksesannya dengan berbisnis.

Apalagi jika melihat pola pikir masyarakat di Indonesia yang sampai saat ini masih sangat terpaku dengan mimpi mereka menjadi seorang karyawan di perusahaan bonafit, atau menjadi pegawai negeri sipil (PNS) yang bisa memberikan jaminan kecukupan di hari tua.

Apakah mimpimu  juga hanya sebatas jadi karyawan?

Teramat sayang jika mimpi besar kamu hanya menjadi seorang karyawan, ada pepatah mengatakan “ Gantungkan cita-citamu setinggi langit” bukan gantungkan cita-citamu setinggi eternit. Biasakan tidak membatasi pola pikirmu dengan cita-cita kecil (setinggi eternit) sebagai karyawan saja, namun ubah mindset kamu dari sekarang untuk memiliki mimpi besar (setinggi langit) dengan menjadi pengusaha sukses.

Lalu, bagaimana caranya mengubah mindset karyawan jadi pengusaha sukses? Tentu ini bukan pekerjaan mudah, karena pola pikir kita sejak dulu sudah dibentuk untuk menjadi seorang karyawan. Orang tua mana yang tidak bangga bila anak-anaknya bekerja di perusahaan bonafit, atau di instansi pemerintahan, sehingga secara otomatis pola pikir kita mulai terbentuk untuk menjadi seorang pegawai.

Padahal dalam memulai usaha dibutuhkan dua faktor penting, yang pertama skill dan yang kedua adalah mindset ilustrasi mindset entrepreneurentrepreneur. Dari faktor itulah, mengapa adanya mindset entrepreneur sangatlah penting dalam menjalankan bisnis. Sebab dengan mindset entrepreneur, seseorang akan termotivasi untuk selalu produktif dan melakukan inovasi-inovasi baru untuk menciptakan peluang usaha yang menguntungkan.

Cara mudah untuk membentuk mindset entrepreneur bisa dilakukan dengan beberapa tahapan berikut.

Pertama, lihatlah potensi diri kamu. Buat daftar potensi yang kamu punya, kemudian kembangkan semua potensi yang ada, untuk menciptakan inovasi baru.

Kedua, belajarlah dari kisah para pengusaha sukses yang sudah berhasil mengembangkan bisnisnya dari nol. Dengan begitu kamu akan terinspirasi dan termotivasi untuk mengikuti jejak kesuksesan mereka dalam menjalankan bisnis.

Ketiga, ikuti pelatihan, seminar atau sharing bisnis yang bisa membantu kamu mengetahui segala kelebihan dan kekurangan sumber daya, yang bisa kamu jadikan sebagai prospek bisnis. Bila perlu, lakukan kunjungan langsung untuk melihat proses operasional sebuah usaha. Dan yang paling utama dari ketiga langkah tersebut adalah Anda harus tetap “Action!”, karena tanpa action, maka mimpimu untuk jadi pengusaha sukses tentu tidaklah akan menjadi sebuah kenyataan.

Semoga sedikit tips bisnis ini bisa membantu kamu untuk mengubah pola pikir dari mimpi kecil, menjadi mindset entreprenenur dengan mimpi yang besar. Sebab, dengan skill yang mendukung dan pola pikir yang kuat, kamupun bisa jadi pengusaha sukses. Yakinkan dirimu untuk berani mengambil resiko, dan cobalah untuk memanfaatkan segala peluang usaha di sekitarmu.

Selamat mencoba dan salam sukses.

21 Komentar

  1. artikel ini sangat bagus saya sudah lakukan denga beberapa saran seperti artikel ini ,dan saya sudah action jadi pengusha furniture joint dengan teman .tapi ujung ujungnya bangkrut modal tak kembali ,amblaaass ,saya harus bagaimana lagi supaya bisa usaha lagi ,dan sekarang saya jadi karyawan lagi di perusahaan furniture,

    • Selamat sore Bapak Feri, terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk membantu Bapak bangkit dari kebangkrutan yang pernah Pak Feri alami, kami persilahkan untuk membuka link video praktisi yang juga pernah mengalami kegagalan seperti yang pak Feri alami, KLIK DISINI. Semoga bisa menginspirasi, salam sukses!

  2. sy emang lgi bingung mau buka usaha gak punya modal skiil juga gak punya yang ada barangkali hanya mindset itupun skrang mulai perlahan pudar utk itu sy butuh saran

  3. MAKASIH SEBELUMNYA,,DENGAN MEMBACA ARTIKEL INI SAYA BISA BERFIKIRLEBIH BESAR LAGI,,PERTAMA KITA BEKERJA/KUNJUNGAN KE USAHA TERTENTU,,NANTI KALO UDAH BISA MANDIRI DAN TAU CARANYA,,MAU BUKA USAHA SENDIRI DENGAN PRODUK HAMPIR SAMA TAPI BRAND BERBEDA,,JUGA DI BARENGI DENGAN INOVASI,,BIAR LEBIH BAIK DARI USAHA YANG KITA KUNJUNGI,,ISTILAHNYA ATM(AMATI,TIRU,MODIVIKASI)GITU SALAM SUKSESS

  4. memang benar kita harus merubah mindset, tetapi patner bisnis jga ngk kalah pnting dalam mengembangkan usaha.
    bagaimana mengembankan usaha klu kita dari orang biasa yg tidak mempunyai patner bisnis??

  5. aku pengen jd pengusaha bakso…. tapi aku tidak bisa membuat bakso….aku harus belajar dan berdo’a… makasi ya…

  6. Sy mhn tny, dmn bs bljr business online secara tatap muka yg lsng dpt dipraktekkan, mhn petunjuk, trims

  7. Menurut sy, Modal bs menggunakan minimal 3 dari hal hal berikut:1,kekuatan iman dan kesehatan 2.ketrampilan khusus 3.minat dan keuletan berusaha 4.keuangan 5.rendah hati dan memiliki kepribadian yg baik, demikian moga2 berguna, salam kenal

  8. tlong sy ksih motivasi tentang khidupan agar bs smangat……
    bgmn cr mengetahui diri sendiri

  9. Memang susah juga merubah mindset. Tp banyak juga pengusaha yang sukses karena kepepet tidak bisa jadi karyawan..

Comments are closed.