Inspirasi Bisnis

Jajanan Tradisional Ini Sudah Eksis Sejak Zaman Majapahit!

onde-onde-3Siapa yang tak kenal makanan ini?. Makanan berbentuk bola ini bisa ditemua disemua tempat di Indonesia. Onde-onde dikenal sebagai makanan khas dari Majokerto Jawa Timur. Tapi tahukah kamu bahwa makanan ini sebenarnya bukan berasal dari Indonesia? Berikut cerita lengkapnya!.

Onde-Onde sejatinya adalah jajanan lawas yang sudah ada sejak zaman Majapahit. Kue ini sangat terkenal di di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit. Bahkan disana terdapat toko yang khusus menjual onde-onde sejak tahun 1929 sampai sekarang.

Faktanya, meskipun Onde-Onde sudah ada sejak zaman Majapahit, nyatanya Onde-Onde bukan kue asli dari Indonesia. Onde-Onde berasal dari Tiongkok yang dibuat di masa kekuasaan Dinasti Zhou, yaitu sekitar 1045 – 256 SM.

Menurut catatan sejarah, onde-onde ini dibuat untuk disajikan pada para tukang kayu dan tukang batu yang saat itu sedang membangun istana kekaisaran. Kue ini merupakan perlambang dari keselamatan dan kebersamaan. Dan uniknya Kue bertabur biji wijen ini ternyata memiliki banyak nama dan beraneka varian isi.

onde-onde-1Pada masa kekaisaran Dinasti Tang, seorang sastrawan bernama Wang Fanzhi sempat menuliskan bahwa onde-onde merupakan salah satu makanan istimewa di Istana kekaisaran Chang’an dengan sebutan ludeui. Sementara sebagian masyarakat di Tiongkok Utara mengenalnya dengan matuan. Di daerah lain berbeda lagi, ada yang menyebutnya ma yuan dan ada juga yang menamakannya jen dai.

Onde-Onde pertama kali dibawa oleh pedagang Tiongkok ke Nusantara pada tahun 1300 – 1500 M. Dibawa oleh Laksamana Cheng Ho dari Dinasti Ming. Awalnya Onde-Onde hanya berisi pasta gula merah saja dan rasanya manis. Namun di Indonesia sendiri Onde-onde ini kemudian dimodifikasi dengan penambahan kacang hijau sehingga memiliki rasa yang sedikit gurih dan cocok dengan lidah orang Indonesia.

Banyak yang mengatakan bahwa onde-onde adalah salah satu jajanan yang susah untuk dibuat. Siapa bilang? Ini resep mudah membuat onde-onde lezat:

Bahan – bahan:

  • 225 gr Tepung ketan
  • 75 gr Kentang kukus, haluskan
  • 75 gr Gula pasir
  • 1/4 sdt Garam
  • 175 cc Air hangat
  • 100 gr Wijen
  • Air matang untuk celupan secukupnya

Bahan Isi

  • 100 gr Kacang ijo kupas, rendam selama 1 jam dan kukus 25 menit
  • 100 cc Santan
  • 1/8 sdt Garam
  • 50 gr Gula pasir
  • 1/8 sdt Vanili bubuk

onde-onde-2Meskipun termasuk jajanan lawas, namun kenikmatan onde-onde mampu membuatnya bertahan sampai saat ini. Hal ini membuktikan bahwa sampai saat ini, jajanan ini masih banyak digemari masyarakat Indonesia. Kemampuan onde-onde bertahan dari gempuran zaman dan modernisasi, membuat makanan ini bisa menjadi alternative bagi kamu yang sedang mencari ide usaha.

Tentu onde-onde yang kamu tawarkan juga sudah menyesuaikan perkembangan zaman saat ini. Misalnya dengan tidak hanya menggunakan kacang hijau sebagai bahan isian. Kamu bisa memodifikasi menggunakan kacang merah, selau buah, ubi, atau bahkan daging.

Eits jangan lupa, packagingnya juga harus kekinian ya!. Jika diwarung-warung onde-onde hanya dibungkus dengan plastic, kamu harus jauh lebih dari itu. Kamu bisa menggunakan kemasan box eksklusif untuk menyempurnakan produkmu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuanmu!. Salam sukses!.

SHARE YUK!