Kamu Harus Tahu! Jajanan Jadul Uli Ketan Kini Tampil Lebih Kekinian

Jajanan jadul adalah salah satu makanan masa kecil jaman dulu yang mampu mengingatkan kita pada masa lampau. Ada beragam jajanan jadul yang sukses bikin kita rindu, bukan hanya kenangannya tapi juga rasa yang khas pada masa itu. Meski terbilang jajanan yang sederhana namun rasanya sangat membekas dan dulunya sempat trend pada masanya. Jajanan jadul selalu tak pernah kehilangan pamornya meski kini ada banyak jajanan kekinian yang mulai menggeser secara perlahan.

Uli ketan adalah salah satu jajanan jadul yang terbuat dari beras ketan. Jajanan ini berasal dari Betawi, dan disajikan saat proses mengiringi pemotongan kerbau sebagai tradisi menjelang lebaran. Cara membuatnya pun cukup mudah, yakni dengan cara ditanak dan ditumbuk hingga teksturnya kenyal. Bentuknya persegi panjang dan dinikmati dengan berbagai cara. Paling terkenal dimakan bersama tape ketan hitam.

Jajanan Jadul Uli Ketan

Asal Betawi

Jajanan jadul bernama uli ketan ini berasal dari Betawi, dimana makanan ini disajikan saat perayaan hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha. Konon katanya makna dari makanan uli ketan ini adalah kebersamaan dan kesederhanaan yang kental. Nah hampir mirip di Jogja yang punya jajanan sejenis ini yang dinamakan dengan jadah, dan dimakan bersama tempe bacem goreng.

Makanan ini berbahan dasar beras ketan, yang digunakan adalah beras ketan putih. Dimasak dulu hingga tanak dan kemudian ditumbuk. Untuk mendapatkan uli ketan yang enak maka proses penumbukannya juga harus lama dan sampai lembut. Rasanya yang enak juga sangat dipengaruhi teksturnya yang kenyal dan lengket. Nah pastinya penasaran kenapa bisa halus? nah proses agar halus ini melalui tahapan di tumbuk menggunakan alu kayu.

Keunikan Rasa dan Ciri Khas

Uli ketan ini dihidangkan dengan parutan kelapa dan garam. Hingga rasanya sangat gurih dan nikmat, setelah ketan ini selesai ditumbuk dan sudah halus maka selanjutnya meratakan uli ketan dalam wadah dan dipotong dalam bentuk persegi panjang sesuai selera. Nah meski pun jajanan jadul yang satu ini enak dan banyak penggemarnya. Namun sekarang sudah cukup sulit untuk menemukannya. Tidak banyak para penjual yang menjajakan jajanan yang satu ini.

Uli Ketan & Jadah Tempe Jajanan Jadul Yang Mirip

Jajanan jadul uli ketan ini sebenarnya ada juga lho di Jogja. Hampir mirip dengan jajanan jadul tradisional Jogja yang kebanyakan orang mengenalnya dengan nama jadah tempe. Bahan pembuatanya pun hampir sama, bahan yang digunakan juga ketan putih yang dimasak bersama santan kelapa. Rasanya gurih dan teksturnya sangat kenyal. Bedanya jadah ini kalau di Jogja dinikmati bersama tahu atau tempe bacem goreng. Ditambah lagi dengan lalapan cabai hijau yang menambah sensasi nikmat ketika mengigit sepotong jadah.

Jadah tempe dan uli ketan ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang sangat terkenal dan cukup membuat rindu. Ketika menyantapnya rasa otentik dan ciri khasnya bisa dengan mudah kita rasakan membuat kita ketagihan dan merindukan masa kecil. Meski sederhana namun nyatanya jajanan ini mampu mengambil hati para masyarakat.

Uli Ketan Hadir Lebih Kekinian

Jajanan uli ketan adalah salah satu jajanan khas Betawi yang merupakan jajanan sederhana dari ndeso. Rasanya yang khas mampu membuatnya penikmatnya cukup kagum dan selalu merasa rindu ketagihan untuk menyantapnya. Nah tahukah kamu jika uli ketan ini juga bisa dikreasikan menjadi jajanan kekinian? Jika aslinya disajikan dengan tape ketan hitam atau tempe atau tahu bacem goreng. Kini bisa tampil beda dengan beragam isian di dalamnya.

Kini sudah ada yang menjajakan dan menghadirkan jajanan jadul ini dengan tampilan yang lebih menarik dan kekinian. Ada yang dikemas dengan varian isi didalamnya ada pula uli ketan yang digoreng dengan balutan tepung panir, kemudian diisi dengan isian manis bahkan pedas. Bahkan ada yang unik dengan isiannya yang divariasikan dengan coklat lumer, keju, mozarella abon dan masih banyak lagi.

Nah itu tadi adalah fakta dari jajanan jadul yang kini hadir lebih kekinian dengan beragam variasi rasa dan isian. Gimana nih para pencari ide usaha? semoga bermanfaat memberikan inspirasi dan ide buat usaha ya. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba