Kemasan Gable Box Bagi Industri Makanan

Kemasan Gable Box untuk Industri Makanan

Mayoritas masyarakat telah mengetahui beberapa fungsi dari sebuah kemasan produk, berfungsi untuk melindungi produk yang dikemas dari kotoran atau sesuatu yang sifatnya bisa merusak produk. Sebenarnya fungsi kemasan lebih dari itu, kemasan produk dapat dikatakan penambah nilai jual dari produk yang ada didalamnya.

Kemasan dan produk yang ada di dalamnya mempunyai peranan yang sama penting dan merupakan sebuah kesatuan untuk menjadikan produk diterima oleh masyarakat. Jika produk yang Anda jual mempunyai kualitas yang bagus, namun kemasan yang Anda gunakan asal-asalan kemungkinan produk tersebut tidak akan dilirik oleh para konsumen dan begitu juga sebaliknya.

Kemasan Gable Box Dan Industri Makanan

Maraknya industri makanan atau bisnis makanan sangat berpengaruh terhadap perkembangan industri packaging atau kemasan. Hal ini dikarenakan produsen untuk makanan dan juga minuman mempunyai andil besar sekitar 70% sebagai pengguna produk packaging. Apalagi kita ketahui bersama bahwa makanan dan minuman merupakan kebutuhan primer masyarakat, hal itulah yang membuat industri kemasan menjadi meningkat antara 10-15% setiap tahunnya.

Banyak sekali variasi untuk kemasan makanan dan minuman yang ditawarkan, mulai dari kemasan yang berbahan baku plastik, aluminium, kaleng, hingga kemasan kertas dengan desain yang dibuat semenarik mungkin. Harapan dari pembuatan kemasan adalah menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Namun, belakangan ini masyarakat dunia mengusung konsep go green sehingga banyak menciptakan produk ramah lingkungan dan tidak ketinggalan pula pada produk kemasan.

Kini di tengah berkembangnya beberapa inovasi produk kemasan yang unik dan menarik, kemasan yang banyak diminati pasar adalah desain kemasan gable box. Kemasan produk untuk jenis ini mempunyai bentuk box unik aneka ukuran. Yang membuatnya berbeda dengan kemasan lainnya yaitu pada kemasan gable box ini terdapat lubang atau tali tepat di bagian atas box, lubang tersebut diperuntukkan sebagai alat untuk menjinjingnya.

Kemasan gable box biasanya banyak digunakan untuk industri makanan, terlebih lagi untuk produk roti-roti atau cake. Selain itu, kemasan dengan desain gable box juga banyak diminati oleh konsumen di kalangan kelas atas. Keunikan serta esklusifitas kemasan produk itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Hal-hal penting yang perlu diingat dalam mendesain kemasan adalah membuat desain kemasan seunik mungkin, karena saat ini tren kemasan yang sedang berkembang adalah produk dengan kemasan menarik. Dengan kemasan unik dan menarik, akan banyak konsumen melirik walaupun produk yang ditawarkan biasa saja.

Tidak hanya itu saja, hal lain yang perlu dicantumkan dalam kemasan makanan dan minuman agar dapat memberikan informasi yang lebih kepada para konsumen yaitu mengenai nomor pendaftaran, baik yang diberikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan maupun oleh Diknes setempat. Selain itu juga, keterangan tentang cara penyajian dan penggunaan, serta komposisi bahan serta manfaat produk yang bersangkutan. Semoga bermanfaat.

Sumber Gambar: http://www.nashvillewrapscommunity.com/blog/wp-content/uploads/2014/09/Coffee-Packaging.jpg

1 Komentar

Comments are closed.