Lebaran Sebentar Lagi Nih, Bisnis Kue Kering Yuk?

lebaran-sebentar-lagi-nih-bisnis-kue-kering-yuk

Bisnis kue kering? Nggak kerasa ya gaes, tinggal menghitung hari udah Ramadahan lagi. Eh ntar tahu-tahu udah lebaran. Biasanya orang-orang pada nyari apa? Kue lebaran. Jadi kalau mendekati lebaran gitu banyak yang buka usaha kue kering dadakan. Kamu juga boleh banget nyontek ide ini biar rejeki ngalir selama Ramadhan.

Well, nggak perlu pusing mikir bisnis apa. Banyak banget inspirasi bisnis buat kamu. Ini nih, karena kita baik, kita kasih contoh-contoh bisnis yang bisa kamu adaptasi dan jadikan milikmu sendiri!

Macam-Macam Inspirasi Bisnis Kue Kering

Kamu sudah familiar dong sama macam-macam kue kering? Bisa tuh kalau tinggal dipoles aja ide yang udah ada. Beberapa ide yang bisa kamu ambil, di antaranya:

1. Kue Kering Nastar

Nastar udah jadi salah satu kue kering andalan yang pasti sering kamu jumpai waktu lebaran kan? Nggak masalah, biar pun udah banyak yang bikin usaha ini, kamu juga tetap bisa untung dari usaha ini. Yang penting produkmu ada yang beda. Nastar yang sering kan yang rasa keju tuh, kamu bisa jadi kreatif dengan kasih inovasi misal nastar rasa stroberi kek, rasa nanas kek, rasa anggur kek, atau rasa matcha nih yang lagi banyak orang gandrung.

2. Kue Kering Puteri Salju

Kue kering puteri salju juga nggak kalah hits nih. Kalau kamu mau bikin usaha jenis ini ya boleh banget. Dan lagi-lagi, biar nggak ngebosenin, kasih sesuatu yang baru. Rasa matcha, rasa keju, rasa cokelat, bisa jadi pilihan jitumu biar laris manis.

3. Brownies Kukis

Wow, makanan satu ini siapa sih yang nolak? Kalau seringnya brownies basah nih, kita hadirkan brownies kukis. Krenyes kriuk bikin nagis sejak gigitan pertama. Mau dong produkmu laris manis dan banyak diburu pembeli? Brownies kukus bisa kamu coba jadiian usaha. Dijamin bakal banyak yang candu deh!

Sekarang enaknya bahas apa ya? Bahas resep aja gimana?

Resep-Resep Kue Kering Untuk Bisnismu

Nggak lengkap rasanya kalau ngomongin jenis bisnis tapi kitanya nggak tahu gimana cara bikin. Karena kita baik dan penyayang, sekalian kita kasih tahu resepnya deh. Udah bisnisnya menjanjikan, bikinnya nggak ribet pula!

1.  Resep Kue Kering Nastar

Bahan yang dibutuhkan:

  • 4 butir kuning telur
  • 2 butir kuning telur untuk bahan olesan
  • ½ kg mentega butter atau margarin
  • ½ kg tepung terigu
  • 100 gr gula halus untuk kue
  • 300 gr gula pasir untuk selai
  • 1 bungkus vanili
  • 100 gr keju
  • 50 gr kismis
  • 1 buah nanas
  • 1 potong kecil kayu manis

Cara membuat:

  • Isian Selai
  1. Nanas dikupas dan diparut
  2. Masukkan gula pasir dan masak sampai matang dan kental
  3. Dinginkan hingga bisa dibulat-bulatkan sebesar mutiara
  • Bahan Adonan
  1. Siapkan loyang berbentuk persegi panjang dan olesi dengan margarin
  2. Kocok 4 kuning telur dengan gula halus dan mentega hingga mengembang
  3. Masukkan parutan keju ke dalam adonan
  4. Masukkan terigu dan vanili
  5. Aduk-aduk hingga membentuk adonan yang bisa dibulatkan
  • Kue
  1. Bulatkan kue dengan tangan hingga berukuran sedikit lebih kecil dari ukuran bola golf
  2. Masukkan bulatan selai ke dalam bulatan kue
  3. Potong kismis menjadi 2 atau 4 bagian kecil, letakkan sepotong kismis di atas kue
  4. Olesi permukaan kue dengan kuning telur
  5. Susun kue di dalam loyang dan panggang di dalam oven

Catatan: untuk 40 butir

2. Resep Kue Puteri Salju

Bahan yang dibutuhkan:

  • 145 gram mentega
  • 80 gram gula bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 80 gram tepung almond
  • 240 gram tepung terigu
  • 200 gram gula bubuk untuk melumuri kue

Cara membuat:

  1. Panaskan oven hingga suhunya 175 derajat celcius.
  2. Campur mentega, gula bubuk, dan garam, mixer dengan kecepatan sedang hingga menjadi adonan yang lembut.
  3. Tambahkan tepung almond, lalu kocok kembali hingga adonan tercampur dengan baik.
  4. Masukkan tepung terigu, aduk hingga rata menggunakan mixer dengan kecepatan rendah atau spatula.
  5. Bentuk adonan sesuai selera, lalu panggang selama 15-20 menit atau hingga permukaannya terlihat mengeras. Usahakan warnanya masih kuning keemasan.
  6. Selagi masih hangat, masukkan kue ke dalam mangkuk yang berisi gula bubuk, selimuti hingga tertutup gula secara sempurna.
  7. Dinginkan kue terlebih dahulu, lalu lumuri kue dengan gula kembali hingga tampak putih.
  8. Kue putri salju siap dimasukkan ke dalam stoples

3. Resep Brownies Kukis

Bahan yang dibutuhkan:

  • 150 gram cokelat hitam
  • 50 gram mentega
  • 40 ml minyak goreng
  • 150 gram gula halus
  • 100 gram tepung serbaguna
  • 35 gram cokelat bubuk

Cara membuat:

  1. Lelehkan cokelat hitam, mentega, minyak dengan cara ditim.
  2. Kocok telur dan gula halus menggunakan whisk hingga gula larut.
  3. Masukkan lelehan cokelat yang sudah agak dingin, aduk rata.
  4. Masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk, aduk lagi hingga rata atau adonan terasa kental dan berat.
  5. Cetak adonan ke dalam cetakan yang dialasi kertas roti atau baking paper.
  6. Kasih topping sesuai selera.
  7. Panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius hingga matang.

Wadidaw, hampir lengkap nih persiapan buat bikin usaha kue keringmu. Sekarang kita harus ngomongin soal kemasannya. Sayang banget dong kalau kuemu udah enak tapi kemasannya nggak banget? Calon pembeli bisa males ngelirik produkmu. Kalau bisnis jangan setengah-setengah gaes, pilih kemasan terbaik buat bisnismu.

Eh, tapi tahu nggak kemasan kue kering yang baik itu kayak gimana?

Kemasan yang baik of course kemasan yang nggak bikin produkmu cepet mlempem. Selain itu juga kemasan yang tampilannya kece badai biar calon pembeli tertarik. Tampilan itu emang nomor satu sih kalau mau berbisnis. Well, ini ada dua rekomendasi macam toples yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

1. Kemasan Kue Kering Toples Love

toples-kue-kering-bentuk-hati

Kemasan toples berbentuk hati ini  sangat diminati dan sangat efisien untuk menjaga produk kue menjadi lebih awet dan elegan. Terbuat dari mika gaes jadi lebih ringan juga dan nggak perlu takut pecah kalau jatuh.

2. Kemasan Kue Kering Toples Bundar

toples-kue-kering-bentuk-bundar

Nggak jauh beda sih sama sebelumnya, cuman bentuknya aja yang beda. Kalau semisal isi produkmu udah lucu gitu, pakai toples yang bentuk ini nggak masalah.

Ngomong-ngomong, toples doang nggak bisa bikin produkmu jadi menarik. Kamu butuh stiker lucu buat menunjang tampilan bisnis kue keringmu. Biar makin wow, kamu bisa sesuaikan desain stiker dengan kebutuhan bisnismu. Eits, ngga perlu bimbang, gundah, gulana. Ada diKemas yang bakal bantu kamu membabat habis masalah desain, kemasan, dan  semua yang berkaitan sama bisnis kue keringmu. So, jangan ragu buat kontak kami ya! Dateng langsung ke kantor juga boleh banget buat dapat konsultasi gratis soal bisnismu. See you soon ya!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba