Kemasan Delivery, Pilihan Tepat Bisnis Kuliner Stabil Selama Pandemi!

Kemasan delivery merupakan kemasan yang paling banyak dicari oleh pebisnis food and beverages atau para pebisnis makanan dan minuman. Hal itu pastinya bukan tanpa alasan, apalagi sejak masuk masa pandemi yang membatasi pergerakan banyak orang untuk keluar rumah. Jangankan keluar rumah untuk beli makanan, beberapa profesi atau pekerjaan juga diharuskan untuk dikerjakan dari rumah atau Work From Home. Jadi mobilitas orang-orang makin terbatas. Keadaan seperti ini sudah jelas sangat berdampak pada banyak sektor termasuk sektor bisnis baik itu skala kecil, menengah, bahkan sampai besar.

Kenapa Layanan Delivey Itu Penting?

Salah satu bidang bisnis yang terdampak tapi tetap bisa bertahan adalah bisnis kuliner. Meskipun dampak yang dirasakan oleh resto atau tempat makan yang selama ini mengandalkan penjualan secara dine in atau makan di tempat lebih besar. Maka dari itu perlu penyesuaian dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi seperti pandemi di masa sekarang ini. Penyesuaian yang bisa dilakukan supaya bisnis kuliner setidaknya bisa bertahan dan tetap stabil adalah mengandalkan layanan delivey atau take away.

Mungkin yang tadinya belum menyediakan layanan pesan antar, akan menjadikan layanan tersebut sebagai value yang lebih bernilai. Lebih gampangnya dengan mendaftar sebagai mitra resto di aplikasi pesan antar. Kalau sudah menyediakan layanan delivery pasti butuh kemasan yang juga mendukung untuk layanan pesan antar. Kemasan delivery, adalah pilihan yang harus segera diambil oleh para pelaku bisnis food and beverages.

Jenis Kemasan Delivery

Pada dasarnya jenis kemasan delivery itu sangat beragam. Kamu sebagai pelaku usaha kuliner bisa pilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari jenis produknya, ukurannya, sampai desain kemasan delivery seperti apa yang akan dipakai. Dalam bisnis kuliner pada dasarnya terbagi menjadi dua bagian yaitu bisnis makanan dan bisnis minuman. Nah kemasan delivery juga bisa mencakup keduanya untuk mendukung kelangsungan bisnis yang kamu jalankan. Berikut ini beberapa macam kemasan delivery yang bisa kamu pilih sesuai dengan jenis bisnis yang kamu jalankan.

Kemasan Delivey Bisnis Minuman

Bisnis minuman tidak dipungkiri sekarang peluangnya memang menjanjikan. Mulai dari minuman kopi sampai beragam minuman kekinian yang banyak dijajakan mulai di kedai sampai booth kaki lima. Jenis kemasan delivery bisnis minuman juga ada beberapa macam. Bisa disesuaikan dengan jenis produk dan kebutuhan penjualan. Kemasan delivery untuk minuman hangat dan minuman dingin pasti jenis yang dipakai berbeda. Coba kita lihat detail kemasan delivery minuman berikut ini.

Kemasan Delivery : Cup Plastik

Kemasan delivery cup plastik paling cocok dipakai untuk berbagai jenis minuman dingin. Mulai dari minuman es kopi kekinian, thai tea, es susu, milk tea, boba, cheese tea, dan jenis minuman dingin kekinian lainnya. Ukurannya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari ukuran 12 dan 14 oz yang biasa dipakai untuk es kopi. Ukuran 16 dan 18 oz untuk minuman boba dan es susu, 20 dan 22 oz yang biasa dipakai untuk thai tea. Sebenarnya jenis minuman apapun tetap cocok dengan ukuran kemasan delivey cup plastik tertentu. Tergantung varian ukuran minuman yang akan dijual. Model kemasannya juga bisa dipilih. Ada kemasan cup plastik datar dan oval. Biar lebih aman untuk proses delivery atau take away, lengkapi juga dengan tutup lid cup yang akan dipress dengan cup sealer.

Paper Cup

Kemasan delivey yang satu ini cocok untuk mengemas beragam jenis minuman hangat. Mulai dari kopi, susu, sampai aneka minuman kesehatan. Seperti jahe, lemon, wedang uwuh, dan aneka minuman hangat lainnya. Untuk tampilan kemasan ini juga sangat menarik dan elegan. Apalagi kalau didesain dengan simpel sablon satu warna. Untuk ukurannya bisa disesuaikan mulai dari ukuran kecil, sedang sampai kemasan delivery paper cup ukuran besar.

Botol Plastik

Kalau kemasan delivey yang satu ini adalah solusi paling tepat untuk coffee shop atau kedai kopi supaya produknya tetap bisa dinikmati oleh konsumen. Ukuran yang paling aman untuk dipakai adalah botol plastik 1 liter. Bahkan brand kopi ternama juga sudah menerapkan strategi ini supaya penjualan tetap stabil. Kalau untuk desainnya cukup gunakan label atau stiker di botol plastik.

Kemasan Delivery Bisnis Makanan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa bisnis kuliner adalah salah satu bidang yang terdampak oleh pandemi tapi tetap bisa bertahan dan stabil kalau bisa melakukan adaptasi dengan situasi yang terjadi. Untuk kemasan delivery bisnis makanan justru jenisnya makin beragam karena jenis makanan juga sangat banyak. Mulai dari nasi, mie, sampai jajanan basah dan kering.

Kemasan Delivery : Paper Bowl

Kemasan delivery berbentuk mangkuk dari bahan kertas ini banyak digunakan untuk produk-produk makanan. Mulai dari camilan, makanan berat, sampai makanan berkuah. Ukurannya juga beragam mulai dari ukuran kecil, sedang sampai besar. Kemasan paper bowl dilapisi bahan anti panas dan anti air. Jadi jangan khawatir kemasan akan bocor atau rembes. Untuk desainnya kamu bisa gunakan stiker atau sablon. Kemasan paper bowl juga dilengkapi dengan penutup. Jadi makanan yang berkuah atau kering akan tetap aman sampai ke konsumen ketika dikirimkan dengan layanan delivery.

Food Pail

Kemasan delivey yang satu ini berbahan kertas layaknya box nasi ini punya tampilan dan desain yang unik serta menarik. Bahan kertas untuk kemasan ini sudah dilaminasi dan masuk kategori food grade. Jadi tidak akan rembes atau bocor. Model kemasan seperti box tapi ada kuncian di bagian atas atau tutup kemasan sehingga lebih praktis untuk digunakan. Kamu bisa pilih teknik cetakan menggunakan printing full warna atau sablon kalau kamu ingin desain kemasan yang simpel.

Paper Lunch Box

Bahan kemasan delivery yang ini mirip dengan food pail, tapi beda bentuk dan model. Paper lunch box biasanya digunakan untuk mengemas produk makanan berat seperti nasi atau pun mie. Ukurannya bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Kalau satu porsi makanan yang kamu jual lumayan banyak, kamu bisa cetak kemasan paper lunch box custom untuk lebar dan tingginya. Supaya bisa disesuaikan dengan produk yang kamu jual. Teknik cetakannya juga bisa menggunakan full color printing atau sablon.

Paper Bag

Kemasan delivery kantong kertas ini biasanya digunakan untuk produk makanan cepat saji misalnya fried chicken, burger, kentang goreng, kebab, roti maryam, donat, dan aneka makanan ringan lainnya. Jenis kantong kertas ini berbahan dasar kertas food grade yang tahan minyak atau greaseproof. Untuk desainnya adalah menggunakan teknik printing. Simpel, praktis, plus vancy sekaligus ramah lingkungan.

Paper Wrap

Hampir serupa dengan kemasan paper bag tapi kegunaan dan material bahannya lebih tipis. Paper wrap ini biasanya digunakan untuk melapisi makanan seperti nasi, roti, atau makanan lainnya sebelum dikemas kembali dengan jenis kemasan lainnya. Kemasan ini termasuk dalam kemasan primer dan tentu saja ketika menggunakan paper wrap untuk produk makanan kamu perlu kemasan sekunder seperti dus atau box.

Standing Pouch

Kemasan delivery yang ini paling cocok dipakai untuk produk-produk camilan atau snack kering. Mulai dari keripik kentang, keripik tempe, keripik pisang cokelat, dan produk camilan kering lainnya. Jenisnya ada beragam. Mulai dari standing pouch paper craft, aluminium foil, dan palstik. Bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan jenis produk. Standing pouch juga cocok dipakai untuk mengemas bubuk atau bijii kopi.

Kemasan Delivery : Box Kue

Bisnis bakery juga tetap bisa bertahan dan makin berkembang kalau ikut beradaptasi dengan keadaan. Kemasan delivery yang bisa dipakai juag beragam. Disesuaikan dengan ukuran dan jenis produk. Kalau untuk jenis kue-kue kecil bisa pilih kemasan box duplex ukruan kecil. Tapi kalau bahan kemasan yang sudah dilaminasi bisa pilih kemasan box kue ivory. Untuk ukuran kue yang lebih besar, ukurannya bisa custom sesuai kebutuhan. Kemasan yang juga nggak kalah menarik adalah box pizza warna cokelat. Ukuran bisa custom dan tampilannya lebih elegan.

Itulah ulasan lengkap tentang kemasan delivery yang bisa kamu pilih supaya bisnis kuliner yang kamu jalankan tetap bertahan dan stabil selama masa pandemi ini. Kalau kamu ingin konsultasi soal kemasan, kamu bisa hubungi tim diKemas..com dengan klik di sini. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kuliner kamu #NaikKelas ya!

Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain. Ikuti terus informasi menarik tentang bisnis kuliner lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba