Kerajinan Getah Nyatu Potensi Bisnis Kalimantan Tengah

Kerajinan getah nyatuKetersediaan Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup melimpah di tanah air yang dipadukan dengan seni budaya yang beranekaragam telah mampu menghasilkan berbagai macam produk kerajinan dengan nuansa etnik yang sangat kaya dengan nilai seni.

Salah satu kekayaan budaya Indonesia yang memiliki nilai jual tinggi adalah kerajinan tangan dari getah nyatu yang bahan dasarnya berasal dari pohon kayu nyatu yang merupakan tanaman khas dari Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Pangkalan Bun serta Kecamatan Bukit Tangkiling, di kota Palangkaraya.

Pohon nyatu hanya bisa ditemukan di areal berawa di Kabupaten Pangkalan Bun serta Kecamatan Bukit Tangkiling. Pohon nyatu meskipun tidak tumbuh disembarang tempat namun merupakan tanaman yang memiliki pertumbuhan relatif cepat, karena hanya dalam kurun enam bulan, pohon nyatu tersebut telah bisa tumbuh hingga mencapai 8 meter. Pohon nyatu yang berumur enam bulan itulah yang biasanya menjadi patokan oleh para pembuat kerajinan getah kayu nyatu untuk memanen pohon tersebut dengan cara mengambil getahnya.

Getah kayu nyatu selama ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat suku Dayak di wilayah tersebut sebagai bahan baku untuk membuat kerajinan tangan khas suku dayak, misalnya saja berbagai macam bentuk perahu, patung masyarakat adat suku dayak, gantungan kunci, hiasan dinding, tempat alat tulis dan berbagai macam bentuk kerajinan unik lainnya.

Harga jual yang ditawarkan untuk kerajinan tangan dari getah nyatu khas Kalimantan Tengah ini sangat beragam mulai dari yang termurah berupa gantungan kunci yaitu Rp 1.000,00 per biji sampai dengan ukiran perahu jurung dengan tingkat kesulitan yang cukup rumit dengan harga berkisar antara Rp 550.000,00 bahkan hingga jutaan rupiah. Harga untuk produk kerajinan tangan tersebut tergantung pada ukuran, bentuk dan tingkat kerumitan dalam membuat kerajinan.

Sekarang ini kerajinan tangan dari getah nyatu telah menjadi salah satu ciri khas dari Kalimantan Tengah yang kemudian semakin dikembangkan oleh warga masyarakat sekitar tanpa terlepas dari dukungan Pemda setempat. Sehingga kerajinan tangan dari getah nyatu menjadi barang souvenir yang sangat unik dan juga menarik dari kota Palangkaraya Kalimantan Tengah.

Sejumlah kelompok usaha kecil menengah masyarakat adat suku Dayak setempat, saat ini juga telah mengusahakan kerajinan tangan dari getah nyatu tersebut dan alhasil telah berkembang menjadi salah satu sektor bisnis yang  sangat menjanjikan bagi perkembangan ekonomi daerah khususnya warga masyarakat Dayak yang ada di Kalimantan Tengah.

Karena semakin berkembangnya bisnis kerajinan tangan getah nyatu dari kota Palangkaraya dan menjadi salah satu produk yang menarik, maka kerajinan tangan getah nyatu sekarang ini semakin banyak dikenal oleh masyarakat di tanah air bahkan sampai dengan mancanegara.

Alasan itulah yang menjadikan kerajinan tangan dari getah nyatu menjadi suatu potensi bisnis untuk provinsi Kalimantan Tengah khususnya kota Palangkaraya. Dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada dilingkungan sekitar tempat tinggal kita maka tidaklah mustahil jika peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan besar akhirnya dapat tercipta.

Semoga informasi mengenai kerajinan getah nyatu yang ada di Kalimantan Tengah tersebut bisa bermanfaat bagi semua pembaca dan bisa menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat yang ada diberbagai daerah untuk mau mengoptimalkan potensi bisnis daerah yang ada disekitarnya. Maju terus UKM Indonesia. Salam sukses!

Sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/-j9NKat691Uc/UOCTqlDOOsI/AAAAAAAAAS8/R_dmnRwINWo/s640/IMG_0802.jpg

1 Komentar

Comments are closed.