Mau Bisnis Kuliner Unik? Cobain Peluang Bisnis Bolu Sukun Ini

Bisnis bolu sukun adalah salah satu bisnis kuliner unik yang bisa Anda jadikan pilihan untuk berbisnis. Di tengah persaingan bisnis kuliner yang semakin hari semakin ketat menjadikan setiap para pelaku bisnis baru harus pandai-pandai dalam memilih bisnis yang kreatif, terutama ketika memilih bisnis kuliner. Bisnis kuliner memang banyak sekali pesaingnya, banyak yang terjun dalam bidang kuliner tentu ini menjadi tantangan tersendiri. 

Ditambah lagi kuliner ini beragam dan banyak jenisnya sehingga jika kita tidak pandai dalam menginovasikan maka akan ketinggalan trend pasar. Tak terkecuali dengan bisnis kue, kue ada banyak jenisnya. Mulai dari kue kering maupun basah. Salah satu kreasi baru dari olahan kue basah adalah bolu yang ternyata bisa diolah dari bahan baku sukun. 

This image has an empty alt attribute; its file name is BISNIS-UKM-1-720x432.jpg

Sukun adalah salah satu buah yang termasuk dalam kerabat murbei. Warnaya putih seperti nangka. Buah ini jika disayur ataupun digoreng rasanya manis dan empuk. Ada banyak cara untuk menikmati sukun ini salah satunya adlaah digoreng, dikukus, direbus, dipanggang, dibuat keripik, kue kering, tepung hingga menjadi kue kering. 

Kini siapa sangka jika sukun bisa diolah menjadi kue bolu? Ada yang sempat kepikiran kalau buah sukun ini bisa diolah menjadi kue bolu yang manis dan lembut? Ada banyak manfaat yang terkandung dalam buah sukun ini sehingga diolah menjadi kue bolu. Sudah sejak lama buah sukun ini diolah menjadi tepung namun penggunaanya belum maksimal. Namun kini tepung tersebut dimanfaatkan untuk membuat bolu yang enak dan lezat. 

Bisnis Bolu Sukun 

Bisnis Kue Bolu 

Berbisnis kue di tanah air memang tak ada habisnya, mulai dari kue kering hingga kue basah. Meskipun yang menggeluti bisnis ini makin hari makin padat, namun pangsa pasarnya yang sangat luas membuat bisnis ini tetap menarik. Setiap hari besar atau pada event tertentu, seperti acara hajatan, hantaran dan nahkan untuk teman bersantai. Kue basah memang tak pernah absen pada acara-acara besar. Bahkan ketika ada rapat dan seminar pun kue basah selalu hadir dalam kotak snack. 

Itulah mengapa bisnis kue basah selalu menarik dan pantas untuk dijalankan. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kue, tak ada salahnya jika Anda memilih olahan sukun ini sebagai pilihan bisnis. Tentu ini akan memberikan nilai tambah pada kue basah produksi Anda. Dengan membuat sukun mungkin menjadi salah satu ide yang bisa Anda coba.

Info Buah Sukun 

Mengapa sukun menjadi salah satu pilihan bahan baku untuk membuat kue basah? Nah ini adalah beberapa alasannya. Selain unik dan mampu memberikan nilai tambah dna kreatifitas pada produk Anda sukun ini juga kaya akan manfaat lho. Kandungan gizi yang terkandung didalamnya cukup tinggi. Sukun ini dikenal sebagai sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin B1, B2 dan C, mineral, kalsium, fosfor dan zat besi serta kandungan air yang cukup tinggi. 

Menarik bukan? beberapa kandungan dalam sebiji sukun saja sudah cukup kompleks. Sehingga cocok sekali jika diolah menjadi kue yang tak hanya enak dan gurih. Namun juga mampu menutrisi tubuh sehingga kue bolu ini menjadi camilan yang sangat menarik. Cita rasa dari bolu sukun ini tak kalah enak dan lezat dengan bolu biasanya. Berikut ini akan kita informasikan resep bolu sukun yang bisa Anda coba dirumah untuk bisnis.  

Kelebihan Bisnis Bolu Sukun

Cara Membuat Mudah

Salah satu modal utama dalam berbisnis kuliner adalah memahami resep membuat dan mampu menyesuaikan dengan selera para pelanggan. Nah slaah satu kelebihan dari bisnis bolu sukun ini adalah cara membuatnya yang mudah dipelajari dan mudah dikreasikan dengan aneka varian rasa. Ketika bisnis itu mudah dan tidka ribet dijalankan bahakan proses produksinya. Maka tidak akan menyulitkan bagi para pelaku bisnis yang terjun disana.

Target Pasar Luas

Bisnis kuliner memang tak pernah ada matinya, selain itu penggemar kuliner dari penjuru daerah cukup banyak. Bahkan tak perlu jauh-jauh, hanya dilingkungan sekitar kita target pasarnya sudah banyak. mengapa memilih bisnis bolu sukun? Nah salah stau alasan pendukungnya adalah target pasar bisnis kue ini luas, bisa mencakup anak-anak hingga orang dewasa.

Ditambah lagi sekrang ini banyak orang mengandalkan kue bolu sebagai hantaran, hari besar, acara-acara tertentu seperti (rapat, pengajian, khitanan, pernikahan, lamaran, ulang tahun dan oleh-oleh). Begitu banyaknya target pasar dan luasnya target yang bisa dijangkau tentu menjadi salah satu kelebihan dan alasan memilih bisnis bolu sukun ini.

Modal Relatif Kecil

Bisnis bolu sukun ini termasuk jenis bisnis yang mudah dijalankan karana modal yamg dibutuhkan kecil. Modal yang dibutuhkan bisnis bolu sukun ini tidak besar karena bisnis ini bisa dijalankan dalam skala rumahan. Maka sudah pasti bisnis ini bisa Anda jalankan mulai dari kecil-kecilan atau dengan sistem pre-order sehingga tidak banyak rugi jika kue yang dibuat tidak habis.

Kekurangan Bisnis Bolu Sukun

Mudah Basi

Memilih bisnis makanan memang tidka salah karena sampai kapanpun bisnis ini tak akan pernah mati karena salah satu kebutuhan pokok. Namun sayangnya bisnis makanan matang resiko yang akan dihadapi adalah masa simpan yang tidak bisa lama. Kue basah bolu termasuk makanan yang tidak tahan lama, setidaknya hanya 5-7 hari saja daya simpannya. Diluar itu kue akan mengalami pembusukan dan basi. Maka masalah yang dihadapi para pelaku bisnis makanan adalah mudah basi.

Jadi ketika Anda terlalu banyak membuat stok persediaan bolu sukun ini jika tidka habis maka kue akhirnya akan basi dan terbuang. Tentu jika hal tersbeut terjadi secara terus menerus Anda akan mengalami kerugian. Namun solusi yang bisa Anda terapkan adalah dengan membuat kue dengan sistem pre-order. Buat stok dirumah secukupnya dan jangan terlalu banyak. Atau Anda bisa membuat kue tersebut hanya pada saat ketika ada pesanan.

Persaingan Ketat

Bisnis makanan adalah salah satu bisnis yang paling banyak saingannya, makanya sebagai pelaku bisnis harus bisa berkreasi lebih. Dengan adanya persaingan yang ketat jika Anda tidak selalu upgrade strategi pemasaran, pelayanan, trend pasar dan juga varian rasa maka akan mengalami ketertinggalan. Jika sudah begitu maka Anda akan sulit mengejar para kompetitor untuk bersaing dipasaran.

Konsumen Mudah Bosan

Memang menjaga kualitas bahan baku dan mempertahankan cita rasa saja tidak cukup. Sifat konsumen itu mudha bosan dn nmudah tertarik dengan sesuatu yang baru. Jika Anda tidak mampu melihat keinginan dan menyediakan apa yang dimau konsumen maka Anda akan ketinggalan trend. Pastikan jika Anda harus memperhatikan apa yang diinginkan konsumen seperti mengetahui selera para konsumen terhadap kue basah, varian rasa baru dan lain sebagainya.

Persiapan Bisnis Bolu Sukun

Resep Bolu Sukun 

Bahan :

  • Telur ayam 4 butir
  • Tepung sukun 1 gelas
  • Vanili 1 bks
  • Gula 1,5 ons
  • Mentega cair 1,5 ons

Cara Membuat :

  1. Pertama-tama campur gula dengan vanili, ovalet, dan telur kemudian kocok sampai berbuih warna putih.
  2. Lalu masukkan tepung sukun dalam kocokan yang pertama. Kemudian masukkan mentega secara perlahan dan aduk sampai merata.
  3. Sementara itu siapkan loyang dan olesi dengan mentega sampai merata. Jika sudah masukkan adonan dalam loyan dan ratakan sampai semua loyang tertutup dengan adonan. Ratakan sampai tidak ad acelah atau gelembung lagi.
  4. Kemudian panggang dalam oven dengan suhu 170 derajat dan tunggu hingga matang. Jika sudah angkat dan keluarkan dari oven dan cetakan.
  5. Dinginkan dalam suhu ruang dan taburkan cream dan keju maupun meses sesuai selerea.
  6. Bolu sukun siap dihidangkan.

Analisa Peluang Bisnis Bolu Sukun

Asumsi 
Peralatan memasak 
(oven, loyang, mixer, ayakan, spatula kue, kertas roti, piping bag, parutan keju, pisau kue, alat penggilas, kuas) 3 tahun

Biaya Investasi                                        Harga 
Alat masak                                           Rp 3.000.000    

Total Investasi                                      Rp 3.000.000 


Biaya Operasional  
Biaya tetap                                     
Penyusutan alat masak 1/36 x Rp. 3.000.000           Rp   83.333  

Total Biaya Tetap                                    Rp   83.333

Biaya variabel 
Sukun  per 15 hari 
@Rp. 400.000/produk x 2 kali sebulan                Rp    800.000 
Gas/gas @Rp.23.000 x 4 kali sebulan                 Rp     92.000

Total biaya variabel                                Rp  892.000
Total biaya operasional per bulan                   Rp  975.333

Pendapatan per bulan 
Penjualan bolu sukun @Rp 35.000 x 5 buah            Rp   175.000
Rp 175.000 x 30 hari                                Rp 5.250.000

Keuntungan per bulan = Total pendapatan - biaya operasional 
                     = Rp 5.250.000 - Rp 975.333 = Rp 4.274.667

Keuntungan bersih 1 bulan =  Rp  4.274.667

Demikian adalah estimasi analisa ekonomi bisnis bolu sukun. Semoga informasi peluang bisnis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca terutama bagi para pemula yang sedang cari ide usaha dan masih binggung bagaimana cara mengeksekusi. Sekarang, apa Anda sudah mulai tertarik untuk terjun dan menjajal peluang bisnis bolu sukun?

Ikuti terus informasi menarik seputar usaha kuliner lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment