Konsultasi Usaha, Sulit Dapat Ijin P-IRT Karena KTP Luar Wilayah

Selamat Sore,

Nama Saya Susie Prawanitasari, tinggal di Yogyakarta. Saya ada sedikit kendala Pak, saya ber KTP Sukoharjo, jawa Tengah. Sedangkan saya berproduksi di kota Jogja. Saya kesulitan untuk mendapatkan ijin P-IRT, apakah ada saran untuk saya? Terimakasih.

Susie Prawanitasari, Yogyakarta.


Jawab:

Kepada Ibu Susie, pada dasarnya, aturan mengenai pengajuan ijin P-IRT mengacu pada KTP dan tempat usaha yang harus sama. karena daftarnya di Dinas Kesehatan Kota/ Kabupaten sesuai alamat domisili.

Saran saya, coba di tanyakan kembali, misalnya dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Jogja, apakah Ibu bisa mengurus ijin P-IRT tersebut menggunakan KITAS.

BACA JUGA : CARA GAMPANG BIKIN IZIN PIRT, INFOGRAFIS

Terkadang, petugas Dinkes lebih memprioritaskan orang – orang dengan KTP dan alamat usaha yang sama. Biasanya alasannya sederhana, warganya yang membutuhkan masih banyak.

Atau, bisa juga anda bermitra dengan orang lokal, lokasi produksi di tempat mitra tersebut, sehingga pada saat pengajuan ijin, menggunakan KTP dan Alamat Usaha mitra anda. Tentunya harus dipertimbangkan untung rugi dan pertimbangan penting lainnya.

Demikian, terimakasih.

 

Profil Konsultan

wira-sutirta-konsultan-plut-kumkm-diyWira Sutirta,

Konsultan PLUT-KUMKM DIY

PLUT-KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) D.I Yogyakarta merupakan lembaga yang menyediakan jasa-jasa non-finansial secara menyeluruh dan terintegrasi bagi koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah dalam upaya meningkatkan kinerja produksi, kinerja pemasaran, akses pembiayaan, pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui peningkatan kapasitas kewirausahaan, teknis dan manajerial, serta kinerja kelembagaan dalam rangka meningkatkan daya saing KUMKM yang berada di D.I Yogyakarta.

 

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba