Kepoin Cara Meningkatkan Penjualan Online di Website

Berbagai cara meningkatkan penjualan online dilakukan oleh para pelaku bisnis dimana pun berada. Cara – cara kreatif dan inovatif dilakukan demi meningkatkan penjualan dimedia apapun itu. Hal tersebut sudha pasti selalu menjadi tujuan utama para pelaku bisnis. Mulai dari pelaku bisnis kecil maupun besar juga tak mau kalah. Persaingan semakin hari akan semakin ketat dan sulit tentunya. Jika lengah dan berhenti untuk berinovasi maka lenyap sudah dalam medan perang bisnis.

Jika pada zaman dulu persaingan penjualan secara offline kini di era modern ini dunia maya menjadi salah satu wadah untuk menarik para pelanggan. Bahkan berbagai cara dilakukan demi meningkatkan penjualan dan mendapatkan pelanggan. Nah menariknya meningkatkan penjualan melalui dunia maya tak sesulit yang dibayangkan. Dengan modal yang cukup sedikitpun bisa kamu lakukan.

Beberapa cara berikut ini bisa diterapkan untuk segala macam bisnis dalam dunia maya. Mulai dari bisnis dalam skala kecil maupun skala besar sekalipun. Strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan media online memang memiliki kesempatan besar untuk meningkatkan penjualan baik skala kecil maupun besar. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Cara Meningkatkan Penjualan di Website

Memilih Nama Domain Yang Tepat

Identitasmu dalam dunia maya merupakan hal yang sangat penting. Maka penting sekali dengan memilih nama domain yang tepat. Kamu bisa membangun identitas bisnis yang terpercaya di dunia maya. Bagi beberapa orang mungkin lebih sering menemukan domain .COM.

Namun sebenarnya domain yang digunakan tidak harus melulu itu saja. Beberapa diantarnya yang kualitasnya sama baiknya adalah .SITE, .SPACE, .WESITE. Cukup luamyan banyak bukan yang bisa kamu pilih? Banyak pilihan yang bisa kamu gunakan untuk emmbuat domain yang tepat sesuai dengan bisnismu.

Pilih Tema Profesional

Ketika kamu membangun sebuah website tentu ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Selain nantinya dianjurkan memilih nama domain dan juga platform maka kamu juga akan dianjurkan untuk memilih tema profesional. Banyak tema yang digunakan secara gratis. Sehingga kamu pun bisa sedikit menghemat biaya.

Memilih Platform Tepat Untuk Website

Memiliki website bisnis memang sangat diperlukan oleh para pelaku bisnis online. Website sebagai wadah yang menunjang atau meningkatkan penjualan online. Dengan kehadiran website toko online kamu akan semakin dipercaya oleh para pelanggan. Sebagai seorang pelaku bisnis tak perlu susah payah memiliki gerai. Asalkan memiliki website sebagai wadah untuk menampilkan berbagai jenis produk maka lengkap sudah.

Website ini sering kali dikatakan sebagai pondasi utama pebisnis online. Dengan website tentu akan semakin mudah berkembang. Nah untuk memiliki website ini tidak bisa sembarang dalam meilih sebuah platform. Pembuatan platform pembuatan website yang paling direkomendasikan adalah wordpress.

Selain itu ketika kamu sudah emmbuat website menggunakan wordpress maka kamu perlu memilih hosting. Keberadaan hosting ini snagat diperlukan karena digunakan untuk menyimpan file, gambar, hingga konten. Pilih hosting paling baik dan cari yang bisa membuat website bisnismu selalu online, mudah diakses, tidka lemot dan yang pasti aman.

Mendapatkan Pelanggan Dari Traffic Organic

Selain 3 cara diatas untuk meningkatkan penjualan selanjutnya adalah dengan menaikkan traffic organic. Pada hasil pencarian google merupakan sumber utama traffic, ini sudah menjadi bagaian dari website. Website kamu akan sdangat mudah ditemukan pada hasil pencarian pertama google apabila menerapkan teknik SEO yang benar.

Beberapa cara pun bisa kamu lakukan untuk membuat SEO yang benar. Perlu banyak belajar untuk menerapkan SEO ini. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu harus banyak belajar dan terus belajar dan sabar dalam menerapkan teknik ini.

Membuat Keputusan Berdasar Google Analytics

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pebisnis yang terjun belum lama atau bisa dibilang pemula menggunakan perkiraan untuk menentukan keputusan bisnisnya. Memang tidak salah, namun cara ini sangat kurang tepat sasaran dan pastinya kurang terarah. Agar tidak salah dlama mengambil keputusan maka kamu perlu untuk melihat sebuah data dan fakta yang ada, yang pasti harus jelas, akurat dan terpercaya.

Barulah bisa diambil sebuah keputusan. Kehadiran google analytics sangat membantu para pelaku bisnis untuk memantau apa yang sedang menjadi trend kini. Bahkan dalam aplikasi ini cukup lengkap memberikan sebuah informasi seperti pengunjung harian, penjualan, penghasilan, produk paling laris, bahkan data pelanggan seperti umur, jenis kelamin, daerah asal pun bisa kamu akses. Hal ini digunakan sebagai bahan untuk evaluasi dan meningkatkan penjualan serta memperbaiki apa yang masih kurang.

Memaksimalkan Sosial Media

Sosial media adalah sebuah wadah yang memudahkan antara penjual dan pembeli untuk terhubung dan berkomunikasi. Adanya berbagai sosial media juga berguna untuk meningkatkan penjualan online. Seperti yang sudah kita ketahui bersama sejak lama bahwa sosial media merupakan salah satu media paling banyak digunakan oleh masyarakat.

Di Indonesia sendiri merupakan salah satu pengguna aktif sosial media. Orang – orang rela menghabiskan waktu berjam – jam untuk bermain sosial media. Itu sebabnya sosial media menjadi tempat yang sangat tepat untuk melakukan penjualan. Lalu sosial media apa saja ya g po[uler dan ramai digunakan saat ini bahkan oleh para pelaku bisnis? salah satunya adalah facebook, instagram, whatapp, tiktok, pinteres.

Namun untuk meningkatkan penjualan online pada sosial media ini perlu adanya startegi marketing yang tepat. Sebelum menyusun dan eksekusi sebuah strategi maka penting sekali untuk melakukan riset terlebih dahulu.

Tunjukkan Testimoni Positif Pelanggan

Kaum milenial ini sekarang tidak mudah percaya begitu saja, meskipun toko online kamu memiliki website. Namun testimoni dari pelanggan menjadi salah satu tolok ukur dari pelayanan yang diberikan oleh toko onlinemu. Testimoni dari pelanggan yang positif mampu membangun kepercayaan pelanggan dan calon pelanggan. Selain itu akan meningkatkan keyakinan mereka untuk membeli produk di tokomu.

Jika sebelumnya mereka ragu untuk membeli ketika ada testimoni mereka akan semakin mantap dan yakin. Untuk meyakinkan pelanggan dan calon pelanggan maka kamu perlu menampilkan testimoni ini pada halaman utama atau halaman testimoni yang khusus untuk menampilkan testimoni dari para pelanggan yang puas dengan pelayananmu.

Menyediakan Berbagai Metode Pembayaran

Sertakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan para pelanggan. Tentu tidak semua pelanggan memiliki semua bank, atau menggunakan satu banak tertentu. Pastinya akan berbeda – beda antara pelanggan satu dnegan lainnya. Ada BNI, BCA, BRI, Mandiri, Danamon, dan masih banyak lagi. Ada pula yang menggunakan kartu kredit atau moblie payment sepeti OVO dan Go-Pay.

Berikan beberapa metode pemabayaran untuk memudahkan dan meningkatkan kenyamanan pelanggan ketika membeli sebuah produk. Banyaknya cara melakukan pembayaran tentu memudahkan sekali dan dapat memabntu meningkatakan penjualan. Misalnya saja toko onlinemu bekerja sama dengan beberapa bank diatas maka proses pembayarannya akan lebih mudah.

Menghindari Iklan Palsu

Hal yang sangat disukai oleh para pelanggan dan calon pelanggan adalah adanya iklan jujur. Hal ini tentu akan meningkatkan kepercayaan mereka. Kejujuran yang ada dalam iklan sangat berpengaruh pada reputasi pada bisnismu. Memang kamu dituntut untuk menjadi kreatif, inovatif.

Namun bukan berarti kamu menyisipkan sesuatu yang kurang perlu atau yang tidak ada pada tokomu. Berikan informasi yang benar dan sejujurnya, dengan adanya iklan yang jujur pada tokomu tentu akan meningkatkan kepercayaan yang terus menerus pada tokomu. Bahkan reputasi tokomu akan semakin baik.

Nah demikian adalah beberapa cara meningkatkan penjualan di website yang bisa kamu lakukan dan coba dirumah ya. Semoga berhasil dan selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua pembaca ^^

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba