Jajanan Tradisional Ini Sudah Eksis Sejak Zaman Majapahit!

jajanan-tradisional-ini-sudah-eksis-sejak-zaman-majapahit
http://blog.nuhun.online/berita-resep-inisiatif-sendiri-ondeonde-warnawarni.html

Jajanan tradisional yang sudah terkenal dari zaman dahulu ini tak pernah lekang oleh waktu. Dari tahun ke tahun makanan yang satu ini tetap menjadi kegemaran masyarakat. Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini? Makanan berbentuk bola ini bisa ditemui disemua tempat di Indonesia. Onde-onde dikenal sebagai makanan khas dari Majokerto Jawa Timur. Tapi tahukah kamu bahwa makanan ini sebenarnya bukan berasal dari Indonesia? Yuk, kita simak cerita lengkapnya!

Onde-Onde sejatinya adalah jajanan lawas yang sudah ada sejak zaman Majapahit. Kue ini sangat terkenal di di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit. Bahkan disana terdapat toko yang khusus menjual onde-onde sejak tahun 1929 sampai sekarang.

Faktanya, meskipun onde-onde sudah ada sejak zaman Majapahit, nyatanya onde-onde bukan kue asli dari Indonesia. Onde-Onde berasal dari Tiongkok yang dibuat di masa kekuasaan Dinasti Zhou, yaitu sekitar 1045 – 256 SM.

Menurut catatan sejarah, jajanan tradisional ini dibuat untuk disajikan pada para tukang kayu dan tukang batu yang saat itu sedang membangun istana kekaisaran. Kue ini merupakan perlambang dari keselamatan dan kebersamaan. Uniknya lagi Kue bertabur biji wijen ini ternyata memiliki banyak nama dan beraneka varian isi.

Sejarah Jajanan Tradisonal Onde-Onde

Pada masa kekaisaran Dinasti Tang, seorang sastrawan bernama Wang Fanzhi sempat menuliskan bahwa onde-onde merupakan salah satu makanan istimewa di Istana kekaisaran Chang’an dengan sebutan ludeui. Sementara sebagian masyarakat di Tiongkok Utara mengenalnya dengan matuan. Di daerah lain berbeda lagi, ada yang menyebutnya ma yuan dan ada juga yang menamakannya jen dai.

Onde-onde pertama kali dibawa oleh pedagang Tiongkok ke Nusantara pada tahun 1300 – 1500 M. Dibawa oleh Laksamana Cheng Ho dari Dinasti Ming. Awalnya Onde-onde hanya berisi pasta gula merah saja dan rasanya manis. Namun di Indonesia sendiri Jajanan tradisional onde-onde ini kemudian dimodifikasi dengan penambahan kacang hijau, kacang merah, keju, coklat dan lain-lain sehingga memiliki rasa yang sedikit gurih dan cocok dengan lidah orang Indonesia.

Banyak yang mengatakan bahwa onde-onde adalah salah satu jajanan yang rumit untuk dibuat. Siapa bilang? Jika sudah mengetahui dan memhami cara membuatnya tentunya akan mudah untuk dicoba. Tidak percaya? Ini resep mudah membuat onde-onde lezat:

Resep Pembuatan Jajanan Tradisional Onde-Onde

Bahan Onde-Onde :

  • 500 gr Tepung ketan
  • 75 gr Kentang beras
  • 255 gr Gula pasir
  • 1 sdt Garam
  • 150 ml Air hangat
  • 200 gr Wijen
  • Air matang secukupnya
  • 1 sdt Vanili bubuk
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Isian :

  • 100 gr Kacang hijau kupas
  • 1/8 sdt Garam
  • 50 gr Gula pasir
  • 1/8 sdt Vanili bubuk

Cara Membuat Onde-Onde :

  1. Pertama campurkan beras ketan, tepung beras, gula, garam dan vanili bubuk menjadi satu kemudian tambahkan air dan buat sebuah adonan. Uleni semua adonan hingga kalis
  2. Kedua, ambil adonan secukupnya lalu kemudian pipihkan dan buat cekungan untuk membuat isian.
  3. Kemudian isikan isian onde-onde dalam adonan yang tekah dipipihkan. Tutup dan bulatkan adonan. Pastikan onde-onde berbentuk bulat sempurna.
  4. Setelah onde-onde selesai dibentuk masukkan dalam air hangat. Sementara itu siapkan wijen dalam sebuah wadah piring atau wadah.
  5. Gulingkan onde-onde pada wijen hingga merata
  6. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng onde-onde sampai warna berubah kuning kecoklatan.
  7. Angkat onde-onde setelah matang, dan kemudian tiriskan.

