Lagi Cari Ide Bisnis Kuliner? Ini Dia Makanan China Paling Rekomended

Makanan China merupakan salah satu makanan mancanegara yang cita rasa kelezatannya sudah tidak bisa diragukan lagi. Tak sedikit beberapa resep masakan dari negeri China ini dibawa ke Indonesia kemudian di inovasikan ternyata cocok dengan lidah orang masyarakat kita. Bahkan kini tanpa kita sadari beberapa makanan dari China ini sudah menjamur dan di jual di Indonesia.

Kebanyakan makanan China ini sudah banyak diterima oleh masyarakat Indonesia. Bahkan jika kamu menyedari makanan seperti kwetiau, bakpao adalah salah satu makanan china yang sudah ada sejak lama. Buat kamu yang sedang cari ide bisnis kuliner, sekarang ngak perlu bingung lagi. Ada banyak ide menarik yang BisnisUKM bagikan khusus buat kamu. Lalu kira-kira apa saja makanan China yang paling rekomended? KIta langsung simak aja.

Makanan China Paling Rekomended

Tahu Mapo

Makanan China yang satu ini adalah tahu yang dipotong dadu dan di bumbu saus pedas. Selain itu juga ada tambahan bumbu dari fermentasi saus kacang polong, cabai dan juga fermentasi kacang hitam. Dengan ditambahkan dengan daging sapi cincang atau jamur cincang dan jamur kuping serta sayuran.

Makanan yang satu ini sudah banyak dikenal karena rasanya yang sangat pedas. Teksturnya sangat lembut dan empuk. Dengan dipadukan kuah kental dan aroma khas yang sangat harum dari rempah. Makanan ini sangat cocok di makan saat masih hangat dan dimakan pada saat musim dingin tiba.

Kwetiau

Makanan China yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita. Setiap malam oleh para pedagang kaki lima banyak diperjual belikan. Kwetiau ini terbuat dari tepung beras yang memiliki tekstur kenyal. Pada biasanya makanan ini diolah dengan cara digoreng atau disiram dengan kuah.

Makanan ini sangat cocok dimakan pada saat musim dingin dan dinikmati selagi hangat. Kwetiau ini disajikan bersama acar cabai rawit atau bahkan saus. Rasa dari makanan ini pun sangat khas, meski sederhana namun rasanya lezat.

Dimsum

Dimsum adalah makanan kecil yang disebut dengan yum cha. Makanan ini adalah hidangan khas Tiongkok yang memiliki jenis yang cukup beragam. Mulai dari siomay,hakau, mantau, hingga bakpao. Makanan ini juga cocok dijadikan sarapan karena bentuknya kecil.

Ciri khas dari makanan ini adalah di sajikan dalam wadah kukusan bumbu yang berbentuk kecil. Tujuan di sajikan dalam wadah ini tentu agar dimsum tetap hangat. Rasa yang di tawarkan pun cukup beragam mulai dari warna, rasa dan juga aroma, kualitas bahan dan jenis masakan.

Ada beberapa kategori dimsum di Tiongkok ini yakni kukus, goreng manis dan dimsum manis. Untuk rasa yang gurih biasanya dimakan dengan cocolan saus pedas.

Won Ton

Makanan China yang satu ini dikenal dengan sebutan pangsit, yang mana adalah daging cincang yang dibungkus tepung terigu berbentuk lembaran. Makanan ini diolah dengan cara direbus dan di sajikan bersama kuah sup. Atau bahkan bisa juga di sajikan dengan cara di goreng. Isian dari won ton ini adalah daging cincang udang, ayam atau sayuran.

Bumbu yang di sajikan bersama won ton ini adalah kecap asin, saus tiram dan minyak wijen. Jika di Indonesia pangsit ini diolah menjadi pangsit kuah, pangsit goreng, mie pangsit dan cwie mie.

Jian Bing

Merupakan makanan China semacam crepes atau kebab yang biasanya dikonsumsi sebagai sarapan. Jika di Tiongkok sendiri makanan ini bisa ditemukan di pedagang jalan. Bahan dasar makanan ini adalah adonan tepung gandum dan jagung. Kemudian dimasak dengan wajan rata, daun ketumbar dan bumbu rempah.

Makanan ini disajikan dalam bentuk gulungan dan biasanya diberi saus pedas yang berwarna coklat. Rasa yang dikeluarkan adalah khas gurih dan rendah kalori. Merupakan perpaduan yang sangat sempurna antara karbohidrat dan protein.

La Mian

La Mian

Merupakan mie tarik ala Tionghoa yang dibuat dengan cara diuntir, ditarik dan dilipat. Adonan tepung terigu sedikit ditambah dengan tepung beras sehingga membentuk benang mie tipis.

Pengolahan ini mempengaruhi panjang dan tebal mie. Untuk campuran biasanya ditambahkan dengan daging cincang ayam, rica-rica dan kaldu ayam. Cita rasanya sangat khas dengan kuah pedas merah dan tekstur ringan dari mie tarik itu sendiri.

Ayam Cincang Gong Bao

Makanan China kali ini adalah olahan daging ayam kung pao, yakni ayam cincang berukuran besar yang dimasak dengan rempah. Tak lupa ditambah dengan kecap dan saus khas Tiongkok. Uniknya makanan ini di sajikan dengan kacang goreng dan cabai kering.

Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan favorit para wisatawan. Selain rasanya yang gurih dan lezat cita rasa yang khas membuatnya semakin di gilai wisatawan yang berkunjung di Tiongkok ini. Ada versi lain yang mana ditambahkan dengan saus asam manis, bawang putih dan tepung tapioka.

Bebek Peking

Makanan China yang satu ini adalah bebek peking ini terkenal sebagai makanan para raja Tiongkok. Makanan ini tentu memilih daging bebek pedaging khusus yang direndam dalam bumbu cabai gochujang selama kurang lebih 24 jam. Setelah seharian direndam maka bebek digantung dalam suhu ruangan selama 6 jam dan di panggang dengan suhu 180 derajat selama kurabg lebih 45 menit.

Setelah itu di tiriskan dan di hidangkan bersama saus tiram. Sungguh rasanya sangat lezat dan gurih, yang menjadi khas adalah karena penggunaan daging bebek khusus. Yakni bebek yang makan bubur biji-bijian bergizi selama 20 hari.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba