Kemasan Produk Kurang Menarik, Produk UKM Tak Dilirik

kemasan ukmMinimnya pemahaman mengenai kemasan produk yang baik dan menarik bagi pelaku bisnis khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM) membuat UKM di Kota Tangerang Selatan sulit untuk berkembang. Padahal perlu kita ketahui bersama bahwa mempercantik kemasan produk dan membuatnya semenarik mungkin merupakan salah satu strategi yang paling jitu untuk menggaet para pelanggan sehingga produk kita laris manis di pasaran.

Menurut Sri Utami (30) sebagai pelaku bisnis UKM keripik pisang, sekarang ini pelaku UKM di Kota Tangerang Selatan jumlahnya masih sangat banyak. Namun banyak pula dari para pelaku bisnis yang belum mengetahui bagaimana cara membuat kemasan produk untuk mengemas makanan yang bagus dan menarik. Padahal kemasan produk sangat mempengaruhi penjualan produk.

Sementara ini Sri Utami beserta beberapa rekannya sesama pelaku bisnis UKM lainnya memasarkan produknya melalui media online dan mengikuti pameran-pameran, namun untuk kemasan produk mereka masih menggunakan plastik kiloan yang belum ada merek dagangnya. Mereka sesekali berharap adanya bantuan dari pemerintah untuk menyambungkan para pelaku UKM dengan para konsumen serta ke berbagai pihak swasta lainnya untuk melakukan kerjasama.

Warman Syanudin selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM untuk Kota Tangerang Selatan juga mengakui mengenai minimnya pemahaman mengenai kemasan produk dan bagaimana cara pengemasan yang baik di kalangan para pelaku UKM. Mereka masih kurang paham dalam hal pemasaran, marketing serta bentuk kemasan barang dagangan.

Menurut Warman, dari 6000 pelaku UKM yang ada di Kota Tangerang Selatan hanya sedikit saja yang telah menyadari betapa pentingnya mempercantik sebuah kemasan produk. Sehingga saat produk dipasarkan akan lebih menarik perhatian bagi para konsumennya.

Untuk mencari sebuah jalan keluar yang dihadapi oleh para pelaku UKM dan untuk mengembangkan pemasaran usahanya, kini Pemerintah Kota Tangerang Selatan menggandeng sebuah Lembaga Pendidikan Koperasi Nasional (Lapenkopnas) untuk memberikan sebuah ilmu pengetahuan atau pendidikan bagi para pelaku UKM mengenai kemasan produk. Dari situlah para pelaku UKM dituntut untuk membenahi desain kemasan produk mereka hingga bisa menarik konsumen lebih banyak lagi.

Kemasan produk kurang menarik, produk UKM tak dilirik itu sudah dapat dipastikan, maka buatlah desain kemasan produk semenarik mungkin. Selain kemasan produk, penting juga bagi pelaku UKM untuk menjaga kualitas produk agar tetap baik. Dengan demikian, produk yang mereka jual bisa semakin diminati oleh para konsumen.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan pelaku UKM dalam mengembangkan penjualan produk. Salam sukses!

Sumber gambar : http://www.kemasankopi.net/wp-content/uploads/2014/05/kemasan11.jpg

Leave a Comment