Kriiukk…Kriiukk…Keripik Singkong Rasa Gadung

Keripik singkong atau ketela  sangat banyak disukai oleh semua kalangan, baik tua maupun muda, kalangan bawah ataupun kalangan atas, sebagai makanan cemilan. Biasanya keripik singkong atau ketela ini merupakan makanan yang disajikan untuk tamu ataupun sebagai teman untuk ngobrol – ngobrol. Dari pangsa pasar yang sebesar ini, sehingga pembuat keripik singkong di Indonesia sangat banyak bermunculan, selain itu juga karena proses pembuatan kripik singkong pun bisa dilakukan dengan cara tradisional sekalipun.

Keripik singkong dengan beragam aneka rasa juga sangat bermunculan, mulai dari rasa gurih, manis, asem, pedas, hingga rasa lainnya. Dibandingkan dengan kripik tales, memang kripik singkong lebih banyak disukai. Karena kripik tales harganya agak lebih mahal, namun keripik tales memiliki rasa yang  lebih gurih dan renyah dibanding keripik singkong.

Di daerah Sidomukti Jenawi Kab. Karanganyar Jawa Tengah, terdapat  produksi keripik singkong namun memiliki rasa gadung ( gadung : sejenis umbi rasanya mirip dengan tales ). Gadung sejenis umbi yang memiliki banyak getahnya. Jika dimakan namun masih terdapat getahnya, maka akan bisa mengakibatkan rasa pusing gatal di lidah.

Jika dibuatkan keripik, proses pembersihan gadung lebih terasa sulit dengan melakukan pembersihan getah secara berulang – ulang. Rasa gadung sebenarnya mirip dengan tales yang sudah dikenal oleh masyarakat. Jika anda sudah pernah merasakan keripik tales, mungkin rasa ini sudah tidak asing lagi. Karena lebih gurih namun tidak membuat pahit atau sepet jika dimakan terus menerus.

Berbeda dengan keripik singkong, jika kita makan dalam waktu lama, dimulut akan terasa panas, atau bahkan ada yang terasa pahit atau sepet. Proses pembuatan kriiukk…kriiukk…kripik singkong rasa gadung ini sebenarnya mirip dengan proses pembuatan keripik singkong pada umumnya, namun disini singkong atau ketela melalui proses yang agak lebih lama dalam masa perendaman dan direbus.  Sehingga rasa dari ketela ini akan hilang sendirinya, dan timbul rasa seperti gadung.

Ibu Warti yang juga sebagai produsen ketela rasa gadung ini, memberikan beberapa langkah untuk membuat kripik singkong rasa gadung ini.

Berikut proses pembuatan kripik singkong rasa gadung :

  1. Ketela atau singkong atau ubi kayu yang sudah diambil, dibersihkan terlebih dahulu, dan dikupas kulitnya.
  2. Setelah itu, ketela  ini dirajang dengan mesin perajang, sehingga berbentuk bulat, tipis .
  3. Setelah perajangan, ketela tersebut direbus selama beberapa jam ( 1-2 jam )
  4. Kemudian dilakukan perendaman dengan air.
  5. Pada proses perendaman ini dilakukan pencampuran bumbu – bumbu  sesuai dengan rasa yang diinginkan, bumbu tersebut  seperti : garam, bawang, dll.
  6. Setelah itu, ketela kembali dikukus atau di uapkan dengan waktu secukupnya. Hingga terlihat warna agak kekuning – kuningan.
  7. Setelah proses penguapan selesai, baru dilakukan penggorengan.

Rasa ketela akan hilang selama proses perendaman dan perebusan secara berulang – ulang tersebut. Dengan demikian rasa gadung yang hampir tidak memiliki rasa, dapat dimunculkan pada ketela ini. Resep ini dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan bagi Anda.

Sumber: Tim BisnisUKM

27 Komentar

  1. saya sudah baca dan tertarik dengan keripik singkong rasa gadung, pastilah ingin mencobanya dan mempraktekanya, sehingga bisa menjadi salah satu usaha sampingan yang menguntungfkan

  2. tolong pak…
    saya minta cara!
    bagai mn cara mengolah keripik dari kulit singkong…
    apa2 saja yg diperlukan. krn slma ini kulitnya saya kasi tuk hewan ternak…?
    terima kasi.. saya tunggu jawaban dr bpak..

  3. Dh,
    mohon informasi tentang limbah yang di hasilkan dari pabrik criping ini. saya siap membelinya limbah tersebut.
    Limbah tersebut akan saya daur ulang untuk pakan ternak yang sedang saya tekuni.
    Mohon info harga dan jumlah limbah perharinya supaya saya bisa setting.
    Demikian, feedback saya tunggu.
    Salam,
    Sugiyono

  4. bagaimana aku mendapat mesin untuk pembuat krupuk agar bisa bulat, seperti singkong……

  5. aslkm… oo gtu y pak..sbulumnya saya kira keripik yg udh diiris tipis itu drendam peke bumbu trs dgoreng…oo ternyata prosesnya ada lg y..pke di rebus dlu trs setelah di rendam pke bumbu di uapkan lgi..hihihi y pak thanks infonya..

  6. wah….yang pasti hancur bos luk ubi rajangan setipis kripik harus direbus sampai dengan satu jam lebih……gimana..ya…infonya dong yang bener.

  7. singkong yang sudah dirajang tipis lalu direbus 1-2 jam pasti sudah gak berbentuk lagi Gan..? gmn caranya ya….? Ada resep keripik singkong pedas gak..?

  8. Boleh juga nih, kebetulan saya sedang mencari pembeli singkong untuk industri. Bagi yang berminat dapat menghubungi saya di no. 08170523251. Lokasi di sukabumi jawa barat

  9. gimana buat makanan singkong kejunya, kok nggak ada.

    Mohon informasi gimana cara buat keripik kentang yang rapuh tanpa pakai alat vacum friyer.
    tolong beritau saya macam bumbu kering untuk dicampurkan kepada keripik/kerupuk yang sudah digoreng. mohon bantuan dan keikhlasannya.

  10. Setelah perajangan, ketela tersebut direbus selama beberapa jam ( 1-2 jam )——-> tidak mungkin, pasti hancur. ketela utuh direbus selama 1 jam sudah hancur. mohon infonya yang lebih lengkap

  11. kalo dicampur dengan bumbu tabur enak nih … Coba hub Magfood dengan Yasin 02191691496 / Nurma 021 98637011

  12. saya mau tahu alamat/ no. telp. yang membuat keripik singkong rasa gadung. ( 021-91303501 )

  13. tempat saya di wilayah saya juga ada, yaitu ds. tempur, kec. keling. kab. jepara jawa tengah. emang benar-benar gurih dan renyah. gak percaya, buktikan sendiri.

  14. Apa ga hancur tuh, rajangan ubi yang direbus sampai 2 jam? Gimana dengan kadar gizi dengan pemanasan yang begitu lama dan berulang?

Comments are closed.