6 Tren Bisnis Modal Kecil Untungnya Nggak Main-Main

Tren bisnis modal kecil dari waktu ke waktu selalu mengalami perkembangan. Sebab pola konsumsi dalam suatu masyarakat juga berubah-ubah. Maka dari itu mengikuti perkembangan bisnis dan mengamati peluang yang ada harus dilakukan supaya usaha yang dijalankan bisa makin berkembang.

6 Tren Bisnis Modal Kecil Untungnya Nggak Main-Main
Sumber : credibly.com

Tren Bisnis Modal Kecil

Tren bisnis modal kecil juga akan menciptakan peluang usaha yang makin beragam. Tapi tentunya bukanlah hal yang mudah untuk bisa langsung sukses memulai sebuah bisnis berdasarkan tren bisnis modal kecil yang ada. Dibutuhkan pengamatan dan analisa bisnis yang tepat supaya tren bisnis modal kecil bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha yang bisa menghasilkan keuntungan menjanjikan.

Tren bisnis modal kecil dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan jenis bisnisnya. Kamu bisa memilih tren bisnis modal kecilyang sesuai dengan minat, kemampuan, dan analisa pasar yang kamu lakukan. Lakukanlah riset sederhana sebelum akhirnya memilih usaha apa yang akan kamu jalankan. Berikut 6 tren bisnis modal kecil berdasarkan jenisnya. Kamu bisa pilih beberapa tren ini untuk dijadikan ide usaha untuk kamu jalankan.

Usaha Kuliner

Salah satu jenis Tren bisnis modal kecil yang banyak diminati dan merupakan usaha yang menjanjikan yaitu bisnis kuliner. Jenis bisnis ini menjadi pilihan karena bisa dikatakan tidak terlalu sulit tapi menjanjikan dan bisa mendatangkan keuntungan besar. Segmen pasar dari bisnis kuliner ini bisa mencakup ke semua kalangan. Hal itulah yang menjadikan usaha rumahan kuliner ini punya peluang besar untuk mendapatkan banyak keuntungan. Beberapa ide usaha rumahan kuliner antara lain.

1. Usaha Menu Sarapan

Sumber : gramho.com

Kalau untuk bisnis yang satu ini bisa kamu manfaatkan tanpa harus keluar modal banyak. Melihat peluang bahwa tidak sedikit orang yang punya kegiatan sangat padat di pagi hari. Mulai dari mempersiapkan diri untuk pergi bekerja di pagi hari hingga mengantar anak ke sekolah. Tentu kesibukan orang-orang di pagi hari memungkinkan mereka untuk tidak sempat mempersiapkan sarapan. Padahal sarapan adalah hal yang sangat penting untuk orang-orang yang akan beraktivitas seperti bekerja atau sekolah.

Dari kondisi tersebut kamu bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis. Usaha yang bisa kamu jalankan adalah bisnis menu sarapan. Tidak perlu menyewa lapak yang besar. Cukuplah menjadikan rumah kamu sebagai warung makannya. Kamu bisa menjual menu seperti nasi uduk, bubur ayam, lontong sayur, atau bisa juga nasi kuning, dan nasi rames dengan beberapa lauk pokok. Untuk membuat usaha menu sarapan tidak perlu membutuhkan modal yang besar. Sebab bahan bakunya terjangkau layaknya kamu akan memasak untuk harian tapi jumlahnya ditambah.

2. Usaha Makanan Ringan atau Snack

Sumber : sahabatpegadaian.com

Bisnis makanan ringan sudah tentu bisa dijalankan oleh semua kalangan. Sebab segmen pasar dari bisnis makanan ringan juga sangat luas. Mulai dari usia anak-anak sampai dewasa orang tua banyak yang menggemari makanan ringan sebagai pendamping aktivitas keseharian. Ragam jenis makanan ringan juga menjadikan peluang bisnis ini semakin menjanjikan.

Jika kamu ingin memulai usaha makanan ringan dengan modal 1 juta maka pilihlah jenis makanan ringan dengan bahan yang tidak terlalu mahal. Misalnya saja kamu bisa mencoba keripik singkong sebagai produk yang akan kamu jual. Bahannya yang terjangkau serta proses pembuatannya yang sederhana akan memudahkan kamu.

Dimisalkan saja untuk memproduksi 300 bungkus keripik singkong, maka bahan dasar singkong yang dibutuhkan 15kg. Dengan tambahan bahan untuk bumbu seperti bawang putih, garam, serta minyak. Kemudian untuk jenis kemasan kamu bisa pilih plastik tebal dengan ukuran yang bisa disesuaikan.

Untuk memulai usaha tersebut kamu hanya membutuhkan modal bahkan kurang dari 1 juta. Sekitar 300-500 ribuan kamu sudah bisa memulai bisnis makanan ringan. Berkaitan dengan pemasarannya kamu bisa manfaatkan dari orang-orang terdekat seperti tetangga dan saudara. Selain itu manfaatkanlah worth of mouth dari orang-orang yang pernah membeli produk kamu. Bisa juga dengan menitipkan produk kamu di warung-warung terdekat.

3. Bisnis Aneka Minuman

Sumber : chocobagus.com

Selain usaha makanan ringan dan menu sarapan, usaha minuman juga bisa kamu coba dengan modal 1 juta. Lihatlah peluang dengan mengikuti tren yang sedang terjadi. Misalnya di pasaran sedang laku keras minuman teh dengan paduan susu yang menawarkan beragam varian rasa. Maka kamu bisa membuat bisnis minuman milk tea. Pastikan kemasan minuman kamu menarik ya!

Kamu juga harus melakukan analisa terkait kompetitor. Berapa jumlah bisnis yang juga menjual produk minuman serupa? Apakah lokasinya berdekatan dengan lokasi usaha kamu? Kemudian apakah di lokasi bisnis kamu terdapat banyak anak muda? Sebab anak muda adalah pasar yang tepat untuk menjadi sasaran bisnis kamu. Tidak perlu menyewa tempat, cukuplah memanfaatkan lapak kecil di pinggir jalan atau wilayah yang ramai.

Usaha Jasa

Kalau untuk bisnis jasa bahkan kamu bisa memulainya dengan tanpa modal uang sedikit pun. Di zaman yang sudah serba canggih ini kamu bisa memanfaatkan apa yang telah kamu punya. Modal untuk memulai usaha jasa ini cukup dengan smartphone dan jaringan internet. Kalau ngomongin keuntungannya juga nggak kalah menjanjikan. Simak beberapa ide usaha jada dengan modal kecil berikut!

4. Usaha Jastip

Sumber : hellobly.com

Pernahkah kamu mendengar istilah jastip? Ya jastip kepanjangannya adalah jasa titip. Usaha tanpa modal ini bisa dijalankan oleh siapa saja asalkan bisa mempersuasi target pasar dan punya banyak jaringan. Bisnis jastip bisa diperuntunkan untuk beragam jenis produk mulai dari produk yang dikonsumsi, dipakai seperti baju, atau bisa juga produk yang dipajang.

Awalnya usaha jastip dulu berlaku untuk memfasilitasi banyak orang yang ingin memiliki produk atau barang dari luar negeri tapi belum ada kesempatan ke sana. Nah untuk orang-orang yang bisa ke luar negeri ini seperti untuk liburan atau pun urusan kerja memanfaatkan bisnis jastip untuk mendapatkan keuntungan.

Tidak perlu untuk melakukan riset pasar untuk mengetahui produk apa yang paling diminati. Cukup beritahukan saja kemana kamu akan pergi dan produk atau barang apa yang orang-orang inginkan dari tempat yang kamu kunjungi. Biasanya harga barang atau produk yang diminta konsumen aka dinaikkan harganya sebesar 15-20% dari harga asli.

5. Dropship

Sumber : bbc.com

Menjadi seorang dropshipper pada dasarnya tidak membutuhkan modal sama sekali ketika memulainya. Saat pelaksanaan bisnisnya juga tidak rumit. Kamu tinggal menyampaikan pesanan dari konsumen kepada toko atau pihak pertma yang menjual suatu barang atau produk tertentu. Sistem bisnis dropship ini makin populer seringing dengan berkembangnya metode jual beli yang didukung oleh plafrom atau media online.

Ketika kamu memilih menjadi dropshipper kamu bisa mendapatkan keuntungan serta pengalaman terutama untuk di bidang bisnis online shop. Peran yang akan berjalan dalam kegiatan bisnis ini adalah hubungan antara penjual barang, kamu sebagai dropshipper, dan konsumen yang menjadi pembeli produk melalui kamu sebagai dropshipper.

Prosesnya juga tida rumit. Kamu tinggal mendapatkan kesepakatan dari penjual untuk menjadi dropshipper. Kemudian kamu menawarkan dan mempromosikan produk mereka ke pada calon pembeli. Manfaatkan internet untuk proses promosi sampai transaksi dengan pembeli. Sangat sederhana karena telah ada teknologi yang mendukung.

6. Pre-Order Barang Custom

Sumber : pinterest.com

Sebenarnya usaha ini hampir mirip dengan dropshipper. Tapi yang membuat berbeda adalah produk yang kamu tawarkan kepada calon pembeli adalah produk yang sifatnya bisa custom. Jadi apa yang diinginkan oleh pembeli kamu sampaikan kepada penjual untuk menyiapkan barangnya. Produk custom ini bisa beragam. Seperti kaos dengan gambar karakter yang bisa custom. Kemudian aksesoris HP yang bisa direquest untuk desain dan warnanya. Bisa juga dengan furnitur yang bisa diminta oleh konsumen sesuai kebutuhannya muali dari ukuran, warna, dampai detail desainnya.

Tugas kamu adalah sebagai pihak yang menjembatani konsumen dengan produsen barang atau produknya. Pastikan saat menerima pesanan dari konsumen detailnya sudah jelas. Buatlah kesepakatan dengan konsumen mengenai detail pesanan produknya sampai benar-benar jelas. Ketika kesepakatan sudah dibuat barulah kamu memberikan detail pesanan kepada penjual atau produsen barangnya. Jangan sampai ada miss komunikasi yang terjadi ya. Karena hal ini bisa fatal dan menyebabkan kerugian. Perhatikan juga mengenai kesepakatan sistem pembayaran. Misalnya barang akan mulai diproduksi kalau sudah melakukan pembayaran setengah harga dan kesepakatan lain yang harus diperhatikan dan dibuat dengan sedetail mungkin.

Itulah 6 tren bisnis modal kecil yang bisa kamu jadikan ide untuk mulai berbisnis. Dimulai dari bisnis modal kecil ini bisa mendatangkan keuntungan dan manfaat yang besar selama kamu bekerja keras untuk memperjuangkannya. Salam sukses, terus semangat untuk berkembang dan menjadikan bisnis kamu #NaikKelas ya! Kalau kamu ingin memulai bisnis dengan modal kecil dan mendapat bimbingan bisnis, kamu bisa bergabung menjadi mitra bisnis waralaba dengan klik di sini

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba