Peluang Usaha Nasi Goreng Seafood Ala Gerobak

Bisnis Nasi Goreng Seafood

Peluang usaha nasi goreng seafood ala gerobak saat ini banyak menjadi pilihan usaha. Sebab dinilai cukup menjanjikan keuntungan yang cukup lumayan dan mudah untuk dijalankan menjadi sebuah alasan. Nasi goreng menjadi pilihan makanan pada saat malam hari ketika orang merasa lapar. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika makanan ini juga banyak penggemarnya saat di siang hari.

Nasi goreng seafood adalah salah satu menu makanan favorit yang memiliki banyak penggemar khususnya masyarakat Indonesia. Selain rasa nasi goreng seafood yang enak, harga yang ditawarkan juga terjangkau sehingga tidak ada alasan untuk tidak memilihnya. Nasi goreng seafood juga biasa disebut sebagai makanan rumahan, namun seiring dengan perkembangan zaman, kini nasi goreng seafood tidak hanya dipandang sebagai makanan rumahan.

Sekarang makanan satu ini dapat dengan mudah kita temui dengan maraknya penjual nasi goreng seafood, baik pedagang kaki lima, pedagang gerobak keliling, rumah makan atau restoran. Hal itu tentu saja menjadi bukti bahwa peluang usaha untuk nasi goreng seafood pasarnya masih sangat terbuka lebar dan menjadi peluang usaha baru.

Analisa Peluang Usaha Nasi Goreng Ala Gerobak

Konsumen

Semua orang pasti mengenal nasi goreng seafood. Dan yang pastinya hampir semua orang menyukai nasi goreng seafood. Siapa yang sanggup menolak nikmatnya nasi yang digoreng hangat-hangat dengan dipadukan dengan seafood? Makanan ini sudah terkenal sejak zaman dahulu. Menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia sampai saat ini. Tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang menjadi penggemar nasi goreng seafood ini. Bahkan masyarakat mancanegara yang berkunjung di negeri ini juga menggemari makanan yang satu ini.

Makanan asli Indonesia ini menjadi menu andalan bagi para pedagang ala gerobak, kaki lima hingga kelas restoran. Meski tergolong makanan sederhana yang praktis namun kenyataanya makanan ini sanggup mengambil hati para penggemarnya. Tentu saja hal ini dikarenakan nasi goreng menjadi menu makanan pilihan masyarakat mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Alasan itulah yang menjadikan peluang usaha nasi goreng seafood begitu banyak diminati melihat prospeknya yang menjanjikan.

Peluang Usaha Nasi Goreng Seafood

Memulai Bisnis

Menjalankan sebuah usaha kuliner, terutama nasi goreng seafood memang mempunyai prospek yang sangat menjanjikan bagi pelaku usahanya. Namun, sebelum memulai usaha Anda juga harus siap saat dihadapkan dengan banyak pesaing usaha yang serupa. Karena saat ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pelaku usaha nasi goreng seafood sangat banyak mulai dari pedagang ala gerobak, kaki lima hingga restoran besar.

Jika Anda tertarik menjalankan usaha nasi goreng seafood, maka ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan, diantaranya adalah :

  1. Menentukan lokasi yang strategis karena pemilihan lokasi sangat berpengaruh bagi kelangsungan usaha.
  2. Melakukan promosi, karena dengan promosi, maka usaha nasi goreng seafood Anda akan semakin dikenal oleh banyak orang.
  3. Perhatikan rasa masakan karena dalam usaha kuliner cita rasa yang enak dan khas sangatlah penting.
  4. Mengkreasikan aneka menu nasi goreng dan menambah menu lain juga dapat menarik banyak konsumen sehingga bisa menambah pendapatan.
  5. Berikan sentuhan yang berbeda dengan nasi goreng seafood lainnya, misalnya dalam hal penyajian.
  6. Kebersihan tempat usaha juga harus diperhatikan karena hal ini akan menentukan kelangsungan usaha, konsumen akan merasa nyaman.

Keuntungan Bisnis

Nasi goreng seafood adalah salah satu jenis varian nasi goreng yang banyak dicari dan digemari orang baik masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Meskipun banyak varian nasi goreng seperti nasi goreng petai, nasi goreng kambing, nasi goreng ayam, dan lain sebagainya. Namun kenyataanya penggemarnya tetap banyak dan malah semakin banyak. Justru dengan kehadiran keberagaman sajian nasi goreng tersebut semakin menjadi daya tarik makanan ini. Tak heran lagi jika nasi goreng seafood ini  memiliki banyak penggemar. Apalagi bagi mereka yang malas memasak pada malam hari atau para mahasiswa. Selain itu, nasi goreng seafood ini juga sangat cocok dinikmati pada saat cuaca dingin.

Hambatan Bisnis

Menjalankan usaha nasi goreng memiliki resiko yng dapat dikatakan rendah karena dapat diukur kebutuhannya. Namun, kebosanan konsumen dengan menu nasi goreng dan persaingan bisnis yang semakin ketat menjadi kendala dalam usaha ini. Persaingan bisnis yang semakin ketat dapat diatasi dengan cara meningkatkan pelayanan secara memuaskan, cita rasa nasi goreng yang khas, kebersihan tempat makan, penyajian yang unik dan lain sebagainya. Dengan begitu, para pelanggan tidak akan enggan dan bosan untuk menikmati nasi goreng seafood buatan Anda.

Strategi Pemasaran

Pemasaran dan promosi dapat dilakukan oleh pelaku usaha secara langsung. Penjual dapat memasang merek atau spanduk pada gerobaknya. Waktu yang tepat untuk berjualan nasi goreng adalah malam hari. Pilihlah lokasi yang strategis, biasanya di pinggir jalan yang lalu lintasnya ramai atau di daerah kampus maupun perkantoran yang banyak anak kost.

Sediakan pula lampu penerangan yang cukup sehingga usaha nasi goreng seafood Anda mudah terlihat dari jarak kejauhan meskipun berjualan pada malam hari. Menu nasi goreng seafood ini banyak dijumpai pada malam hari, mungkin karena kuliner ini sangat cocok dinikmati pada malam hari ketika udara di luar sangat dingin.

Kunci Sukses

Kunci sukses dalam menjalankan usaha kuliner nasi goreng seafood ini adalah berusaha membuat rasa yang berbeda dengan pedagang nasi goreng lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan varian menu nasi goreng yang lain sehingga konsumen memiliki banyak pilihan, hal itu dapat membuat konsumen ingat terus dengan masakan Anda dan untuk menghindari kebosanan konsumen.

Untuk menarik minat pembeli gunakan strategi pemasaran yang kreatif dengan memberikan promo, memasang banner untuk mengenalkan pada konsumen dan bergabunglah dengan layanan gofood. Dijamin usaha Anda akan semakin maju dan berkembang. Perhatikan juga kemasan yang akan dipakai untuk membungkus nasi goreng yang Anda jual. Usahakan memilih kemasan yang praktis dan tentunya menarik. Hal ini bertujuan bukan hanya sebagai pembungkus saja namun juga sebagai strategi memasarkan dan mengenalkan produk pada konsumen.

Analisa Ekonomi

Asumsi Pemakaian Alat
Masa pakai gerobak                                           3 tahun
Masa pakai peralatan masak (kompor, ulekan, panci)           1 tahun
Masa pakai peralatan makan (sendok, piring, gelas)           1 tahun
Masa pakai meja dan kursi                                    3 tahun

Investasi
Gerobak                                                      Rp   3.000.000,00
Peralatan masak                                              Rp     600.000,00
Peralatan makan                                              Rp     300.000,00
Meja dan kursi                                               Rp     400.000,00 +
Total investasi                                              Rp  4. 300.000,00

Biaya operasional bulanan
Biaya tetap :
Penyusutan gerobak 1/36 x Rp 3.000.000,00                    Rp      83.000,00
Penyusutan peralatan masak 1/12 x Rp 600.000,00              Rp      49.900,00
Penyusutan peralatan makan 1/12 x Rp 300.000,00              Rp      25.000,00
Penyusutan meja dan kursi 1/36 x Rp 400.000,00               Rp      11.000,00
Sewa tempat jualan                                           Rp     500.000,00 +
Total biaya tetap                                            Rp     669.000,00

Biaya tidak tetap :
Belanja bahan Rp 350.000,00 x 30 hari                        Rp 10.500.000,00
Pembelian gas, listrik, kebersihan, keamanan, dll            Rp    150.000,00 +
Total biaya tidak tetap                                      Rp 10.650.000,00 +
Total biaya operasional                                      Rp 11.319,000,00   

Penerimaan bulanan
Penjualan nasi goreng seafood 
                       30 porsi x Rp 15.000,00 x 30 hari     Rp  13.500.000,00
Penjualan mie goreng 
                      10 porsi x Rp 10.000,00 x 30 hari      Rp   3.000.000,00 +

Total penjualan bulanan rata-rata                            Rp 16.500.000,00 
Keuntungan = Rp 16.500.000,00 - Rp 11.319,000,00             Rp   5.181.000,00

Selamat mencoba peluang usaha nasi goreng seafood, semoga dapat menginspirasi Anda!
Salam sukses.

Sumber Gambar: 
1. https://aquasaf.files.wordpress.com/2013/10/nasi-goreng-seafood.jpg; http://rimstiresbest.com/wp-content/uploads/2014/05/nasi.jpg & https://gjb3112fatih.files.wordpress.com/2010/01/nasgor-tegal-alur2.jpg

1 thought on “Peluang Usaha Nasi Goreng Seafood Ala Gerobak”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba