Pemasaran

Cara Promosi Bisnis Kuliner Secara Murah Meriah

Pemasaran Bisnis KulinerBisnis kuliner dapat dikatakan tidak akan pernah ada matinya sampai kapanpun karena semua orang pastinya membutuhkan makan. Namun, karena alasan kesibukan banyak orang yang tidak sempat untuk menyiapkan menu makannya sendiri. Oleh sebab itu, bisnis kuliner semakin hari kian menjamur dengan berbagai menu makanan yang ditawarkan.

Menjamurnya bisnis makanan di Indonesia bukan berarti bisa melunturkan niat Anda untuk menjalankannya. Anda hanya perlu untuk berinovasi dari berbagai macam bahan makanan yang ada sehingga menciptakan sebuah menu baru yang berbeda dengan lainnya. Misalnya daerah tempat tinggal Anda adalah penghasil pisang terbanyak, Anda dapat mengolahnya menjadi aneka macam olahan pisang seperti es pisang ijo, pisang goreng kipas, keripik pisang, nugget pisang, pallu butung dan lain sebagainya.

Selain Anda harus pintar menciptakan menu baru, tidak kalah pentingnya juga adalah memperhatikan bagaimana cara mempromosikan bisnis kuliner yang efektif agar produk yang Anda jual dapat dengan cepat laku terjual. Berikut ini adalah beberapa cara promosi bisnis kuliner secara murah meriah.

1. Mulut ke mulut atau testimonial

Cara promosi ini adalah cara tradisional yang paling mudah dan terbilang sangat efektif hingga saat ini. Caranya adalah dengan mengundang ataupun datang dalam arisan ibu-ibu kemudian berikan contoh untuk produk buatan Anda. Berikan rasa yang terbaik dan kemasan produk yang menarik dari contoh makanan tersebut, akan tetapi Anda harus tetap menjaga kualitas produk Anda karena itu adalah hal yang paling penting. Jangan sampai contoh yang Anda berikan berbeda dengan produk yang dijual di toko.

2. Promosikan melalui jejaring sosial

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan situs jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, YouTube dan lain sebagainya. Cara ini dapat Anda pilih untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda karena selain gratis, cara promosi ini juga mudah untuk dilakukan. Dengan cara ini Anda bisa mengupload gambar-gambar makanan yang Anda jual di rumah makan Anda dan jangan lupa juga untuk memberikan alamat serta nomor telepon rumah makan milik Anda tersebut. Rajin-rajinlah untuk memberikan berita terbaru tentang rumah makan Anda melalui sosial media ini.

3. Menggunakan stiker

Stiker kecil yang kita buat tentang rumah makn yang kita miliki dapat ditempelkan ditempat-tempat umum yang sering didatangi oleh banyak orang untuk menunggu, misalnya saja halte. Selain itu, Anda juga bisa memberikan stiker mobil secara gratis ditempat-tempat parkir dengan bertuliskan nama dan juga foto makanan yang disediakan di rumah makan milik Anda.

4. Email dan mobile marketing

Mintalah nomor handphone atau email dari para pelanggan Anda jika ada, dengan cara promosi ini Anda dapat memberikan update-update terbaru mengenai rumah makan Anda kepada pembeli setiap saat dan kapanpun Anda mau. Namun, jangan lupa juga untuk menanyakan kepada pembeli apakah mereka bersedia untuk dihubungi melalui sms ataupun melalui email jika ada promosi di rumah makan Anda. Karena jika pelanggan merasa terganggu dengan promosi yang Anda berikan, ditakutkan justru mereka akan lari dan malas untuk kembali.

Silahkan gunakan kreasi Anda untuk mempromosikan bisnis kuliner yang Anda jalankan. Jamin rasa dan kualitas produk Anda serta kreasikan tampilannya. Dijamin bisnis kuliner milik Anda dapat menggugah selera banyak orang. Salam sukses!

Sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/_W-pG7tUmJk0/TE_e9vkj5WI/AAAAAAAACjA/i_EsIJVuFV4/s1600/tempura_03.jpg