Mahasiswa Kuliah Online Cobain Usaha Makanan Pre-Order

Usaha makanan pre-order mulai banyak dijalankan oleh beberapa orang sejak physical distancing diterapkan di beberapa wilayah Indonesia. Pelaku usaha makanan pre-order ini juga beragam. Mulai dari mereka yang dirumahkan dari pekerjaan, melakukan kerja dari rumah, ibu rumah tangga, hingga mahasiswa. Untuk mahasiswa usaha makanan pre-order ini bisa sangat menguntungkan sebab di masa pandemi covid-19 ini kegiatan perkuliahan dilakukan secara online. Jadi bisa memanfaatkan sela waktu untuk menjalankan usaha ini.

Mahasiswa Kuliah Online Cobain Usaha Makanan Pre-Order
oneroutecatering.com

Kuliah Online Sambil Usaha Makanan

Buat kamu mahasiswa yang masih melakukan perkuliahan secara online bisa banget untuk mengambil peluang usaha makanan pre-order ini. Jenis makanan yang kamu jual dalam usaha ini juga bisa beragam. Mulai dari aneka kue, aneka dessert, camilan, sampai makanan berat atau hidangan utama. Misalnya sejak hari Senin sampai Jumat kamu tidak punya cukup waktu, maka akhir pekan Sabtu dan Minggu bisa kamu maksimalkan untuk menjalankan usaha makanan pre-order ini.

Tentunya untuk menjalankan usaha makanan pre-order kamu harus melakukannya dengan sistem online. Kamu bisa memanfaatkan chatting apps dan media sosial untuk memasarkan produk makanan pre-order yang kamu jual. Sebagai awalan kamu bisa memulai usaha makanan ini dari orang-orang terderkat. Misalnya kamu masih di kota rantauan kamu bisa menawarkannya ke teman-teman kampus yang juga tidak bisa pulang ke rumah. Di mana mereka adalah anak kosan yang juga mobilitasnya terbatas karena pembatasan sosial.

Peluang Usaha Makanan Pre-Order

Hal ini tentunya merupakan peluang usaha makanan yang bisa kamu manfaatkan dengan maksimal. Kamu bisa menawarkan makanan pre-order dengan menyediakan beragam paket. Bisa juga kamu menawarkan dengan sistem langganan mingguan. Misalnya makanan yang kamu jual adalah menu makan siang. Maka tawarkan menu paket makan siang yang bisa kamu sajikan dengan menu berbeda dalam kurun waktu satu minggu. Bukan hanya menu makan siang saja yang bisa kamu tawarkan, untuk semakin menarik minat konsumen kamu bisa menambahkan hidangan dampingan.

Misalnya untuk hari Senin menu makan siang ayam goreng sayur dampingannya jus buah. Hari Selasa semur jamur dampingannya puding dan seterusnya selama satu minggu. Tawarkanlah menu yang menarik dan berganti-ganti supaya konsumen mau berlangganan paket makan siang seminggu yang kamu tawarkan.

Ketika kamu sudah menentukan makanan pre-order apa yang akan kamu jual, harga jualnya, dan detail paket menu yang kamu jual selanjutnya adalah memasarkannya. Seperti yang sudah disebutkan di atas kamu bisa memanfaatkan grup whatsapp yang anggotanya merupakan teman-teman kampus dan media sosial untuk menjangkau konsumen lebih luas. Pastinya mahasiswa rantauan atau anak kosan yang tidak bisa pulang ke rumah jumlahnya sangat banyak. Dalam satu kampus ada berbagai fakultas, dalam fakultas ada beberapa jurusan. Belum lagi dari mahasiswa dari kampus lain yang juga merupakan konsumen potensial.

Tips Memulai Usaha Makanan Online

Maka dari itu usaha makanan pre-order ini memang harus dilakukan dengan sistem online. Apa lagi sekarang ini sudah hampir segala aktivitas terbantukan dengan media sosial. Jadi maksimalkanlah usaha makanan kamu ini dengan penjualan secara online. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika menjalankan usaha makanan dengan sistem online.

1. Pastikan bahwa menu dari usaha makanan yang kamu jual terlihat menarik secara visual

Pastikan bahwa menu dari usaha makanan yang kamu jual terlihat menarik secara visual
ilmuwebsite.com

Tampilan yang menarik secara visual akan menjadikan orang merasa penasaran dan ingin mencobanya.Tampilan yang menarik tidak semuanya bisa menjamin cita rasa yang lezat, namun dengan tampilan yang menarik maka seseorang akan tergugah seleranya. Sebagai triknya, kamu sebagai pelaku usaha bisa menggunakan foto dengan gambar yang detail dan juga resolusi yang tinggi. Jika perlu, kamu bisa mencantumkan video di dalamnya.

2. Tentukan produk yang menjadi menu andalan dalam usaha makanan kamu

Tentukan produk yang menjadi menu andalan dalam usaha makanan kamu
cravinghomecooked.com

Buatlah menu makanan andalan kamu semenarik mungkin saat diambil gambarnya atau difoto. Produk makanan andalan kamu ini kamu posisikan sebagai menu best seller, sehingga buatlah tampilan produk secara mencolok.

3. Cantumkan deskripsi produk makanan, karena pengunjung online tidak bisa mencicipi menu yang kamu jual

Cantumkan deskripsi produk makanan, karena pengunjung online tidak bisa mencicipi menu yang kamu jual
pinterest.com

Pelaku bisnis online harus mencantumkan deskripsi produk untuk setiap menu makanan yang dijual misalnya bahan yang digunakan dan juga rasanya sehingga calon konsumen bisa mengira-ngira apakah makanan yang kamu jual akan sesuai dengan mereka atau tidak. Selipkan juga kalimat menggoda yang mampu menarik konsumen untuk mencobanya.

3. Membuat landing page untuk usaha makanan kamu

Membuat landing page untuk usaha makanan kamu
satebukarta.wordpress.com

Tidak jauh berbeda dengan usaha online pada umumnya, usaha makanan online juga bisa memanfaatkan sosial media yang sedang hits. Kamu juga bisa membuat landing page khusus untuk usaha makanan pre-order kamu dari dari blog gratis. Buat desain semenarik mungkin dan sesuaikan dengan image makanan yang dijual.

4. Manfaatkan sosial media untuk memasarkan produk usaha makanan kamu

Manfaatkan sosial media untuk memasarkan produk usaha makanan kamu
99.co

Untuk mempromosikan produk makanan, kamu bisa memanfaatkan sosial media seperti instagram. Dimana kebanyakan orang saat ini lebih aktif untuk menggunakan instagram dalam mencari referensi makanan. Caranya dengan mengupload foto-foto makanan kemudian lakukan tagging ke akun-akun kuliner di kota kamu tinggal. Ketika makanan yang kamu jual menarik maka bukan tidak mungkin postingan kamu akan direpost dan akan dilihat oleh banyak pengguna lain followers dari akun-akun tersebut. Gunakan juga hashtag yang relevan dengan postingan yang kamu upload.

5. Pastikan cita rasa makanan enak

cloudfront.net

Meskipun calon konsumen kamu tidak dapat mencicipi produk makanan kamu terlebih dahulu, Kamu sebagai pelaku usaha makanan pre-order yang menjual aneka menu makanan harus mengedepankan kualitas rasa. Usahakan rasanya selezat tampilan di gambar. Jangan sampai konsumen kamu kecewa karena cita rasa yang didapat tidak sesuai dengan yang ditawarkan.

6. Berikan pelayanan yang memuaskan

cloudfront.net

Seperti halnya para pengunjung secara offline, pengunjung online pun ingin segera dilayani. Oleh sebab itu, selalu luangkan waktu untuk segera melayani pesanan konsumen. Segera balas setiap komentar dan pertanyaan yang mereka ajukan. Hal ini tentu saja akan membuat para konsumen merasa senang dan puas.

7. Pengemasan makanan untuk konsumen

amazonaws.com

Pastikan bahwa makanan yang dipesan oleh konsumen tidak berubah saat diterima oleh pembeli. Selain pesanan datang tepat pada waktunya, pastikan juga bahwa tampilan dan rasanya sesuai dengan gambar yang ada di media sosial atau landing page kamu sehingga pembeli tidak kecewa. Jadi pilihlah kemasan makanan seperti lunch box dengan bahan food grade. Supaya makanan yang sampai ke tangan konsumen tetap dalam keadaan baik. Sebab kemasan lunch box dengan bahan food grade akan tahan dengan berat makanan dan tidak bocor.

Itulah peluang usaha dan tips untuk memaksimalkan sistem online untuk menjalankan usaha makanan pre-order buat kamu mahasiswa yang masih menjalankan perkuliahan secara online. Pastikan kewajiban kamu sebagai mahasiswa tetap yang utama ya. Aturlah waktu dengan sebaik mungkin supaya antara kuliah dan usaha bisa berjalan dengan baik. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat ya. Simak terus artikel tentang usaha mahasiswa lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk mulai berbisnis.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba