Jual Beli Barang Bekas Bisa Jadi Bisnis Online Yang Menguntungkan

Siapa lagi cari ide bisnis online unik yang tidak banyak dijalankan oleh beberapa orang? Hmm, Kalau mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju terutama dalam dunia bisnis, maka apapun berpotensi untuk diperjual belikan dong ya. Tak terkecuali barang – barang bekas yang masih layak dipakai. Kamu ngak melulu menjual barang baru tapi kamu juga bisa menjual barang bekas dengan kualitas yang masih bagus.

Ternyata barang bekas pun masih sangat layak di jual beli loh. Tak semua barang bekas tak layak pakai. Nyatanya masih ada banyak barang bekas yang masih bagus namun beberapa orang banyak menimbun barang kemudian lama tak terpakai akhirnya banyak yang menjualnya barang tersebut.

Potensi Jual Beli Barang Bekas

Ide Bisnis Jual Beli Barang Bekas

Buat kamu yang lagi cari ide bisnis online yang menguntungkan, ada banyak cara untuk memulai sebuah bisnis dengan modal yang relatif kecil. Meski begitu, jangan salah tetap menguntungkan loh. Salah satunya ide menjual barang – barang bekas kamu atau teman, kerabat atau bahkan anak kost dekat rumah yang barang – barangnya sudah tak terpakai namun masih layak untuk dipakai.

Selain untuk mudah didapatkan, barang bekas tersebut tentu harganya cukup terjangkau. Meskipun barang tersebut baru dipakai beberapa bulan jika sudah second maka harganya akan jauh lebih murah. Nah kamu tinggal pintar – intar mencari pemasok dan berburu barang – barang tersebut lewat pasar loak yang ada diberbagai daerah maupun di online.

Tertarik Jualan Online Modal Kecil Ini?

Kemudian kamu bisa menjualnya kembali dengan harga yang cukup wajar. Ditambah dengan kreatifitasmu tak mungkin bisnis ini tak bisa dijalankan. Hanya dengan modal barang-barang bekas anda yang sudah tidak terpakai lagi, ditambah dengan sedikit kreatifitas dalam berkreasi, menjalankan bisnis dengan menjual barang bekas tidak mustahil bisa langsung di jalankan. Yuk kita mulai aja dulu.

Cara Memasarkan

Nah untuk memasarkan barang bekas tersebut kamu bisa memanfatkan teknologi yang ada yakni media sosial. Salah satu sosial media yang bisa kamu gunakan untuk berjualan adalah instagram, facebook, market place dan wa. Saat ini barang bekas cukup populer dan sedang menjamur. Seperti yang kita ketahui beberapa tahun lalu hadirnya situs jual beli online dianggap cara paling mudah untuk bertransaksi di era modern ini.

Meskipun begitu, kamu sebagai penjual juga harus jeli dan memperhatikan langkah yang tepat agar dagangan laku terjual. Untuk lebih jelasnya yuk sekarnag langsung aja kita bahas cara menjual barang bekas disekitar kamu agar tetap diminati oleh para pembeli.

Langkah Memulai Jual Beli Barang Bekas

Menentukan Barang Yang Akan Dijual

Untuk yang pertama dalam bisnis jual beli barang bekas ini adalah menentukan barang yang akan kamu jual terlebih dahulu. Nah tentu untuk memulai bisnis jual beli barang bekas kamu harus fokus pada satu kategori saja. Misal pakaian, alat rumah tangga, acceoris, elektronik, barang antik, furniture dsb. Dengan menentukan jenis barang ini maka akan jelas membantumu menentukan segmen pasar serta strategi pemasaran yang akan digunakan.

Tentukan Harga Yang Wajar

Dikarenakan kamu menjual barang bekas maka kamu jyga harus jujur dna realistis dengan harga yang kamu tawarkan. Tak mungkin kamu menual barang bekas selayaknya barang baru. Namun jika kualitasnya masih bagus kamu masih bisa menentukan harga yang masuk akal namun masih wajar. STandart harga barang bekas memang sudah sewajarnya jika harganya miring. Meskipun barang masih dalam kondisi bagus dan setara dengan baru pun. Harga miring yang kamu berikan adalah harga masuk akal bukan termasuk diskon atau promo.

Cek Kondisi Barang dan Kualitas

Bisnis jual beli barang bekas bukan berarti semua barang bisa kamu jual. Tentu barang yang dijual haruslah yang masih bagus dan kualitasnya juga baik, masih layak dipakai tentunya. Jangan sampai kamu menjual barang dengan kondisi yang sudah tidak layak dan buruk. Teknik penjualan yang baik tentu harus menjual barang dengan kondisi yang masih bagus. Kamu bisa memilih milihnya sejak kamu membei pada pasar loak mana barang yang masih bagus dan layak jual.

Pastikan barang yang kamu jual tidak memiliki cacat, jika memang terpaksa ada cacat cantumkan pada deskripsi barang dan sampaikan langsung pada pembeli. Jika mereka berkenan tentu kamu bisa menjualnya. Pastikan jual dengan harga yang miring ya jika ada kecacatan.

Pastikan Foto Barang Sesuai

Gunakan foto sesuai dengan kondisi real barang yang kamu jual. Hindari mengedit foto terlalu berlebihan yang nantinya mengurangi kualitas foto asli. Jangan lupa untuk jujur mencantumkan kondisi barang ada kecacatan atau tidak. Tentu ini snagat diperlukan untuk menghindari komplen dan ketidakpuasan pelanggan. Untuk menjaga kepercayaan pelanggan cara ini cukup ampuh. Karena banyak pedangang diluar sana yang kurang jujur terhadap barang yang dijualnya akhirnya bisnisnya tidka berjalan lama. Nah apalagi jika kamu menjual barang bekas sudah seharusnya memajang foto dan katakan kondisi realnya pada deskripsi.

Nah itu tadi adalah ide bisnis online jual beli barang bekas. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi pembaca sekalian ya. Salam sukses ^

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba