Mantapnya Pancake Ala Indonesia, Cocok Buat Ide Usaha Kuliner

mantapnya-pancake-ala-indonesia-cocok-buat-ide-usaha-kuliner

Ide usaha kuliner pancake ala Indonesia atau yang sering disebut serabi ini sangat cocok buat kamu tekuni. Yummy . . . kenikamatan menu pancake terkenal di daratan Eropa hingga Asia, memang sudah bukan rahasia umum lagi. Menu para bule ini ternyata juga memiliki banyak penggemar di Indonesia.

Hal ini dapat dilihat dengan minat para konsumen yang mencari pancake di toko – toko yang menjajakan roti dan kue. Namun bukan Indonesia namanya, jika kita kalah berkreasi dengan negara asing. Indonesi juga memiliki pancake khusus yang dibuat dengan ciri khas rasa kekayaan tradisi negara kita. Pancake Indonesia lebih popular dikenal dengan nama kue serabi.

Ide Usaha Kuliner Serabi

Serabi merupakan makanan ringan atau jajanan pasar asli buatan Indonesia. Tak jauh dari pancake, kue serabi juga terbuat dari tepung terigu atau bisa juga dengan tepung beras. Jika pancake punya saus dengan berbagai pilihan rasa, kue serabi juga memiliki kuah atau saus yang terbuat dari gula jawa sesuai dengan cita rasa nusantara. Kuah yang terbuat dari campuran gula jawa dan santan kelapa itu, biasa disebut dengan kinca. 

Jenis Serabi Di Indonesia

Dua jenis kue serabi yang terkenal dari Indonsia , yaitu serabi bandung dan serabi solo. Kedua serabi tersebut memiliki perbedaan, baik dari bahan hingga penyajiannya pun berbeda. Jika serabi bandung menggunakan tepung terigu, serabi solo menggunakan tepung beras. Selain itu serabi bandung biasa disajikan dengan kuah dari gula jawa dan santan yang biasa disebut kinca, sedangkan pada serabi solo santan ditambahkan ketika proses pembuatan masih berlangsung.

Inovasi Serabi

Seiring berjalannya waktu, kini kue serabi telah memiliki banyak pilihan variasi. Mulai dari rasa original, yaitu serabi tanpa toping yang hanya disajikan dengan kuah kinca. Hingga variasi toping  yang digunakan seperti pisang, keju, cokelat meses, bahkan daging atau keju.

Bila kamu ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut kita bagi resep kue serabi yang bisa dicoba dirumah. Jika sudah ahli dalam praktek membuat serabi, bisa saja menu tersebut kamu jadikan sebagai salah satu peluang berbisnis sukses dengan sajian kuliner kue serabi.

Buat kamu-kamu nih yang tertarik dengan bisnis yang satu ini. Kamu bisa pelajari bagaimana cara membuat makanan yang satu ini dan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan.

Mau Coba Ide Usaha Kuliner Serabi? Baca Resepnya

Tertarik usaha serabi? Jangan sampai terlewatkan bagaimana resep rahasianya. Sinak yuk bahan apa saja yang diperlukan dan bagaimana proses pembuatannya.

Bahan – Bahan :

  • 175 gram tepung beras
  • 25 gram tepung kanji
  • 50 gram tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 400ml santan cair ari ½ butir kelapa
  • 125 ml santan kental dari ½ butir kelapa

Biang / Pengembang :

  • 25 gr tepung terigu
  • 1/4 sdt soda kue ( pilih yang berkualitas )
  • 50 ml air

Bahan Kinca / Kuah :

  • 500 ml santan dari i butir kelapa
  • 175 gr gula merah, diiris tipis
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 2 lb daun pandan

Cara Membuat :

  1. Aduk bahan biang, lalu diamkan 15 menit. Sementara itu aduk tepung beras, tepung kanji, dan tepung terigu, tambahkan garam, gula, lalu masukkan santan encer sambil diuleni selama 30 menit.
  2. Masukkan biang lalu uleni lagi sambil dikeprok-keprok. Tuang santan encer sampai habis. Terakhir masukkan santan kental.
  3. Panaskan cetakan serabi. Olesi dasarnya dengan ampas kelapa agar tidak lengket. Setelah panasnya rata, tuang satu sendok sayur adonan , lalu tutup dan masak sampai matang.
  4. Rebus bahan pembuat kinca, sambil terus diaduk  hingga mendidih. Sajikan serabi dengan kinca, selagi masih hangat.

Nah itu tadi adalah proses pembuatan pancake Indonesia atau yang sering kita sebut serabi. Mudah sekali cara pembuatannya bukan? Bagaimana pasti kamu tertarik untuk menghadirkan kuliner yang satu ini dikotamu. Kuy, cobain !

Ide Usaha Kuliner Serabi Menjanjikan Kesuksesan, Lihat Kiat Suksesnya

Setiap usaha pasti menjanjikan kesuksesan jika ditekuni dengan sungguh-sungguh. Namun tak lepas dari beberapa strategi yang mereka bangun. Sebelum kamu memulai usaha yang satu ini, berikut adalah kiat sukses yang bisa kamu tiru.

Punya ide yang unik dan menarik

Kunci sukses dalam berbisnis adalah dengan memiliki ciri khas tersendiri. Selalu membuat inovasi terbaru dan upgrade dengan ide-ide baru. Dengan terus adanya kreatifitas maka pelanggan tidak akan mudah bosan. Tentunya akan selalu antusias untuk mencoba dan terus mencoba varian baru.

Kemasan yang menarik

Kehadiran kemasan dizaman modern ini fungsinya bukan hanya untuk membungkus produk saja. Keindahan kemasan dan tampilan yang menarik mampu membantu menyempurnakan produk. Sehingga desain kemasan yang menarik menjadi perhatian khusus yang harus kamu siapkan.

Usahakan untuk membuat kemasan sesuai dengan target pasar. Misal pangsa pasarnya adalah anak muda milenial kamu bisa membuat desain kemasan lebih kekinian yang unik dan ala-ala anak muda.

Konsisten dalam mempertahankan cita rasa

Jika pada biasanya banyak pelaku usaha yang terlena ketika usaha sudah besar dan semakin ramai maka cita rasa yang khas semakin hilang. Mereka cenderung mengurangi jumlah takaran resep dari yang sebelumnya.

Nah cara ini justru akan membuat konsumen berhenti menjadi pelanggan setia. Untuk itu usahakan untuk selalu konsisten dalam mempertahankan cita rasa yang khas.

Menjaga kualitas produk

Menjaga kepercayaan bukan hal yang mudah. Agar produkmu dipercaya oleh pelanggan dan berkualitas maka kamu harus menjaga bahan baku. Memilih bahan yang berkualitas tinggi untuk menjaga cita rasa.

Semakin bagus kualitas bahan maka akan mempengaruhi nilai jual pula. Maka jika kamu menggunakan bahan dengan kualitas bagus maka harga jualnya pun bisa tinggi pula.

Kebersihan dan rapi

Produk yang bersih dan rapi akan indah untuk dilihat. Maka minat untuk mencicipi produk pun akan semakin tinggi. Bayangkan saja jika kamu menemukan barang asing atau sebagainya hadir dalam makanan tentunya akan menjadi tidak nafsu makan.

Kepercayaan konsumen tentu akan hilang dan citra produkmu akan memiliki nilai yang buruk. Maka usahakan betul-betul untuk selalu menjaga kebersihan bahan, peralatan, kemasan, produk yang sudah jadi dan lain-lain.

Inovasi yang terus menerus

Ide dan kreatifitas dapat mempengaruhi ramainya konsumen. Semakin kamu terus belajar berkarya selama itu pula usahamu dapat bersaing dipasaran. Selama kamu tidak berhenti berinovasi maka kamu akan terus dapat memenangkan persaingan.

Memanfaatkan teknologi

Dizaman modern yang serba praktis ini tentunya kehadiran teknologi yang semakin maju semakin membantu memudahkan dalam segala hal.

Adanya sosial media sangat membantu bagi para pelaku usaha untuk mengenalkan produknya dengan jangkauan yang lebih luas.

Maka kamu pera pelaku usaha dituntut untuk manfaatkan teknologi yang ada. Terus mempelajari strategi pemasaran dan promosi untuk meningkatkan penjualan.

Kreatif dalam memasarkan

Tidak cukup hanya dengan bermain disosial media dan menawarkanya di instagaram, whatsapp, bbm, facebook, telegram dan juga youtube. Kamu juga bisa bekerja sama dengan gofood.

Atau kamu bisa mendaftarkan diri pada sosial media untuk memasang iklan produk. Kamu harus kreatif dalam memasarkannya. Tidak hanya secara onine saja kamu juga bisa memasarkan dengan cara offline dengan membuat brosur atau pamflet.

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan adalah dengan memberikan diskon potongan harga, voucer dan kupon undian untuk menarik minat para konsumen.

 

Sumber gambar : https://www.ayobandung.com 
                https://style.tribunnews.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba