Mahasiswa Sering Nggak Sempat Sarapan, Bisnis Bubur Yuk?

bisnis-bubur
sumber gambar: Unsplash.com/Helena Lopes

Bisnis bubur bisa menjadi pilihan kamu wahai anak kuliahan yang butuh uang jajan tambahan. Tidak bisa dipungkiri, kuliah pagi sering bikin mahasiswa buru-buru ngampus dan melewatkan sarapan mereka. Karena kamu pintar membaca peluang, nggak ada salahnya buat bisnis bubur. Bubur itu mengenyangkan asal porsinya pas. Pertimbangan lain kenapa bisnis bubur ya karena teskturnya yang lembut sehingga mengonsumsinya bisa langsung ditelan tanpa perlu ribet ngunyah (kecuali kalau ada lauk yang memang perlu dikunyah). Soalnya buru-buru ada kelas, kalau harus ngunyah kelamaan takutnya malah nggak jadi sarapan.

Resep Bubur Enak Bisa Buat Sendiri

Kalau kalian buat sendiri bubur yang mau kalian jual juga bisa banget. Nah, ini ada salah satu bubur ayam yang bisa kalian buat dengan mudah dan rasanya pasti juga tidak kalah enak dengan bubur ayam yang di jual di luar sana.

Kalian bisa menambahkan toping dan rempah sesuai selera biar rasanya semakin enak dan mantap.

Bahan-bahan untuk membuat bubur:

  • 2 cup beras
  • 7 gelas belimbing air
  • 1 buah filet dada ayam
  • Garam dan kaldu bubuk secukupnya
  • Minyak wijen secukupnya
  • Bahan-bahan pelengkap:
  • Daun bawang
  • Seledri
  • Cakwe
  • Bawang goreng
  • Kecap asin/manis
  • Sambal cabe
  • Telur rebus

Cara membuat bubur ayam:

  • Cuci bersih ayam dan rebus menggunakan 4 gelas air. Gunakan api kecil saat merebus hingga kaldunya keluar. Rebus hingga daging ayam empuk, lalu angkat dan suwir-suwir. Air bekas rebusan jangan dibuang ya
  • Air bekas rebusan tadi langsung saja di tuang ke panci ricecooker. Campurkan semua bahan ke dalam panci, begitu juga dengan sisa air 3 gelas yang tadi buat merebus ayam.
  • Tekan tombol cook dan biarkan hingga menjadi bubur. Sesekali diaduk-aduk.
  • Terakhir, tata bubur di dalam mangkuk bersama dengan suwiran ayam dan bumbu pelengkap lainnya.

Pertimbangan Apa Aja Yang Perlu Kamu Pikirkan Sebelum Kuliah Sambil Berbisnis Bubur?

Sebelumnya sudah sama-sama kita tahu resep bubur. Simpel sih, bahkan bahannya bisa dikreasi sendiri sesuai kebutuhan. Oh iya, berhubung kamu juga mahasiswa yang ingin berbisnis dengan target sesama mahasiswa, hal-hal ini perlu kamu perhatikan biar nggak keteteran.

1. Manajemen waktu kamu harus bagus

Kalau kamu memilih untuk membuat sendiri buburnya, tentu kamu harus tahu kalau itu artinya kamu harus bikinnya pagi, bukan malam! Kalau bikinnya pagi, artinya kamu harus bangun jauh lebih pagi untuk membuatnya. Manajemen waktu yang baik dibutuhkan di sini. Kalau kamu nggak bisa atur waktu dengan sebaik-baiknya, nanti malah yang rugi kamu. Kamu bisa jadi telat masuk kuliah dan bubur kamu bisa-bisa jadi nggak laku karena telat!

2. Daripada terancam nggak laku, mending kamu pakai sistem pre-order aja!

Salah satu cara paling aman untuk mencegah kerugian adalah pakai sistem pre-order. Kamu jadi bisa tahu berapa pcs bubur yang harus kamu siapkan. Kalau pre-order, pelanggan kamu jadi bisa request bubur yang sesuai selera. Misal ada yang minta dikasih ceker ayam, nggak pakai ayam, ganti ayam pakai telur, jadi lebih mudah. Pokoknya dengan cara pre-order cenderung tidak akan bikin kamu rugi karena sudah tahu berapa orang yang akan beli. Oh iya, buat jaga-jaga kalau ada yang kepengen tapi belum po, kamu siapin yang ready stock-nya misalnya satu. Kalau semisal nggak laku, bisa kamu makan sendiri deh. Gampang kan?

3. Kemasan kamu akan jadi bahan pertimbangan buat calon pembeli lho!

Kalau kamu bisa menampilkan produkmu dengan sebaik-baiknya, itu menjadi salah satu strategi marketing paling yahud yang bisa kamu coba. Ada beberapa model kemasan nih yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Ada paper bowl atau bisa juga thin wall. Ini sekalian kita berikan gambaran produknya ya.

1.) Kemasan Paper Bowl

bisnis kuliner paper bowl

Kemasan ini serupa dengan thin wall namunĀ berbahan dasar kertas anti bocor dan tidak menyerap air karena permukaannya dilapisi juga dengan plastik. Paper bowl hadir dalam berbagai ukuran, mulai dari 350 ml sampai 800 ml. Bahannya kertas foodgrade sehingga bisa disablon. Cocok banget deh buat bisnis bubur kamu. Kalau kamu mau melebarkan sayap, paper bowl ini bisa ditambahkan desain bisnis kamu. Keren banget pokoknya.

2.) Kemasan thin wall

thin wall kemasan

Selain paper bowl, kemasan lain yang bisa kamu gunakan untuk bubur adalah thin wall. Thin wall juga terbuat dari plastik PP dan plastik PET yang aman bagi minuman atau makanan. Kemasan ini juga transparan, sehingga produk di dalamnya kurang terlihat jelas.

Thin wall hadir dalam berbagai macam ukuran mulai dari 200 ml. Kemasan ini juga memiliki penutup yang terbuat dari plastik tebal dan datar. Bentuknya yang mangkuk ini cocok untuk bubur. Kemasan ini kokoh dan dapat digunakan kembali oleh konsumen.

Wah, ternyata usaha bubur ini terlihat mudah banget ya. Jadi apakah kamu akan terjun dalam usaha bubur untuk mahasiswa ini? Jangan lupa gunakan kemasan yang sesuai karena kemasan menjadi kunci penjualan produk. Kemasan yang baik bisa kamu dapatkan di rumah kemasan diKemas.com. Apapun kemasan yang kamu cari, diKemas.com bisa memberi solusi.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba