Resep Kue Onde Onde Aneka Warna Buat Ide Usaha!

Resep kue onde onde mungkin sekilas mudah untuk dibikin di rumah. Kue dengan bahan tepung beras ketan ini memang cara pembuatan dan bahan pelengkapnya sederhana. Tapi kalau resep kue onde onde mau dijadiin ide usaha, pastinya ada teknik khusus supaya kue onde onde bisa bulat sempurna dan tidak bantat. Apalagi kalau kue onde onde yang akan dibuat dalam jumlah banyak untuk usaha kuliner modal kecil kamu nanti. Ada juga yang nggak kalah penting dalam meracik resep kue onde onde adalah teknik adonan yang tepat supaya tidak meletus saat digoreng.

Sejarah Resep Kue Onde Onde

Resep kue onde onde ternyata udah ada di Indonesia sejak zaman kerajaan Majapahit. Kue dari tepung beras ketan ini sangat terkenal di daerah Mojokerto, bahkan ada toko Toko Bo Liem yang khusus menjual kue onde onde sejak tahun 1929. Meskipun sudah ada sejak lama di Indonesia, ternyata resep kue onde onde itu dibawa oleh para pedagang Tiongkok tahun 1300-1500 Masehi. Dibawa oleh Laksamana Cheng Ho dari Dinasti Ming. Resep kue onde onde pada masa itu sangat sederhana. Hanya berisi pasta gula merah. Tapi di Indonesia muncul inovasi resep kue onde onde dengan isian kacang hijau dengan rasa sedikit gurih.

Kalau di Tiongkok, resep onde onde tercipta pada masa kekuasaan Dinasti Zhou. Kue onde onde dibuat untuk disajikan ke tukang batu dan tukang kayu yang sedang membangun istana kekaisaran. Onde onde merupakan lambang dari kebersamaan dan keselamatan. Kue yang bertabur biji wijen ini pada dasarnya punya keragaman nama dan varian isi. Kalau di masa Dinasti Tang sebutannya adalah Ludeui. Berbeda dengan Tiongkok Utara yang menyebutnya dengan Matuan. Ada juga daerah lain yang menyebutnya Jen Dai dan Ma Yuan. Kalau di Vietnam disebut Banh Cam dan Banh Ram, di Malaysia Kuih Bom, dan Filipina Butsi.

Resep Kue Onde Onde buat Ide Usaha

Saking banyaknya negara yang menjadikan resep kue onde onde jadi salah satu sajian favorit, pastinya peluang usahanya juga menjanjikan kalau kamu mau coba. Apalagi kalau kamu bisa inovasikan resep kue onde onde dengan lebih menarik. Mulai dari varian isi, aneka warna, dan aneka bentuk seperti onde onde mini yang sekarang juga mulai banyak penggemarnya. Sekarang resep onde onde buat ide usaha udah lebih beragam. Kamu bisa bikin sesuai dengan kebutuhan usaha kuliner onde onde yang akan kamu jalankan nanti.

Misalnya kamu bisa menjual onde onde versi mini dengan varian isi cokelat, selai stroberi, keju, dan aneka selai lainnya. Bisa juga dengan bikin variasi onde onde dengan ukuran biasa pakai isian yang lebih banyak. Mulai dari isian kacang hijau, keju mozarella, nutela, kumbu hitam, dan varian isian lainnya. Bahkan kamu juga bisa loh bikin resep kue onde onde aneka warna. Secara tampilan akan lebih menggoda. Nantinya tiap warna yang kamu bikin bisa disesuaikan dengan isiannya. Selain itu ada juga ide inovasi resep kue onde onde segar dengan menjadikan aneka buah jadi isiannya. Contohnya nanas, nangka, stroberi, pisang, dan potongan buah lainnya.

Inovasi Resep Kue Onde Onde

Biar kamu makin punya referensi buat bikin inovasi resep kue onde onde yang kreatif, kamu bisa cobain resep yang umum dulu. Tanpa acuan pasti nantinya kamu juga akan kesulitan untuk bikin kue onde onde yang bakal kamu jual. Yuk kita cek resep onde onde yang bisa kamu jadikan acuan berikut ini.

Bahan

– Vanila bubuk 1 ½ sdm

– Gula halus 250 gram

– Tepung beras 75 gram

– Tepung beras ketan 500 gram

– Garam 1 sdt

– Pewarna makanan 3 macam

– Wijen 200 gram

– Air hangat 200 ml

– Isian : Keju mozzarella, cokelat batangan, pasta kacang merah

Cara Membuat

1. Campurkan bahan tepung beras, tepung beras ketan, gula halus, vanila bubuk, dan garam. Kemudian aduk rata, setelah itu tambahkan air hangat. Aduk lagi sampai mengental.

2. Bagi adonan jadi 3, tambahkan pewarna pada masing-masing adonan.

3. Buat bulatan-bulatan ukuran sedang untuk tiap adonan. Pipihkan, tambahkan isian, kemudian bulatkan lagi. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.

4. Gulingkan bulatan adonan ke biji wijen sampai merata.

5. Siapkan wajan dengan minyak goreng secukupnya. Panaskan.

6. Goreng onde onde dengan cara sesekali dibalik supaya tidak bantat. Tunggu sampai matang.

7. Kue onde onde aneka rasa siap disajikan

Strategi Marketing

Menjalankan bisnis kuliner baik itu skala kecil atau besar pastinya butuh strategi marketing. Selain dengan media pemasaran konvensional seperti banner yang kamu pasang di lokasi jualan, menggunakan media sosial untuk memasarkan onde onde aneka warna yang kamu jual juga harus dilakukan. Apalagi konsumen potensial kamu pada dasarnya adalah kalangan anak muda. Sudah pasti mereka merupakan pengguna aktif media sosial. Jadi, buatlah promosi di instagram dan facebook dengan konten yang menarik dan informatif. Daftarkan juga usaha kue onde onde kamu ke aplikasi pesan antar untuk menjangkau konsumen lebih luas.

Kemasan Onde Onde

Kalau kesannya selama ini onde onde dikemas sama kantong plastik, kamu bisa banget loh bikin inovasi kemasan onde onde yang lebih kreatif sekaligus ramah lingkungan. Sekarang kemasan cemilan itu nggak hanya sebatas jadi wadah atau kemasan suatu produk aja. Tapi lebih dari itu kemasan snack merupakan bagian dari identitas produk itu sendiri. Jadi kalau kamu sudah punya resep kue onde onde super enak buat memulai usaha kuliner, selanjutnya adalah buat kemasan dengan desain yang menarik.

Ada beberapa jenis kemasan yang cocok untuk mengemas jajanan onde onde yang kamu jual. Tapi yang paling cocok adalah kemasan dari kertas yang bisa membuat tampilannya makin berkelas. Sekaligus memudahkan konsumen ketika membeli onde onde yang kamu jual. Terutama untuk layanan delivery. Berikut ini kemasan snack yang bisa kamu pilih.

Paper Bowl

Paper Bowl
https://dikemas.com/

Kemasan berbentuk mangkuk dari bahan kertas ini banyak digunakan untuk produk-produk makanan. Mulai dari camilan, makanan berat, sampai makanan berkuah. Ukurannya juga beragam mulai dari ukuran kecil, sedang sampai besar. Kemasan paper bowl dilapisi bahan anti panas dan anti air. Jadi jangan khawatir kemasan akan bocor atau rembes. Untuk desainnya kamu bisa gunakan stiker atau sablon. Cocok untuk kemasan onde onde ukuran mini.

Kantong Kertas

Kantong Kertas
https://dikemas.com/

Kemasan kantong kertas makanan biasanya digunakan untuk produk makanan cepat saji seperti misalnya fried chicken, burger, kentang goreng, kebab, roti maryam, kentang goreng, onde onde dan aneka makanan ringan lainnya. Jenis kantong kertas ini berbahan dasar kertas food grade yang juga tahan minyak atau greaseproof. Untuk desainnya adalah menggunakan teknik printing. Pilih warna dan visual yang menarik. Biar produk yang kamu jual makin eye catching.

Box Kue

Box Kue
https://dikemas.com/

Kalau untuk jenis kue-kue kecil kamu bisa pilih kemasan box duplex ukruan kecil. Tapi kalau bahan kemasan yang sudah dilaminasi bisa pilih kemasan box kue ivory. Untuk jumlah yang lebih banyak, ukurannya bisa custom sesuai kebutuhan. Kemasan yang juga nggak kalah menarik adalah box pizza warna cokelat. Ukurannya bisa custom dan tampilannya lebih elegan.

Itulah ulasan lengkap seputar peluang usaha, kemasan, dan resep kue onde onde yang bisa kamu jadikan referensi sebelum memulai usaha. Kalau kamu mau konsultasi kemasan snack secara gratis, kamu bisa klik di sini. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu #NaikKelas ya! Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lainnya biar makin banyak orang yang terdorong untuk menjalankan bisnis kuliner.

Ikuti informasi menarik seputar bisnis kuliner lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba