Lezatnya Peluang Bisnis Kuliner Bakso Ikan Laut

Bisnis Kuliner Bakso IkanBisnis kuliner seperti olahan ikan dewasa ini semakin marak diperbincangkan dengan semakin banyaknya usaha kecil berupa warung bakso ikan laut. Umumnya bakso yang dijajakan terbuat dari daging ayam atau daging sapi, namun seiring dengan perkembangan jaman kini bakso ikan laut terus bermunculan. Bisnis kuliner bakso ikan laut ini pun mendapat respon positif dari masyarakat karena selain rasanya yang lezat, kandungan nilai gizinya juga tinggi.

LEZATNYA PELUANG BISNIS KULINER BAKSO IKANBisnis kuliner olahan ikan seperti bakso ikan biasanya dibuat dari ikan tuna. Fillet ikan tuna yang masih segar dicampur dengan tepung tapioka, tahu, dan bumbu spesial lainnya hingga menjadikannya sebagai sebuah hidangan istimewa yang patut untuk dicicipi.

Peluang bisnis kuliner untuk olahan ikan seperti bakso ikan ini dapat dipasarkan melalui 2 cara. Yang pertama, dipasarkan di supermarket dengan menjadikan bakso ikan sebagai frozen food. Kedua, Anda pun dapat menjajakan bakso ikan siap saji seperti membuka di warung atau kafe. Keunggulan bakso ikan dibandingkan dengan bakso daging sapi atau daging ayam adalah kandungan protein dari ikan laut yang lebih tinggi.

Pembuatan Bakso Ikan Sebagai Olahan Hasil Laut

Untuk memajukan bisnis kuliner bakso ikan laut Anda, ada juga beberapa lembaga swadaya masyarakat di Pulau Bali yang sering mengadakan pelatihan khusus untuk pembuatan olahan hasil laut menjadi produk-produk yang siap bersaing di pasaran. Jadi, bagi Anda para ibu rumah tangga, remaja dan pemula bisnis yang tertarik untuk menekuni bisnis kuliner bakso ikan ini, Ada beberapa cara membuat bakso ikan yang dapat Anda perhatikan dalam pembuatan bakso ikan.LEZATNYA PELUANG BISNIS KULINER BAKSO IKAN

  1. Pilih ikan tuna yang masih segar sebagai bahan utama membuat bakso ikan agar kualitas bakso yang dihasilkan terjamin kualitas rasanya.
  2. Hancurkan daging ikan tuna tersebut hingga halus dan terlepas dari tulang atau duri-durinya.
  3. Campur daging ikan tuna yang telah dihaluskan dengan tepung terigu kemudian aduk sampai tercampur rata. Jika Anda mau, bisa juga menambahkan adonan dengan sedikit kentang rebus yang telah dikupas dan dihaluskan sehingga bentuk dari bakso ikan tuna lebih terjaga. Bahan lainnya lagi adalah tepung roti, susu dan juga parutan keju.
  4. Bumbui adonan bakso ikan tersebut dengan merica bubuk, garam dan rempah lainnya. Kreasikan sesuai dengan selera Anda.
  5. Bentuk adonan menjadi bulat-bulatan sebesar bola golf, kemudian masukkan dalam sebuah wadah yang berisi air es.
  6. Rebus bakso ikan dalam air mendidih sampai terapung kemudian angkat dan tiriskan.

Bakso ikan tuna adalah salah satu contoh olahan hasil laut yang bergizi tinggi dan rendah lemak, sehingga peluang bisnis kuliner untuk bakso ikan sekarang ini sangat menjanjikan keuntungan besar bagi para pelaku bisnisnya. Semoga bermanfaat. (/Nila)

Kontributor BisnisUKM Daerah Bali

Sumber Gambar: https://frozenseafood.files.wordpress.com/2012/01/bakso-ikan.jpg; https://ceritaarsala.files.wordpress.com/2011/05/baso-ikan.jpg; http://sisisil.com/image/cache/data/Bakso-ikan-kuah_6714-777x337w.jpg

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba