Mau Bisnis Katering Makanan Sehat? Baca Dulu Analisa Usahanya

Kamu tertarik bisnis makanan sehat? Baca dulu analisa usahanya sebelum terjun dibidang kuliner ini. Bagi kamu para pemula yang tertarik dan ingin terjun dalam bidang bisnis kuliner pasti masih binggung untuk memulai bisnis dari mana. Terutama bagi yang belum memiliki ilmu maupun pegalaman. Namun tak perlu khawatir lagi karena BisnisUKM.com bakalan kasih analisa usaha serta cara memulai bisnis makanan. Namun sebelumnya kita akan bahas terlebih dahulu kenapa bisnis makanan menjadi salah satu bisnis yang wajib dicoba?

Pentingnya gaya hidup sehat mulai banyak disadari oleh masyarakat Indonesia. Apalagi dimasa pandemi ini kesadaran masyarakat kita meningkat beberapa kali lipat. Bahkan trend gaya hidup sehat dikalangan masyarakat, baik anak muda maupun orang tua menjadikan peluang usaha makanan sehat semakin menarik. Tidak hanya diperdesaan namun juga diperkotaan yang memiliki kesibukan cukup tinggi. Mereka sadar akan hidup sehat namun mereka tidak sempat untuk memasak makanan sehat karena tidak punya banyak waktu.

This image has an empty alt attribute; its file name is Mau-Bisnis-Katering-Makanan-Sehat-Baca-Dulu-Analisa-Usahanya-1-720x432.jpg

Solusinya kebanyakan mereka akan memilih berlangganan makanan sehat untuk tetap menjaga dan menutrisi tubuh mereka. Memilih berlangganan makanan sehat inipun dirasa sangat efektif. Meskipun harganya cukup sedikit mahal namun yang namanya makanan sehat orang tidak akan mempermasalahkannya. Seperti halnya salad buah, seperti yang kita tahu beberapa tahun belakangan trend salad buah dikalangan masyarakat cukup tinggi. Hal ini tentu karena makanan sehat sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok. Apalagi untuk menjaga agar tubuh tetap fit orang-orang akan melakukan apa saja. Termasuk rajin mengkonsumsi buah dan sayuran.

Tingginya kesadaran masyarakat Indonesia untuk hidup sehat ternyata turut menciptakan banyak peluang bisnis baru yang menjanjikan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya. Salah satunya saja seperti usaha katering makanan sehat yang belakangan ini mulai digemari kalangan masyarakat luas.

Bisnis Katering Makanan Sehat

Dulunya menu makanan sehat hanya dikonsumsi oleh orang-orang yang telah divonis menderita penyakit tertentu sehingga harus memiliki menu makanan khusus yang sesuai dengan anjuran para dokter. Namun seiring dengan perkembangan zaman, sekarang ini tak hanya penderita sakit saja yang memilih katering makanan sehat, banyak masyarakat umum yang mulai menginginkan menu makanan sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

Biasanya mereka sengaja ingin diet ataupun ingin menjaga asupan gizi yang baik untuk anak-anak sehingga banyak konsumen yang sengaja beralih ke menu makanan sehat. Makanan sehat kini mulai cukup banyak penggemarnya karena sekarang sudah banyak makanan sehat yang diolah dan disajikan dengan tampilan yang menarik. Sehingga akan sangat menggoda sekali untuk dicicipi.

Maka dari itulah peluang bisnis makanan sehat ini sangat menarik untuk dicoba. Prospeknya yang terbuka cerah karena cukup banyak penikmatnya. Maka memilih bisnis makanan memang peluang bagus untuk meraup pundi-pundi rupiah ditengah pandemi. Nah sebelum memulai terjun dalam bidang kuliner ini alangkah lebih baiknya jika kamu memperhatikan beberapa tips dan analisa usahanya.

Peluang Bisnis Katering Makanan Sehat

Makanan sehat kini semakin beragam dan banyak jenisnya. Bahkan kini makanan sehat semakin menarik sekali untuk dinikmati. Berawal dari sanalah banyak para pelaku bisnis yang mulai terjun ingin menikmati manisnya meraup keuntungan dari bisnis katering makanan sehat. Namun bagi kamu para pemula perlu sekali mempelajari beberapa tips memulai bisnis ini.

Menyiapkan Modal

Modal adalah hal yang paling penting bagi para pelaku bisnis. Namun sebelum menyiapkan modal bisnis terlebih dahulu siapkan dan hitung anggaran dana atau estimasi perhitungan modal awal untuk bisnis katering makanan sehat.

Analisa Ekonomi 

Modal Awal 
Kotak makan per@ Rp1500x300                      Rp   450.000 
Sendok garpu plastik (isi 25) per@ Rp 18.000x12  Rp   216.000
Stiker logo brand per@ Rp 500x300                Rp   150.000 
Kantong plastik (isi 45 lbr) per@ Rp 10.000x7    Rp   315.000
Bahan makanan sayur buah organik                 Rp 3.000.000
Gas per@ Rp 25.000 x 3                           Rp    75.000              
Total                                            Rp 4.206.000

Peralatan
Booth atau etalase untuk jualan                  Rp 1.000.000
Peralatan                                        Rp   500.000
Total                                            Rp 1.500.000
Biaya penyusutan alat selama pemakaian 1 tahun
1/12 x Rp 1.500.000 = Rp 125.000

Total Modal     
Modal awal + peralatan =  Rp 4.206.000 + Rp 1.500.000
                       =  Rp 5.706.000
Pendapatan
Asumsi tiap hari laku 15 porsi dengan harga per porsi Rp 20.000
Per harinya = 15 x Rp 20.000 = Rp 430.000
Per bulannya = Rp 300.000 x 30 hari = Rp 9.000.000
Laba bersih 
Laba bersih adalah pendapatan dikurangi modal awal 
Rp 9.000.000 - Rp 5.706.000 = Rp 3.294.000

Tentu dengan modal bisnis tersebut tidak terlalu memberatkan bukan? Apalagi bisnis ini termasuk bisnis kecil yang bisa dijalankan dalam skala rumahan. Apabila kamu mau menghemat biaya diatas kamu bisa menggunakan peralatan yang ada didapur.

Menyiapkan Bahan Baku Berkualias

Setelah perhitungan modal selesai maka kamu harus menyiapkan bahan-baku yang berkualitas. Pilih bahan yang segar dan bersih untuk menjaga cita rasa dari makanan sehatmu. Jika perlu cari supplier terpercaya atau petani langsung disekitarmu agar ketersediaan bahan baku selalu ada. Kemudian mulailah memilih menu sehat yang akan kamu buat. Jika perlu buat menu yang berbeda setiap minggunya agar para konsumen tidak bosan untuk membeli makanan sehatmu.

Lokasi Bisnis

Menentukan tempat yang akan kamu jadikan sebagai lokasi untuk bisnisnmu adalah hal utama. Apakah akan menyewa tempat atau menggunakan halaman rumah sebagai lokasi bisnis. Namun jika kamu adalah pemula penting sekali meminimalisir modal bisnis agar tidak terlalu banyak mengeluarkan budget. Kamu bisa memanfaatkan halaman atau ruangan kosong dirumah untuk jualan. Apalagi di era modern sekarang ini sudah banyak kemudahan dengan kehadiran layanan gofood. Maka meskipun kamu tidak memiliki cukup ruang untuk dine in atau makan ditempat kamu bisa mengandalkan sistem layanan pesan antar.

Menyiapkan Strategi Bisnis

Jika kamu mengandalkan gofood sebagai penunjang bisnis makanan sehatmu, maka hal yang perlu kamu tingkatkan adalah membuat iklan di sosial media agar orang tertarik dengan produkmu. Menyiapkan strategi bisnis sangat penting hal ini karena bertujuan untuk mengatasi masalah yang mungkin ada termasuk persaingan bisnis. Selain membuat menu makanan sehat yang bervariasi kamu juga haru belajar tentang marketing online. Salah stunya adalah sebagai berikut :

  • Fitur facebook sekarang ini yang semakin berkembang dengan pesat semakin mendukung untuk kegiatan bisnis. Ada story yang bisa kamu gunakan untuk iklan dalam waktu 24 jam. Feed untuk membagikan foto atau gambar beserta caption dan kamu juga bisa mengunakan inbox atau mesengger sebagai alat komunikasi dengan para konsumen. Manfaatkan juga fitur lain seperti Power Editor, Facebook Marketing Pages, Facebook Ads, Page Insights, Marketplace, Facebook Live grup.
  • Instagram adalah salah stau sosial media yang sama menariknya dengan facebook. IG adalah sebutanya yakni sebuah media yang bisa digunakan untuk beriklan dengan memposting gambar dengan sedikit caption deskripsi. Ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan salah satunya adalah story yang bertahan memasang iklanmu dalam waktu 24 jam. Kemudian feed yang bisa kamu upload gambar makanan asli dengan kualitas bagus serta caption menarik. Selain itu kamu juga bisa memaksimalkan IGTV dan live instagram. Bisa juga dengan mengandeng influncer untuk iklan produkmu.

Tips Memulai Bisnis Makanan Sehat

Bisnis makanan sehat memang tak selalu ada banyak penikmatnya, namun tak perlu khawatir karena kamu bisa menvariasikan makanan menjadi lebih menarik. Salah satu caranya adalah sebagai berikut :

  • Bidik target anak muda milenial dengan menginovasikan makanan barat.
  • Jaga kualitas bahan baku agar tetap terjaga kebersihannya, kesegaran dan cita rasanya.
  • Bila perlu kamu bisa mengikutsertakan jumlah kalori dan kandungan gizi dalam 1 box kotak makanan sehat tersebut.
  • Buat kemasan makanan semenarik mungkin dan buat agar makanan didalamnya terlihat enak dan menggoda. \
  • Iklan dengan foto produk asli yang menarik dan kualitas baik, dengan caption yang menarik. Jangan lupa gunakan hashtag untuk menjangkau lebih luas pasarannya.
  • Sering iklan dibeberapa sosial media seperti facebook, whatsapp, instagram dsb.
  • Berikan promo diskon potongan harga, atau bisa juga give away pada moment tertentu.
  • Berikan harga spesial khusus untuk pelanggan tetap.
  • Bekerjasama dengan layanan gofood karena ini terbukti ampuh mampu meningkatkan penjualan 2x lipat.

Sekian sedikit tips memulai bisnis katering makanan sehat beserta analisa bisnisnya. Apa kamu tertarik dengan bisnis ini dan masih ragu untuk memulai? Ikuti kisah menarik dan panduan memulai bisnis hanya di BisnisUKM.com.

Leave a Comment