Bisnis Kuliner

Kuy Intip Beberapa Bisnis Kuliner Untuk Mahasiswa

kuy-intip-beberapa-bisnis-kuliner-untuk-mahasiswa

Intip beberapan bisnis kuliner untuk mahasiswa berikut yuk. Solusi ini buat kamu para mahasiswa yang mencari peluang bisnis. Mahasiwa bisa juga kok berjualan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tamabahan tanpa menggangu tanggung jawab utamanya sebagai mahasiswa. Sering kali para mahasiswa mengeluhkan beberapa permasalahan keuangan.

“Uang kiriman orang tua udah habis.”

“Gimana caranya dapat uang saku tambahan tanpa ganggu jadwal perkuliahan?”

“Mau buka usaha. Modalnya nggak ada, kemampuan minim. Lalu, enaknya usaha apa ya?”

Mungkin pemikiran tersebut pernah muncul dalam benak para mahasiswa.  Banyak yang bilang jadi mahasiswa itu enak. Jauh-jauh merantau ke kota besar untuk belajar, mau ini itu tinggal tunggu dana transferan dari orang tua. Tapi, apa jadinya kalau transferan orang tua pas-pasan dan ada kebutuhan bulanan yang belum tercukupi?

Merintis usaha sampingan setelah pulang kuliah bisa jadi salah satu solusi. Sekarang ini semakin banyak mahasiswa yang ingin membuka usaha sampingan untuk mencari uang tambahan. Berbagai macam peluang usaha sampingan pun mulai dicoba, dan kali ini BisnisUKM.com akan memberikan beberapa ide bisnis kuliner dengan modal kecil yang bisa kamu jalankan tanpa mengganggu padatnya jadwal perkuliahan.

Beberapa Ide Bisnis Kuliner Untuk Mahasiswa

bisnis-kuliner-untuk-mahasiswa

1. Bisnis Kuliner Angkringan Modern

Menjajal bisnis kuliner angkringan di malam hari. Menu serba murah dengan tampilan gerobak sederhana khas angkringan, masih jadi tempat nongkrong paling asyik bagi kalangan anak muda. Selain terkenal murah angkringan yang menyajikan nasi dengan porsi yang kecil namun mengenyangkan. Angkringan menjadi tempat makan favorit para mahasiswa ketika tanggal tua. Namun jika kamu bisa mengemasnya dengan cara yang lebih kreatif maka angkringan bisa hadir dengan cara yang modern.

Meski persaingan di bisnis kuliner yang satu ini sudah cukup tinggi, tapi warung angkringan tetap jadi idola kalangan anak muda. Cari lapak sederhana yang cukup strategis, misalnya di daerah kost mahasiswa, kemudian mulai cari vendor (juragan angkringan) yang menyewakan gerobak serta peralatan pendukung lainnya. Biasanya juragan angkringan tidak hanya menyewakan gerobak dan peralatannya, namun juga menyediakan berbagai macam kuliner khas angkringan yang bisa kamu pesan tanpa harus repot memasaknya sendiri.

2. Ide bisnis kuliner salad buah

Ide bisnis kuliner salad buah juga bisa dicoba. Santapan sehat yang satu ini juga lagi hits di kalangan anak muda. Apalagi saat ini sudah banyak remaja yang memilih pola hidup sehat untuk menjaga penampilan mereka. Untuk membuat salad buah cukup mudah, dan murah. Kamu bisa membeli berbagai macam buah-buahan di toko buah, kemudian untuk topingnya bisa didapatkan di swalayan di sekitar kost. Biasanya salad buah dijual dalam kondisi dingin, untuk ukuran kecil dibandrol mulai dari Rp 5.000/ box sedangkan untuk ukuran besar dijual sekitar Rp 20.000/ box.

Untuk pemasarannya gampang, bisa upload gambar ke instagram. Apalagi bagi mahasiswa tentu sosial media bukan hal yang asing lagi karena sudah tempat bermain sehari-hari. Kamu bisa menawrkan diberbagai media sosial yang kamu punya. Bahkan dengan banyaknya teman satu angkatan kamu juga bisa menawarkan ke teman-temen kelas atau kamu juga bisa menawarkannya ke dosen dan staff dikampusmu.

3. Aneka Makanan Kecil

Seperti yang kita ketahui jika para kebanyakan mahasiswi punya hobi ngemil yang cukup besar. Kebiasaan tersebut bisa menjadi peluang untuk jualan aneka makanan kecil. Terutama aneka makanan dengan menawarkan sensasi pedas tentu menjadi incaran para anak muda milenial. Umumnya anak muda milenial kini suka ngemil ketika sedang kumpul bersama teman-temannya di kost ataupun di waktu luang ketika istirahat menunggu jadwal perkuliahan di kampus.

Nah, ini peluang buat kamu menjajakan aneka makanan kecil yang disukai anak muda. Contohnya kamu bisa kulakan di pusat grosir camilan, kemudian membungkusnya dengan kemasan yang lebih kecil untuk dipasarkan di kantin kampus, koperasi mahasiswa, dititipkan di warung makan sekitar kampus, atau bisa juga dititipkan ke beberapa kost temanmu. Libatkan temanmu sebagai agen bisnis camilanmu.

4. Kopi Gerobak Keliling

Kopi kini menjadi salah satu minuman yang trend dikalangan anak muda. Budaya ngopi sambil nongkrong menjadi kegiatan yang sering dilakukan anak muda. Sekedar untuk berkumpul dengan teman-teman ataupun menikmati secangkir kopi untuk mendpatkan inspirasi. Jika biasanya mereka ngopi di cafe kini ngopi bisa tampil beda dengan gerobak kopi keliling. Merebaknya bisnis kedai kopi dengan harga premium ternyata bisa jadi salah satu ide bisnis buat kamu untuk tampil beda. Inovasi gerobak kopi keliling sekarang ini mulai digandrungi kalangan anak muda.

Jangan salah, meski menggunakan gerobak keliling tapi cita rasa kopi yang disajikan tak kalah pamor dengan kopi buatan barista di kedai kopi premium. Biasanya untuk secangkir kopi, dibandrol dengan harga mulai dari Rp 10.000 Karena konsepnya keliling, kamu bisa menyasar pusat keramaian di kotamu, misalnya di tempat-tempat tongkrongan mahasiswa di kampusmu.

kuy-intip-bisnis-kuliner-untuk-mahasiswa

5. Bakso Bakar

Jenis makanan cemilan bakaran juga menarik untuk dicoba lho. Kalo kamu cari bisnis yang sederhana dan mudah dijalankan cobain deh bisnis kuliner bakso bakar. Cita rasa daging sapi giling yang diolesi bumbu kecap pedas jadi panganan unik yang sekarang ini digandrungi kalangan anak muda. Untuk membuatnya sangat-sangat mudah, kamu bisa mulai menjajakannya di lingkungan kampus, sekolah, atau bisa juga di depan kost ketika selesai kuliah.

6. Telur gulung

Bisnis jajanan masa kecil ini juga bisa kamu coba jalankan. Telur gulung ini adalah jajana  para anak zaman old tahun 90an. Pada masanya jajajan tersebut trend, bahkan kehadiranya dizaman modern ini tetap saja peminatnya membludak. Selain karena jajanan ini sangat ringan tapi juga nikmat, ketika memakannya pun rasanya seperti nostalgia pada zaman kecil dahulu. Dengan perkembangan jajanan kuiner kini telur gulung banyak dikreasikan dengan dicampurkan  tempura, sosis maupun bakso.

Selain mudah dan ringan untuk dijalankan dengan modal usaha yang relatif kecil. Bahan-bahan yang diperlukan sangatlah sederhana dan dengan mudah kita peroleh. Tentunya dengan kemudahan tersebut bisnis ini tidak membebani kamu sebagai mahasiswa. Waktu berjualan pun bisa kamu atur setelah selesai kuliah pada sore hari sampai malam dilingkungan sekitar kost.

7. Minuman Kekinian

Buat yang tidak tertarik dengan dalam hal masak memasak atau makanan, bisnis yang satu ini bisa kamu jadikan pilihan. Bisnis minuman kekinian bisa menjadi pilihan yang tepat. Maraknya bisnis franchise minuman kekinian yang mulai bertumbuh dimana-mana, kini minuman makin beragam rasanya dan semakin banyak digandrungi para anak muda milenial. Minuman sekarang ini bukan hanya sebagai penyegar dahaga saja. Para anak muda kini lebih menggemari minuman unik, manis dan dingin.

Kamu bisa memulainya sendiri ataupun jika tidak ingin ribet bergabung dengan waralaba minuman kekinian. Dengan bergabung maka kamu sudah bisa memulai bisnis tanpa ribet memikirkan pemasaranya dan bahan bakunya. Biasanya dari pihak waralaba sudah menyiapkan gerai dan fasilitas lainnya. Sehingga kamu bisa langsung berjualan. Jika kamu tak memiliki cukup modal kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk berinvestasi dan kemudian membagi hasilny secara adil.

Bagaimana sudah mendapat gambaran bisnis yang akan ditekuni? beberapa pemaparan bisnis ditas merupakan bisnis yang mudah dijalankan bukan? Dengan modal kurang dari 500 ribu sampai jutaan rupiah bisa kamu pilih sesuai dengan passion kamu. Dengan modal usaha yang seadanya yang kamu kumpulkan setiap bulannya kamu sudah bisa mulai mencoba ide bisnis kuliner diatas tanpa harus mengandalkan lagi uang transferan dari orang tua.

Selamat mencoba !

Sumber gambar : 
1. https://sumut.idntimes.com/business/economy/masdalena-napitupulu-1/cocok-untuk-mahasiswa-ini-resep-bisnis-
   salad-buah-rumahan
2. https://sapawarga.com/animasi/desain-tempat-usaha-angkringan/peluang-usaha-bisnis-modal-kecil-angkringan-n
   asi-kucing-78-jual
3. https://m.brilio.net/news/dari-gerobak-sederhana-dayu-dan-deni-ciptakan-kafe-kopi-berjalan-1511235.html