Cara Membuat Isian  :

  1. Pertama-tama rendam kacang hijau cuci bersih dan diamkan dalam rendaman air selama 4-5 jam. Setelah itu tiriskan dan bilas hingga bersih.
  2. Kemudian kedua kukus kacang hijau hingga lunak dan kemudian tumbuk sampai teksturnya halus.
  3. Campur kacang hijau yang sudah dihaluskan tadi bersama gula, garam dan vanili bubuk sampai merata. Jika sudah uleni sampai bahan semua tercampur dengan baik. Kemudian bulatkan kecil-kecil adonan tersebut untuk dijadikan isian onde-onde.

Meskipun termasuk jajanan lawas, namun kenikmatan onde-onde mampu membuatnya bertahan sampai saat ini. Hal ini membuktikan bahwa sampai saat ini, jajanan ini masih banyak digemari masyarakat Indonesia. Kemampuan onde-onde bertahan dari gempuran zaman dan modernisasi, membuat makanan ini bisa menjadi alternative bagi kamu yang sedang mencari ide usaha.

Tentu onde-onde yang kamu tawarkan juga sudah menyesuaikan perkembangan zaman saat ini. Misalnya dengan tidak hanya menggunakan kacang hijau sebagai bahan isian. Kamu bisa memodifikasi menggunakan kacang merah, selai buah, ubi, atau bahkan daging.

Jajanan Tradisional Ini Sudah Eksis Sejak Zaman Majapahit!

Peluang Usaha Jajanan Tradisonal Onde-onde

Peluang usaha jajanan tradisional onde-onde ini dilihat dari berbagai aspek memang cukup prospektif dengan banyaknya respon positif dari masyarakat dari zaman dahulu hingga sekarang. Usaha onde-onde ini mampu menjadi camilan yang tergolong besar penikmatnya. Jajanan tradisonal ini mampu menyuguhkan rasa yang enak,gurih dan nikmat. Maka tidak heran jika peluang usaha ini merupakan ide yang sangat cemerlang karena memiliki potensi yang cukup bagus.

Usaha jajanan tradisional onde-onde ini merupakan salah satu camilan yang tidak mengenal musim maka akan dengan mudah dijalankan kapan saja. Bahan-bahan yang sangat mudah untuk ditemui dan dicari. Modal usaha yang relatif cukup terjangkau. Serta peminatnya yang mengalami pelonjakan dari tahun ke tahun menjadikan jajanan tradisional ini tetap menjadi primadona sampai saat ini.

Jajanan tradisonal ini termasuk camilan yang mudah untuk diproduksi dan sangat mudah untuk dijalankan. Dengan modal yang masih terjangkau namun mampu memberikan keuntungan yang mencenangkan. Menjadikan makanan ini memiliki prospek yang cerah untuk dijalankan. Nah bagaimana setelah mengetahui berbagai macam tentang jajanan tradisonal onde-onde ini, apakah kamu tertarik untuk terjun mencoba usaha camilan yang satu ini? Ada strategi yang bisa kamu terapkan untuk memulai usaha yang satu ini.

Strategi Memulai Usaha Jajanan Tradisional

Ada beberpa hal yang harus kamu tau mengenai cara memulai usaha jajanan tradisional ini salah satunya sebagai berikut :

  • Memberikan inovasi-inovasi baru pada camilan yang satu ini untuk mempertahankan eksistensinya. Kembangkan kreatifitasmu dengan memberikan kreasi warna onde-onde dan isian yang beragam.
  • Memperhatikan lokasi usaha yang strategis untuk kamu jadikan tempat berjualan. Usahakan memilih lokasi dengan akses jalan yang mudah dan dapat dilalui berbagai jenis kendaraan. Sediakan pula tempat parkir untuk kenyamanan pengunjungmu.
  • Gunakan strategi promosi untuk mengenalkan dan menawarkan jajanan tradisional ini kepada masyarakat. Baik secara online maupun secara offline. Promosi secara online ini dinilai sangat jitu untuk menawarkan kuliner untuk itu gunakan instagram, facebook dan whatsapp sebagai media untuk menawarkan jajanan tradisional ini.
  • Memperhatikan kemasan.  Pastikan untuk membuat kemasan yang unik dan menarik yang mampu membantu menarik para konsumen. Packaging  yang kekinian berfungsi untuk menambah kesempurnaan kemasan produkmu! Jika diwarung-warung onde-onde hanya dibungkus dengan plastik kamu harus jauh lebih kratif dari pada itu. Kamu bisa menggunakan kemasan box eksklusif ataupun kemasan menarik lainnya yang unik untuk menyempurnakan produkmu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuanmu!

Salam sukses!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba