Seblak Kekinian, Inspirasi Bisnis Zaman Now Yang Menjanjikan

seblak-enak
sumber gambar: Travelingyuk.com

Bisnis seblak kayaknya seru nih. Sudah banyak sih orang yang memilih untuk membuka usaha ini. Dari yang level rumahan sampai yang udah gede banget. Nggak bisa dipungkiri, cita rasanya yang gurih dan pedas menjadi salah satu cita rasi yang memang banyak digandrungi. Pelaku bisnis juga berlomba-lomba untuk menghadirkan inovasi untuk produk seblak mereka. Dari seblak yang biasa saja sampai seblak dengan sentuhan unik lainnya, pasti ada saja.

Seblak memang cocok dimakan di segala suasana, jadi untuk memulai bisnis ini tidak perlu menunggu waktu-waktu tertentu. Selama kita menghadirkan seblak yang enak, pasti ada saja yang mau memakannya!

Siapa yang belum pernah makan seblak? Ada mungkin beberapa dari kamu yang belum pernah mencicipinya karena tidak tersedia di dekatmu. Padahal dengar soal rasanya saya sudah bikin lidah bergoyang. Sebagian besar dari kita pasti sudah pernah merasakan nikmatnya makanan ini. Kadang kalau diminta menjelaskan ‘seblak itu apa sih?’ suka bingung sendiri kan? Nah, biar tidak bingung, bisa makan tapi nggak bisa menjelaskan seblak itu apa, lebih baik kami kasih tahu dulu apa itu seblak.

Seblak itu apa sih?

Seblak itu adalah makanan Indonesia, yang umumnya merupakan makan khas dari Sunda Jawa Barat yang bercita rasa gurih dan pedas, yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu. Untuk saat ini sudah banyak kreasi seblak. Pokoknya isian dari seblak sendiri sudah kembali ke selera yang menikmati. Kalau kamu suka ceker ayam? Boleh ditambah ceker. Kalau nggak suka? Ganti yang lain. Cita rasanya tetap sama, yang membedakan hanya isiannya.

Resep Seblak Enak Maknyus

Ngemil asik dengan rasa menarik sekarang bisa ditemukan dalam setiap gigitan seblak. Ya, seblak ini jadi cemilan favorit kekinian kesukaan milenial deh pokoknya. Kalau kamu mau coba bikin, nggak susah sama sekali. Berikut ini resep seblak enak dan gampang khusus buat kamu.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat seblak enak:

  • 250gr kerupuk
  • 2 butir telur ayam
  • 5 buah baso/ceker ayam/sosis (atau apapun itu, bisa diganti sesuai selera)

Bumbu-bumbu

  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 3 cabai merah keriting
  • 2 cm kencur (sesuai selera)
  • 10 cabai rawit (sesuai selera)

Cara Membuat

  1. Rebus kerupuk ke dalam air yang sudah mendidih selama 15 menit, kemudian tiriskan
  2. Haluskan semua bumbu (bisa diulek atau diblender), lalu tumis dengan sedikit minyak
  3. Setelah bumbu yang ditumis mulai wangi, masukkan telur dan bakso (atau bahan sesuai selera), tumis hingga telur dan bakso setengah matang
  4. Masukkan kerupuk yang tadi ditiriskan, tambahkan sedikit air agar tidak lengket dan susah saat diaduk
  5. Tambahkan beberapa topping sesuai selera (ceker/telur). Seblak siap disajikan!

Oke, belum apa-apa pasti sudah pada ngiler kan? Pokoknya seblak cocok banget buat dijadikan peluang usaha. Cocok juga buat kamu yang masih kuliah tapi butuh uang jajan tambahan. Bisnis seblak aja! Sambil menyelam minum air, sambil kuliah mulai deh merintis usaha kecil-kecilan. Mahasiswa pada suka kok sama seblak.

Nah, sebelum mulai usaha seblak di kampus, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan atau perhatikan. Apa saja kah itu? Yuk, simak bareng-bareng penjabaran di bawah ini.

Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Seblak

1. Tahu target bisnismu

Kalau kamu mahasiswa, pasti targetmu juga sesama mahasiswa. Maksudnya supaya kamu juga lebih gampang dalam memasarkan. Apalagi kan kamu masih tenaga sendiri. Kamu bisa mulai memikirkan, pasarmu siapa saja? Apakah mahasiswa sefakultas saja atau malah seuniversitas? Kalau sudah tahu siapa target penjualanmu, nanti bisa lebih enak dalam menentukan langkah selanjutnya.

2. Promosikan produkmu dengan baik

Media sosial sekarang memudahkan siapa saja untuk memulai bisnis. Manfaatkan media sosialmu untuk promosi. Kamu bisa mulai dengan memberitahukan kalau kamu menyediakan seblak dengan varian topping. Kalau hanya lewat media sosialmu pasti cakupannya kurang luas. Kamu bisa manfaatkan temanmu. Berikan mereka seblak sebagai tester, biar nanti mereka promosikan seblakmu. Nggak apa-apa, kalau mau bikin usaha memang jangan pelit.

3. Gunakan sistem pre-order

Karena kamu seorang mahasiswa, kamu harus bisa bagi waktu dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai bisnis yang kamu jalankan malah bikin kacau studi. Pokoknya kamu bisa pakai sistem pre-order. Selain dengan sistem ini kamu jadi bisa menekan risiko rugi kalau seblakm tidak laku, kamu juga lebih bisa berhemat waktu. Kalau dalam sehari hanya ada yang pesan lima, ya syukuri. Daripada kamu buat banyak-banyak tapi yang laku hanya lima? Kan rugi.

4. Kemasan seblakmu jadi salah satu strategi marketing juga lho!

Seblak kemasan alias seblak instan menjadi produk yang sangat brilian dan kreatif. Dengan adanya seblak dalam kemasan praktis, konsumen jadi lebih mudah membawanya ke mana-mana. Seblak jadi bisa dimakan kapan pun dan di manapun.

Seru banget ya kelihatannya bisnis seblak? Berhubung kemasan menjadi komponen penting untuk bikin bisnis seblakmu makin terkenal, berikut ini ada beberapa rekomendasi kemasan untuk seblak.

Pilihan Kemasan Untuk Seblak Biar Tampilannya Makin Kece

Kalau kamu bisa menampilkan produkmu dengan sebaik-baiknya, itu menjadi salah satu strategi marketing paling mantul yang bisa kamu praktikkan. Ada beberapa pilihan kemasan nih yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Ada paper bowl atau bisa juga thin wall. Ini sekalian kita berikan gambaran produknya ya.

1.) Kemasan Paper Bowl

bisnis kuliner paper bowl

Kemasan ini serupa dengan thin wall namun berbahan dasar kertas anti bocor dan tidak menyerap air karena permukaannya dilapisi juga dengan plastik. Paper bowl hadir dalam berbagai ukuran, mulai dari 350 ml sampai 800 ml. Bahannya kertas foodgrade sehingga bisa disablon. Cocok banget deh buat bisnis seblak kamu. Kalau kamu mau melebarkan sayap, paper bowl ini bisa ditambahkan desain bisnis kamu. Ya, dari usaha kecil-kecilan kan juga bisa jadi besar. Keren banget pokoknya.

2.) Kemasan thin wall

thin wall kemasan

Selain paper bowl, kemasan lain yang bisa kamu gunakan untuk bubur adalah thin wall. Thin wall juga terbuat dari plastik PP dan plastik PET yang aman bagi minuman atau makanan. Kemasan ini juga transparan, sehingga produk di dalamnya kurang terlihat jelas. Thin wall hadir dalam berbagai macam ukuran mulai dari 200 ml. Kemasan ini juga memiliki penutup yang terbuat dari plastik tebal dan datar. Bentuknya yang mangkuk ini cocok juga untuk seblak. Kemasan ini kokoh dan dapat digunakan kembali oleh konsumen.

So, kamu sudah makin yakin buat bisnis seblak di kampus? Pokoknya selama ada peluang dan animo orang-orang masih tinggi akan seblak, nggak ada salahnya buat kamu untuk cobain peruntungan ini. Good luck ya, kalau ada komentar atau kamu mau sharing soal seblak boleh banget tinggalkan pesan di kolom komentar biar kita bisa diskusi bareng!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba