Inspirasi Bisnis

Mau Bisnis Sate Bandeng Khas Banten? Ini Dia Resepnya!

mau-bisnis-sate-bandeng-khas-banten-ini-dia-resepnya

Bisnis sate bandeng khas Banten menjadi pilihan yang sangat cocok untuk dijadikan ide bisnis yang sangat menarik. Pasalnya sate bandeng di Banten sudah diakui oleh pemerintah daerah sebagai menjadi makanan khas. Berwisata ke Banten rasanya kurang lengkap bila tidak mencicipi kelezatan sate bandeng, salah satu makanan khas di Banten.

Ada Apa Dengan Bisnis Sate Bandeng Khas Banten?

Bagi pecinta kuliner, makanan yang satu ini akan memberikan sebuah pengalaman menikmati menu makanan yang berbeda. Selain rasanya yang gurih, makanan ini juga akan memberikan kejutan tersendiri bagi yang baru merasakannya. Karena kita tak akan direpotkan dengan tulang-belulang yang biasanya terdapat pada ikan bandeng.

Makanan ini sudah dimasukkan pemerintah daerah sebagai salah satu menu makanan khas daerah. Dalam beberapa brosur wisata yang dibuat Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disbudpar) Banten dan Disbudpar Serang, sate bandeng dijadikan sebagai menu makanan daerah yang dianggap bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Hingga kini masih cukup banyak warga Banten yang menjadikan sate bandeng sebagai salah satu menu makanan sebagai santapan mereka. Bahkan pada perayaan hari besar atau resepsi pernikahan bagi warga Banten, menu makanan ini menjadi semacam menu wajib yang harus tersaji di meja makan.

Tak ada yang mengetahui secara pasti, sejak kapan menu makanan yang satu ini ada. Namun berdasarkan beberapa warga, makanan ini merupakan gagasan dari Sultan Banten yang ingin menyajikan makanan dari ikan bandeng kepada para tamu kerajaan tanpa harus merepotkan tamu dalam memisahkan tulang ikan.

Cukup mudah bagi wisatawan yang hendak menikmati makanan ini. Sejumlah rumah makan di sekitar kawasan wisata Anyer, Cilegon, dan pusat kota Serang banyak yang menyajikan menu makanan ini sebagai andalannya. Bagi wisatawan yang ingin membelinya sebagai oleh-oleh, bisa mendapatkanya di sejumlah warung penyedia oleh-oleh khas Banten, misalnya di sekitar Pasar Buah Kemang, Serang, yang berada di dekat pintu tol timur Serang.

Makanan yang bisa bertahan 3 hingga 4 hari ini sangat cocok sebagai lauk pauk makanan. Untuk lebih menikmatinya, makanan yang satu ini sebaiknya disantap selagi masih hangat.

Mau Bisnis Sate Bandeng? Simak Resepnya

Kamu yang mau bisnis sate bandeng jangan sampai kelewatan bagaimana resep pembuatannya. Yuk simak, siapa tau nanti butuh.

Bahan :

  • 2 ekor ikan bandeng 500 gr
  • 1/2 butir kelapa parut
  • 2 butir telur, kocok rata

Bumbu yang dihaluskan :

  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar, sangrai
  • 1 sdt merica

Cara membuat :

  1. Siangi ikan hingga bersih, keluarkan daging serta durinya, jaga agar kepala, ekor, dan kulit ikan tetap utuh.
  2. Haluskan daging ikan,campur dengan kelapa parutdan bumbu halus.
    Aduk rata, tambahkan telur kocok, aduk kembali hingga benar2 rata. Bagi menjadi dua bagian.
  3. Isikan masing-masing bagian kedalam badan ikan, padatkan kemudian jahit agar isi tidak keluar. kukus hingga matang selama +/- 15 menit. Biarkan hingga benar2 dingin.
  4. Ikan bandeng selanjutnya dibungkus dengan daun pisang untuk dibakar di atas bara api.

bisnis-sate-bandeng-khas-banten

Bisnis Sate Bandeng? Simak Bagaimana Peluang Usahanya

1. Peluang Usaha

Melihat peluang bisnis sate bandeng ini memiliki prospek yang cukup cerah. Hal ini ditarik kesimpulan dari respon masyarakat yang begitu antusias dengan makanan khas daerah Banten ini. Permintaan pasar akan makanan yang satu ini terus melonjak. Dengan banyaknya permintaan tersebut tentu peluangnya sangat terbuka luas bagi para pelaku usaha baru. Makanan yang satu ini mampu mengambil hati para masyarakat Indonesia karena rasanya yang unik, berbeda dari sate ayam maupun kambing. Maka sudah dipastikan jika kamu akan sukses jika turut mengikuti jejak para pengusaha sukses yang telah lebih dulu menekuni bisnis ini.

2. Memulai Usaha

Memulai bisnis yang satu ini bisa dikatakan cukup mudah. Dengan modal usaha kecil kamu sudah bisa menjalankannya. Tentu dengan langkah mudah dalam menjalankan bisnis sate bandeng ini tidak merepotkan. Bahan dan alat yang digunakan bisa dengan mudah kita jumpai. Proses produksi yang mudah memberikan kemudahan dalam menjalankannya.

3. Pelaku Usaha

Bisnis ini tidak terbatas untuk dijalankan siapapun. Semua bisa menjalanan asalkan ada kemauan. Dengan berbagai kemudahan yang ada tentu akan membuat bisnis ini pilihan usaha yang yang sangat cemerlang. Bahkan modal usaha yang dibutuhkan tidak harus besar. Tentunya bisa dimulai dari skala kecil rumah tangga. Kemudahan-kemudahan yang ada tersebut menjadi kelebihan sendiri dan menjadikannya pilihan usaha buat yang memiliki modal terbatas. Tak heran jika sekarang ini semakin banyak bermunculan pelaku bisnis sate bandeng.

4. Lokasi Usaha

Pemilihan lokasi usaha menjadi satu hal yang pokok dan harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Lokasi yang strategis sangat mempengaruhi keberhasilan penjualan. Dengan memilih lokasi yang ramai dan banyak dilalui khalayak umum maka akan berpotensi untuk dikunjungi.

5. Target Pasar

Target pasar yang bisa kamu bidik untuk bisnis sate bandeng ini cukup luas karena dengan harga jual yang masih terjangkau maka akan menembus semua lapisan masyarakat. Dari kalangan bawah, menengah hingga atas. Bahkan makanan yang satu ini bisa dinikmati oleh semua masyarakat, mulai dari anak kecil, orang dewasa, orang tua hingga lansia. Hal ini yang menjadikan target pasarnya cukup luas.

6. Strategi Promosi

Untuk memasarkan sate bandeng ini ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Salah satunya dengan mengadakan promosi, bisa memberikan potongan harga atau memberikan voucher.

Strategi lain yang bisa kamu gunakan untuk memasarakan produkmu bisa mencoba dengan memanfaatkan berbagai fasilitas sosial media atau dengan bekerja sama gofood.

Mau Bisnis Sate Bandeng Harus Tahu Dulu Analisa SWOTnya

Kekuatan (Strenght)

Kekuatan yang dimiliki bisnis sate bandeng ini ada banyak sekali. Selain mudah dijalankan karena bisa dimulai dengan modal usaha yang relatif kecil, bisnis yang satu ini bisa ditekuni dengan skala rumah tangga, proses produksi yang mudah dan berbagai kemudahan yang ditawarkan tentunya menjadi kelebihan bisnis yang satu ini.

Kelemahan (Weakness)

Kelemahan dari bisnis makanan adalah resiko ketika sedang sepi pengunjung sedangkan stok bahan baku banyak. Sifat bahan makanan yang tidak tahan lama maka yang terjadi akan mengalami penurunan kualitas dan nilai gizi. Bahkan meski pun masuk dalam freezer tidak menutup kemungkinan bahan tersebut menjadi basi.

PeluangĀ  (Opportunity)

Peluang bisnis sate bandeng ini memiliki peluang yang sangat bagus. Tentunya jika dilihat dari penjelasan sebelumnya maka prospek bisnis ini sangat terbuka luas.

Hal ini didukung dengan permintaan pasar yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Tentu ini bisa dilihat dari minat masyarakat akan makanan yang satu ini. Maka jelas tak heran lagi banyak pelaku usaha yang ikut serta menjajal bisnis sate ini.

Ancaman (Treath)

Ancaman yang mungkin kamu hadapi berbisnis sate ini adalah persaingan bisnis. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap usaha pasti memiliki pesaing. Banyaknya pesaing ini tentu karena peluangnya yang sangat cerah. Berbagai kemudahan menjalankan bisnis yang satu ini bisa menjadi salah satu alasan banyaknya pebisnis yang menekuni bisnis sate.

Sumber gambar : https://lifestyle.okezone.com
                https://pesona.travel